BeritaBudayaDaerahDuniaEventNasionalSosial

Setelah Uskup Bandung Harus Uskup Orang Asli Papua,Bupati Dogiyai Yakubus Dumupa

Share

Busurnabire.id ;Moanemani- .Bupati Dogiyai Yakubus Dumupa,S.IP,M.IP menghadiri acara pentahbisan Diakon dan Imam Keuskupan Timika ditabiskan oleh Mgr.Antonius Subiyanto Bunjamin,OSC.
( Selaku Uskup Bandung ). pada hari Kamis 14 Oktober 2021 bertempat di Halaman Gereja Katolik Santo Petrus Mauwa Dekanat Kamuu Mapia.

Dalam Acara Pentahbisan Diakon dan Imam tersebut,Bupati Dogiyai Yakubus Dumupa, S. IP, M.IP mengucapkan Proficiat kepada kedua Diakon dan kelima Imam yang sudah ditahbiskan oleh Uskup Bandung, dan dirinya berharap agar kedua Diakon dan kelima imam tersebut setia dalam pelayanan dan pekerjaan selanjutnya.

“Saya mengucapkan selamat kepada kedua Diakon dan kelima Imam dan tentunya saya berharap agar tetap setia dalam panggilannya, setia terus dalam melayani umat.

” Kita orang Papua bisa adakan PON XX di tanah Papua sedangkan kenapa tidak bisa menjadi Uskup Orang Asli Papua. semoga saya berdoa agar kedepan setelah Uskup Bandung Mgr.Antonius Subiyanto Bunjamin,OSC.harus Imam Orang Asli Papua diangkat menjadi Uskup di Tanah Papua baik di Keuskupan Agung Merauke, Keuskupan Jayapura, Keuskupan Sorong-Manokwari, Keuskupan Agats, dan Keuskupan Timika.,”tutur Dumupa.

” Masih lanjut Dumupa, selama ini
umat Katolik di Tanah Papua berdoa keras bahwa Uskup di Tanah Papua harus Orang Asli Papua. maka dalam kesempatan Pentahbisan Diakon dan Imam Keuskupan Timika ini, saya berani menyampaikan bahwa selama sebelumnya pernah menjadi Uskup adalah Orang Bandung,Orang Surabaya, orang Makassar, Orang Sumatera, Orang Selawesi, Orang Manodo dan Orang Ambon jadi kedepan harus Uskup Orang Asli Papua karena kami Asli Papua juga sekarang sudah ada Pater, Imam, Diakon dan sebagainya.

” Saat ini seluruh Umat Katolik di Papua berdiam diri karena ketakutan ungkapan kedepan harus Uskup Orang Asli Papua tapi kesempatan ini saya berani berbicara dan menyampaikan dihadapan bapak Uskup Bandung Mgr.Antonius Subiyanto Bunjamin,OSC bahwa Uskup kedepan di Tanah Papua harus Orang Asli Papua.

” Bupati Dumupa juga mengajak umat untuk mendoakan para imam, karena mereka manusia biasa, semoga mereka mengembankan tugas imamatnya dengan semangat pelayanan yang tulus, hidup suci, penuh pengabdian dan sederhana,” pungkas Dumupa salam penutupannya. (redaksi)

sumber https://www.detikpapua.com/2021/10/14/bupati-dogiyai-yakubus-dumupa-setelah-uskup-bandung-harus-uskup-orang-asli-papua/

Loading

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id