BeritaBisnisNasional

ISMAIL DJAMALUDDIN Wakil Bupati Nabire Membuka Langsung Kegiatan BMK kab Nabire Pembinaan Badan Usaha Milik Desa

Share
ISMAIL DJAMALUDDIN Wakil bupati Nabire Membuka Langsung Kegiatan BMK kab Nabire Pembinaan Badan Usaha Milik Desa

NEWS.BUSURNABIRE.ID – NABIRE. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan kampung Kabupaten Nabire melaksanakan kegiatan pembinaan badan usaha milik desa dan Lembaga Kerjasama Antar Kampung bertempat di Aula PU jlan Merdeka Nabire Papua Tengah rabu 4/10/2023.

Dalam Kegiatan pembinaan badan usaha milik desa dan Lembaga Kerjasama Antar Kampung tahun anggaran 2023 bersumber dana Otomi khusus.

Foto bersama Wakil Bupati Nabire Ismail Djamaluddi bersama Undangan

Hadir Kepala Dinas PMK Kabupaten Nabire, Pelimon Madai, pegawai PMK kabupaten nabire ,serta Masyarakat kampung dan undangan lainnya.

Wakil Bupati Kabupaten Nabire Ismail Djamaluddin membacakan sambutan Bupati Nabire atas nama pemerintah daerah, menyampaikan terimakasih kepada dinas pemberdayaan masyarakat dan kampung serta panitia yang sudah berupaya untuk melaksanakan kegiatan pembinaan badan usaha milik desa ini. dalam rangka pemantapan pemahaman kepada aparatur desa di kabupaten nabire yang kita cintai.

Pembentukan  badan usaha milik desa atau bumdes merupakan lokomotif pembangunan ekonomi lokal tingkat desa yang menganut asas mandiri dan gotomg royong dengan modal usaha yang sumbernya dari masyarakat. Membangun ekonomi lokal desa, didasari oleh potensi desa, kebutuhan desa, kapasitas desa serta penyertaan modal dari pemerintah desa dalam bentuk pembiayaan dan kekayaan desa.”dalam Sambutan di bacakan Wakil Bupati nabire Ismail Djamaluddin.

Lanjut menyampaikan “ Sasaran Tujuan Akhir Pembentukan Bumdes Adalah Untuk Meningkatkan Taraf Ekonomi Masyarakat Di Desa. Yang Mendasari Pembentukan Bumdes Sebagai Lokomotif Pembangunan Di Desa Lebih Di Latar Belakangi Peran Masyarakat Desa Dengan Berdasarkan Pada Prinsip Partisipatif, Kooperatif Dan Emansipatif Dari Masyarakat Desa. Badan Usaha Milik Desa Menjadi Kekuatan Ekonomi Baru Yang Ada Di Pedesaan Sesuai Dengan Permendes No. 04 Tahun 2015. Dalam aturan ini sudah diatur tentang pengelolaan teknis pelaksanaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)  yang disertai dengan peran dan fungsi dari setiap perangkat BUMDes.

Pemerintah Daerah  Minta Kepada Para Kepala Kepala Kampung Agar Mengikuti Kegiatan Ini Dengan Baik. Karena, Permendes Dan Peraturan Daerah Harus Diterjemahkan Oleh Para Kepala Kampung  Sesuai Dengan Kondisi Alam, Lingkungan, Dan Budaya Setempat. Para Kepala Kampung Mulai Mempersiapkan Anak-Anak Kampung Yang Punya Kemampuan  Sesuai Dengan Potensi Yang Akan Dikembangkan Dalam Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Di Kampung Masing-Masing  Supaya Dapat Dikelola Secara Profesional Dan Mandiri. Proses Perekrutan SDM BUMDes Harus Berdasarkan  Dengan Standar Yang Sudah Ditetapkan Dalam AD/ART BUMDesDan Silahkan Konsultasikan Dengan Dinas Teknis, DPMK.“jelas Ismail

Selama ini kampung menerima dana kampung dari pemerintah daerah dalam jumlah yang besar. namun habis tanpa memikirkan bagaimana dana itu dikelola dengan baik untuk mendapatkan profit atau keuntungan bagi pengembangan desa dan peningkatan kesejahteraan desa. Oleh karena itu, bumdes adalah salah satu lembaga ekonomi yang diwajibkan untuk mendapatkan profit. pengelola bumdes harus juga menaati mekanisme dalam menjalankan kerjasamanya dengan pihak-pihak lain.

