Bupati Dan Wakil Bupati Nabire Dilantik Gubernur Papua

Share

Pada hari Senin tanggal 08 November 2021 pukul 10.56 s/d 12.30 WIT, bertempat di Aula Lukmen Hall, Gedung Negara, Jl. Trikora Dok V Atas, Kelurahan Trikora, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura telah dilaksanakan Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nabire hasil PILKADA Tahun 2020 oleh Gubernur Provinsi Papua LUKAS ENEMBE, S.IP.,MH.

Kegiatan Tersebut Di hadiri Kabinda Papua / Staf Ahli Kepala BIN Bidang Idiologi Politik MAYJEN TNI ABDUL HARIS NAPOLEON, SE.

Wakapolda Papua BRIGJEN POL Dr. EKO RUDI SUDARTO, S.IK., M.Si. Pamen Ahli Bidang Hukum dan Humaniter Pangdam XVII/Cenderawasih KOLONEL ARH RIKSAWAN ARDHIANTO, S.I.P, Perwakilan Kejaksaan Tinggi Papua JHON ILEF MALAMASAM, SH.,MH. Ketua MRP Provinsi Papua Drs. TIMOTIUS MURIB. Wakil Ketua III DPR Papua YULIANUS RUMBAIRUSY, S.Sos., MM. Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesra Setda Provinsi Papua DR. Drs MUHAMMAD MUSAAD, M.Si. Perwakilan Lantamal X Jayapura LETKOL (Laut) DJUNAEDI. Ketua DPRD Kabupaten Nabire AKUILAN DOUW. Sekda Kabupaten Nabire DANIEL MAIPON, S.STP. Kapolres Nabire AKBP I KETUT SUARNAYA, S.I.K, SH. Dandim 1705 / Nabire LETKOL INF ANJUANDA PARDOSI.  Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Nabire MUHAMMAD RISAL, SH.,MH. Para SKPD di lingkungan Provinsi Papua.  Ketua Tim PKK Provinsi Papua YULCE WENDA ENEMBE, SH

Pembacaan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia oleh Kepala Bagian Pengembangan Wilayah Biro Tata Pemerintahan Provinsi Papua MENASE KADEPA SE, M.Si, dengan Surat Keputusan Nomor : 131.91-4925 tahun 2021 tentang perubahan ke V atas Keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 131.91-353 2021 tanggal 26 Oktober 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah hasil Pemilihan Kepala Daerah serentak Tahun 2020 di Kabupaten pada Provinsi Papua, yakni Sdr. MESAK MAGAI, S.Sos.,M.Si terpilih sebagai Bupati Kabupaten Nabire dan Sdr. ISMAIL DJAMALUDDIN terpilih sebagai Wakil Bupati Kabupaten Nabire.

Pengambilan Sumpah Janji Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nabire yang dipandu oleh Gubernur Provinsi Papua LUKAS ENEMBE, S.IP.,MH dan diikuti oleh pejabat yang dilantik.

Penandatangan Berita Acara Sumpah Janji Jabatan dan Pakta Integritas oleh Pejabat yang dilantik serta dilanjutkan dengan penyerahan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia kepada Pejabat yang dilantik oleh Gubernur Provinsi Papua LUKAS ENEMBE, S.IP.,MH.

Prosesi Pelantikan Bupati Kabupaten Nabire MESAK MAGAI, S.Sos.,M.Si dan Wakil Bupati Kabupaten Nabire ISMAIL DJAMALUDDIN oleh Gubernur Provinsi Papua LUKAS ENEMBE, S.IP.,MH atas nama Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia. dilanjutkan dengan Serah Terima Jabatan Bupati Kabupaten Nabire dari Penjabat Bupati Kabupaten Nabire Dr. ANTON MOTE kepada Bupati Kabupaten Nabire yang baru dilantik MESAK MAGAI, S.Sos.,M.Si serta dilanjutkan dengan penandatanganan serah terima jabatan.

