BeritaDaerahDuniaNasionalPolriTNI

DIALOG INTERAKTIF DENGAN TOPIK DAMAI PAPUA KU

Share

NEWS.BUSURNABIRE.ID _Jayapura – Bertempat di Stasiun RRI Jayapura telah dilaksanakan Dialog Interaktif dengan topik “Damai Papua Ku”, Kamis (24/02).

Adapun narasumber yaitu Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal, S.H. (Kabid Humas Polda Papua), Yonas Nusy (Pengurus Barisan Merah Putih Papua), Kundrat Tukayo (Pengurus Karang Taruna Papua).

Dalam kesempatannya Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal, S.H. menjelaskan bahwa adil dan sajahtera itu menjadi harapan kita semua di tanah Papua, jadi untuk tercapainya harapan itu kita perlu berada dalam fase kedamaian dengan menciptakan rasa aman.

“Untuk situasi di Wilayah Papua sampai saat ini relatif kondusif, kami selalu berharap bahwa kita ingin samasama membangun tanah Papua dengan penuh kasih dan sayang. Saat ini Polda Papua telah menerapkan operasi damai Cartenz dan operasi Rasaka Cartenz (Rastra Samara Kasih Cartenz). Operasi Damai Cartenz berada di 5 Wilayah karena italase kekerasan di 5 Wilayah ini cukup meningkat, sementara Operasi Rasaka berada di 24 Wilayah Kabupaten lainnya,” ucap Kabid Humas.

Kabid Humas menambahkan bahwa ada 3 asensi yang diharapkan dalam operasi ini yaitu sejahtera secara kesehatan, sejahtera secara pendidikan, dan sejahtera secara Finansial Ekonomi kemasyarakatan. Jadi dalam operasi yang kita gelar itu iyalah operasi Binmas Noken yang mengedepankan kegiatan-kegiatan Humanis dalam kegiatan ini juga ada 10 satuan tugas yang akan di gelar.

Bapak Yonas Nusy (Pengurus Barisan Merah Putih Papua) dalam kesempatannya mengatakan bahwa pelaksanaan aktivitas Masyarakat dari Kabupaten dan Kota sampai saat ini masih berjalan dengan baik. Terkait dengan upaya-upaya yang dilakukan negara dalam memberikan kenyamanan, ketenangan dan keamanan di wilayah tertentu Itu merupakan tanggung jawab kita bersama.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolri yang dimana telah memberikan kepercayaan kepada anak Negeri untuk bisa memimpin Polda Papua, sehingga Program Polda Papua dalam upaya-upaya memberikan sentuhan pelayanan humanis ke Masyarakat sampai saat ini berjalan dengan baik,” kata Bapak Yonas Nusy.

Bapak Yonas Nusy mengatakan bahwa harapan Barisan Merah Putih selama ini ternyata tercapai dengan adanya Program Damai Cartenz dan Rastra samara kasih Cartenz ini, Program Polda Papua ini juga merupakan pelayanan yang akan memberikan Rasa Damai dan ketenangan di tengah-tengah Masyarakat.

“Peran organisasi Barisan merah putih ini yaitu melakukan komunikasi dengan Masyarakat terkait aktivitas pelayanan publik dengan baik, kalau ada hal hal yang perlu mendapatkan penekanan cepat disitulah fungsi organisasi dengan menyambung komunikasi dengan pihak-pihak tertentu untuk mencari solusi terbaik dari pokok permasalahan,” pungkas Bapak Yonas Nusy

Selain itu, Kundrat Tukayo (Pengurus Karang Taruna Papua) juga menjelaskan bahwa kami juga telah melaksanakan program yaitu pertama kasih menembus pradaban itu sudah berada di tengah-tengah masyarakat dan masyarakat sudah memahami, terus yang kedua yaitu Papua tanah damai.

“Dari 2 hal ini saya sangat antusias dan sangat berterima kasih kepada pihak Kepolisian yang telah membentuk satgas Damai Cartenz dan satgas Rastra Samara Kasih karena ini sudah betul-betul menyentuh dari 2 hal pokok yang tadi saya sampaikan. Bicara soal Damai, Papua sudah berada dalam Fase kedamaian dari 29 Kabupaten, masih ada 5 Kabupaten yang masih mengalami gejolak-gejolak sosial,” terang Kundrat Tukayo.

Lanjut Kundrat Tukayo, aaya selaku pemuda melihat bahwa Polisi sebagai mitra yang harus berada di tengah-tengah masyarakat dan menjamin Kamtibmasnya menciptakan bimbingan-bimbingan sosial di tengah-tengah masyarakat, maka dari itu Kepolisian Polda Papua membentuk satgas ini.

“Pesan saya kepada Satgas selaku pemuda hilangkan yang adanya perangkat-perangkat militer harus betul-betul menyatu dan melihat potensi-potensi yang ada di tengah-tengah Masyarakat agar mengetahui apa yang Masyarakat keluhkan dan inginkan, potensi potensi itu digali dan di dikusikan sehingga di kembalikan kepada Masyarakat, ini akan menciptakan Polisi-Polisi yang humanis dan Humanis di tengah-tengah Masyarakat,” tutup Kundrat Tukayo.(RED)

 

Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua, Alamat Jln. Dr. Sam Ratulangi No. 8 Jayapura, Papua

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id