BeritaDaerah

Resmi Dilantik BPW KKSS Provinsi Papua Tengah dan BPD KKSS Kabupaten Nabire, Dogiyai,Deiyai Dan Paniai

Share

NEWS.BUSURNABIRE.ID – NABIRE .Pengukuhan dan Pelantikan Badan Pengurus Wilayah (BPW) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Papua tengah dan Badan Pengurus Daerah (BPD) kab Nabire, dogiyai, deiyai,serta paniai periode 2023 – 2028. Pelantikan serta pegukuhan tersebut mengangkat tema KKSS UNTUK INDONESIA HARMONI di laksnakan di Islamic Center jln Merdeka nabire Papua Tengah 9/12/2023.

Pengukuhan dan Pelantikan BPW KKSS Papua Tengah dilantik langsung oleh Badan Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BPP – KKSS) yang di hadiri  Wakil Sekretariat Jenderal (Sekjen) Dr.Mansyur.M.,SH.,MM. Sedangkan Pengukuhan dan Pelantikan BPD KKSS kab nabire, Paniai serta dogiyai dilantik langsung oleh Ketua BPW KKSS Papua Tengah.

Wakil Sekretariat Jenderal (Sekjen) BPP KKSS Dr.Mansyur.M.,SH.,MM

Wakil Sekjen BPP KKSS Dr. Mansur dalam sambutannya mengatakan  ada pun pesan dari ketua Umum bahwa ketua BPW KKSS Papua Tengah harus menjalankan program kegiatan sesuai dengan Anggaran Daasar dan Anggaran Rumah Tangga.

Lanjut mengatakan Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan jangan di bawah kerana politik praktis, selaku organisasi panguyuban KKSS adalah kerukunan terbesar di republic Indonesia. Ada pun ia menjelaskan bahwa KKSS itu sudah terbentuk 17 negara yaitu  Badan Pengurus Luar Negeri (KKSS BPLN).”

Ada pun Badan Pengurus Luar Negeri (KKSS BPLN) antara lain di New York Amerika,Australia, Malaysia, Singapura serta negara lainnya. KKSS bukan Hanya pengurus warganya akan tetapi kerukanan wajib juga bertanggung jawab dalam setiap sektor yang ada KKSS didalam negeri serta yang berada diluar negeri.”ucap Wakil sekjen BPP KKSS.

Dr.Mansyur.M.,SH.,MH juga mengatakan pengurus KKSS harus wajib mendukung program pemerintah setempat Dimana pun berada. Kita harus bekerja sama menjaling interaksi terhadap tokoh tokoh adat,agama serta Masyarakat lainnya.

Dari seluruh warga panguyuban yang ada di Papua secara historis dari aspek kekeluargaan kita tidak boleh dipisahkan dengan saudara asli papua. Banyaknya terjaling Hubungan keluarga baik itu pernikahan dan lainnya, ia pun berharap tidak ada lagi komflik antar kita baik pendatang maupun Orang Asli Papua.”imbuh Mansyur.

Wasekjen juga berpesan untuk ketua BPW KKSS Papua Tengah serta Ketua BPD KKSS kab Nabire, Dogiyai, Deiyai serta Paniai yang baru saja dilantik ,untuk menghindari komflik yang tidak bernilai serta penyakit Masyarakat. Selama 10 tahun ia menjadi ketua KKSS bila ada permasalahan terkait,mabuk, atau pun criminal yang terkait dengan kepolisian sebagai ketua memberikan efek jerah dengan memproses kasus tersebut sesuai hukum yang berlaku di NKRI untuk warga KKSS yang lakukan criminal baik perjudian,narkoba, pencurian dan lain lain.”pesan Dr Mansyur.

Lanjut menyampaikan Akan tetapi bila soal perkembangan, baik Pendidikan,Sosial kemasyarakatan serta program pemerintah sebagai ketua kenapa tidak kita mendukung penuh. Mari kita memajukan juga program Organisasi KKSS kita saling Bersatu sesuai pepatah orang Sulawesi Selatan.

Salah satu falsafah Bugis dalam kehidupan bermasyarakat adalah “Mali’ siparampe, malilu sipakainga”, dan “Pada idi’ pada elo’ sipatuo sipatokkong” atau “Pada idi pada elo’ sipatuo sipatottong”. Artinya, ketika seseorang sanak keluarga atau kerabat tertimpa kesusahan atau musibah maka keluarga yang lain ikut membantu.”tegas Wakil sekjen BPP KKSS juga sebagai ketua BPW KKSS Papua.

Dr Mansyur selaku Wakil sekjen BPP KKSS juga sebagai ketua BPW KKSS Papua mengucapkan selamat atas dilantiknya Ketua BPW Provinsi Papua Tengah serta BPD KKSS Kab Nabire,Dogiyai,Deiyai serta Paniai . Setelah dilantiknya BPW KKSS provinsi Papua Tengah kita hanya berpisah pengurusan wilayah saja  bukan berpisah selamanya.”tutup dalam sambutanya .

Pelantikan serta pengukuhan tersebut cukup meria dengan penampilan puisi sejarah bone, tarian Ernik Sulawesi Selatan, dan tarian etnik papua . Ada pun  penampilan Paduan suara ibu ibu KKSS menyayikan lagu Indonesia Raya, Mars KKSS serta lagu tanah papua.

Ada pun BPW KKSS Papua Tengah periode 2023 – 2028  ketua Amirullah Hasyim., S.Ip., MM , Sekretaris, Muhammad Syarif, SS. Bendahara H. Syamsul Akmar. Dilantik oleh Ketua Umum DPP KKSS yang diwakilkan Dr Mansyur.M,SH.MM selaku Wakil sekjen DPP KKSS

Sedangkan BPD KKSS Kab Nabire, ketua H.Burhanuddin Pawennari, BPD KKSS Kab Dogiyai ketua Haeruddin.HS, BPD KKSS Kab Deiyai ketua Busar, BPD KKSS Kab Paniai Ketua Alamsyah. Dilantik langsung Amirullah Hasyim., S.Ip., MM Ketua BPW KKSS Provinsi Papua Tengah.(Faisal.Nompo)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id