Gubernur Provinsi Papua LUKAS ENEMBE, S.IP.,MH, Menagatakan mengawali sambutan ini saya mengajak kepada kita semua untuk senantiasa menaikan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena dalam situasi kondisi Pandemi Covid – 19 kita masih diberikan kekuatan, kesehatan serta kasih dan rahmatnya sehingga kita dapat hadir dalam acara Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nabire hasil PILKADA Tahun 2020 dalam suasana penuh sukacita.

Ditambahkan Bupati Nabire MESAK MAGAI dulunya seorang mantan Wakil Bupati Nabire, yang tahu persis kondisi Kabupaten Nabire, sekarang anda terpilih sebagai Bupati Nabire, saya rasa anda memahami betul kondisi rill Nabire dan semua permasalahan di sana, saya percaya Pak MESAK dan ISMAIL layak untuk jadi Pemimpin di Nabire, apa yang dicapai adalah keberhasilan yang luar biasa, dengan keberhasilan ini, MESAK dan ISMAIL layak dan mampu mejalankan roda pemerintahan daerah. Jangan berkomunikasi dengan kementerian Lembaga secara langsung tanpa sepengetahuan Gubernur Papua.

Gubernur Provinsi Papua LUKAS ENEMBE, S.IP.,MH, Berpesan , tolong akrab dengan forkopimda setempat, Dandim, Kapolres, Kejaksaan Negeri di Kab. Nabire. Ini saudara harus bekerja sama dalam pelaksanaan tugas sehari – hari. Bupati sebagai pemimpin tinggi atau pembina tinggi di Kabupaten yang dibutuhkan untuk menjadi tokoh panutan dan tauladan bagi masyarakatnya dan pemerintahannya. Saudara sudah mengucap sumpah janji, tunduk dan taat terhadap aturan yang ada, kita harus memposisikan diri sebagai pemimpin yang baik bagi masyarakatnya. Harus memahami kondisi masyarakatnya, apa yang harus dilakukan, kondisi pemerintahan juga harus diperhatikan. Pengalaman sebelumnya jangan sampai terulang kembali. Saya tidak mau lihat orang Papua masuk dalam masalah korupsi, orang Papua banyak yang terlibat korupsi, kita selalu dicap korupsi. Ini kita harus jaga. Jangan sampai terjadi. Keinginan masyarakat banyak yang berbeda – beda, situasi di Papua sangat berbeda, pengalaman kita banyak orang Papua yang mengeluarkan uang kepada masyarakatnya tanpa pertanggung jawaban yang jelas, ini harus dipedomani jangan sampai terlibat korupsi. Jangan ada tindakan – tindakan yang dapat mengecewakan pemilih saudara berdua / masyarakat.

Saudara sebagai pemimpin daerah harus mampu berkomunikasi dengan lembaga yang ada di daerah – daerah, TNI Polri, DPRD setempat / Forkopimda Kabupaten Nabire, tetap lakukan kerja sama yang baik agar Pemerintahan dapat menjalankan roda pembangunan dan di sektor – sektor lainnya.”tuturnya

Hari ini secara resmi saudara Bupati dan Wakil Bupati di lantik, masyarakat Nabire sudah menunggu saudara, itu adalah harapan dan keinginan masyarakat, dan saudara harus mampu menjawab harapan itu. Jangan buat janji – janji, ini akan disoroti masyarakat. Saudara perlu pelajari itu, sehingga dalam tugas saudara berdua tidak ada hambatan.

8) Ini hasil Pilkada 2020, saya sudah melantik Bupati dan Wakil Bupati Boven Digoel, dan hari ini secara resmi saya melantik Bupati dan Wakil Bupati Kab. Nabire, yang tersisa masih ada Kabupaten Yalimo, yang sedikit lagi pelaksanaan PSU. Terima kasih kepada masyarakat Nabire telah melakukan pemilihan ulang dengan baik, tanpa ada konflik dan masalah, dan terima kasih juga kepada aparat TNI Polri yang telah menjaga keamanan selama PSU berlangsung. Terima kasih juga kepada Penjabat Bupati Nabire Dr. ANTON MOTE yang sudah menjalankan tugas dengan baik. Saya ucapkan sekali lagi selamat kepada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nabire selamat menjalankan tugas.(tutupnya)

 562 total views,  2 views today