BeritaPolriTNI

Pesawat Pilatus Susi Air Diduga Dibakar Usai landing di Bandara Paro Kabupaten Nduga

Share

Pesawat Pilatus Susi Air Diduga Dibakar Usai landing di Bandara Paro Kabupaten NdugaNEWS.BUSURNABIRE.ID _Nduga – Pesawat Susi Air diduga dibakar oleh sejumlah anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKN) usai landing di Bandara Paro, Nduga, Papua pada Selasa (07/02/2023).

Pesawat Susi Air itu membawa 5 penumpang dan barang bawaan dengan total muatan 452 kilogram.   Adapun GPS Garmin milik pesawat diduga dibawa lari oleh seseorang menuju hutan. Hal itu menurut informasi dari Kapten Pilot Heli Caracal TNI AU EC-725 HT-7201 sekitar pukul 10.00 WIB. Sementara, Mayor Pnb Arif Khoiruddin menginformasikan saat melintas di Air Strip Paro melihat ada asap mengepul di Air Strip Paro setelah melaksanakan Misi Dorlog ke Pos Yal Yonif 321/GT.

Adapun informasi dari Pilot Boeing AI.7302 Mayor Pnb Aldi saat over flying Paro Nduga, terpantau Pesawat Susi Air Pilatus Porter P-4/PK-BVY dalam keadaan terbakar di Air Strip Paro. Diketahui, Pesawat Susi Air Pilatus Porter P-4/PK-BVY dengan Kapten Pilot Phillips landing di Bandara Paro Nduga sekitar pukul 06.17 saat melaksanakan penerbangan dengan rute Timika.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom., saat memberikan keterangan persnya, Selasa (7/2) membenarkan insiden tersebut.

Kabid Humas mengatakan menurut laporan yang diberikan Distrik Manajer Susi Air Wilayah Timika Jeremy Jordan Rumi, pesawat yang dipiloti Philips Max Marthin warga berkebangsaan Selandia Baru itu, membawa 5 (Lima) penumpang dan take off dari Bandara Mozes Kilangin Kab. Mimika menuju Bandara Paro Distrik Paro Kab. Nduga.

“Pukul 06.17 WIT, pesawat Susi Air landing di Bandara Paro Kab. Nduga, namun hingga sampai sampai saat ini pukul 09.15 WIT, pesawat belum juga kembali dari Distrik Paro Kab. Nduga ke Timika,” jelas Kabid Humas.

Kabid Humas juga menambahkan saat ini aparat gabungan TNI-Polri yang tergabung dari Ops Damai Cartenz, personel Polres Nduga dan rekan-rekan TNI akan melakukan investigasi terkait kondisi Pilot beserta seluruh penumpang pesawat.

“Tim juga akan mendalami terkait murni atau tidaknya kecelakan yang menyebabkan terbakarnya pesawat Pilatus Porter Susi Air tersebut atau diduga dibakar oleh pihak-pihak tertentu. Tidak menutup kemungkinan pesawat ditahan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Nduga Pimpinan Egianus Kogoya dikarenakan wilayah itu masuk dalam markas mereka,” tambah Kabid Humas. (Adm)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id