Untuk Itu Saya Berharap Agar Dapat Mengikuti Dan Memanfaatkan Kesempatan Ini Dengan Sebaik – Baiknya, Bertanya Jika Belum Mengerti Dan Lakukan Diskusi Dan Tanya Jawab Agar Dapat Memahami Dengan Baik, Hal-Hal Yang Terkait Dengan Pembentukan, Pengelolaan Dan Pemanfaatan Untuk Pengembangan Bumdes”Ucap” Wakil Bupati nabire Ismail Djamaluddin

Dalam Mewujudkan Pembangunan Desa Yang Berkelanjutan, Desa Membutuhkan Kerjasama Dalam Berbagai Bidang Pembangunan Desa Yang Menjadi Kewenangan Desa Baik Kerjasama Antar Desa Maupun Kerjasama Dengan Pihak Ketiga. Kerjasama Desa Dimaksudkan Untuk Kepentingan Desa Dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Bersama Dan Mencegah Ketimpangan Antar Desa, Dengan Berorientasi Pada Kepentingan Dan Aspirasi Yang Tumbuh Dalam Masyarakat.

Setiap Desa Dapat Secara Bersama-Sama Merencanakan, Membangun Dan Mengembangkan Kebutuhan Infrastruktur Baik Antar Desa Maupun Yang Menghubungkan Desa Ke Pusat Pertumbuhan.

Dengan Konektivitas Tersebut Diharapkan Menjadikan Desa Mempunyai Daya Tarik Sehingga Mendorong Mengalirnya Investasi Luar Serta Bertujuan Mengoptimalkan Sumber Daya Desa Yang Tersedia Untuk Dikelola, Dilindungi Dan Dilestarikannya Aset Desa Baik Yang Berupa Tanah Kas Desa, Sumber Daya Air, Tambatan Perahu, Pasar Desa Dan Lembaga Keuangan Desa Yang Dapat Dikerjasamakan Antar Desa Sehingga Sebagai Sumber Peningkatan Ekonomi Desa Dan Memberikan Nilai Manfaat Kepada Masyarakat Desa.

Untuk Itu Kepada Peserta, Saya Memohon Agar Dapat Mengikuti Kegiatan Ini Dengan Baik Dan Sungguh-Sungguh Sampai Selesai Agar Mendapatkan Mafaat Untuk Pembangunan Desa. “Tutup Sambutan Bupati Nabire.

Wakil Bupati Nabire membuka secara resmi Kegiatan Pembinaan Dan Pemberdayaan Bumdes, Hari Ini, Rabu 4 Oktober 2023, Secara Resmi Saya Nyatakan Dibuka..dengan disertai pemukulan tifa

“Dengan Memohon Perkenaan Tuhan Yang Maha Esa, Kegiatan Pembinaan Dan Pemberdayaan Bumdes, Hari Ini, Rabu 4 Oktober 2023, Secara Resmi Saya Nyatakan Dibuka..dengan disertai pemukulan tifa  kegiatan tersebut Resmi di buka Oleh Wakil Bupati Nabire Ismail Djamaluddin. (Faisal.N)

Loading

One thought on “ISMAIL DJAMALUDDIN Wakil Bupati Nabire Membuka Langsung Kegiatan BMK kab Nabire Pembinaan Badan Usaha Milik Desa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id