BeritaBudayaDaerahDuniaEventKesehatanNasionalPolriSosialTNI

Bupati Nabire Mesak Magai Membuka Resmi Lomba Yospan Memeriahkan HUT 25 Tahun Kab Nabire

Share

News.busurnabire.id Nabire. Dalam Rangkat kegiatan Hari Ulang Tahun  ke 25  Kabupaten Nabire .

Mengangkat Thema Membangun dengan Hati sehingga terwujudnya masyarakat Nabire yang Aman, Mandiri dan Sejahtera.Sedangkan Sub Thema Melalui Semangat HUT Kota Nabire ke 25, Mari kita wujudkan Program Nabire Hebat. kegiatan tersebut dilaksanakan di taman gizi jalan Yus sudarso oyehe Nabire papua .kamis 30 Desember 2021.

Kegiatan di Hadiri Bupati Nabire, Mesak Magai. S.sos M.si, Wakil Bupati Nabire Ismail Djamaluddin, Kapolres Nabire, AKBP I Ketut Suarnaya, Komandan  Denzipur 12 OHH . Mayor coko Sasongko, Dan beberapa komunitas lainnya dan Pembawa acara/MC Hj Satriani Ali.

Dalam kegiatan Memeriahkan HUT ke 25 tahun Kabupaten Nabire juga di adakan Vaksin Gratis dan mendapatkan Uang kompensasi

Vaksinasi tersebut bekerja sama PEMDA KAB NABIRE ,TNI,POLRI,BIN, KEMENTRIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA

Diawal kegiatan dilaksanakan Ibadah syukuran yang dipimpin oleh  Pdt.Eveline Maraja Pondaag,S.Th.

Setelah Ibadah syukuran Sambutan Ketua Panitia HUT ke 25 Tahun Kabupaten Nabire Habibi Sain dan Dilanjutkan Bupati Kabupaten Nabire  Mesak Magai.S.sos M.si Memberikan sambutan sekaligus membuka Resmi Lomba Yospan.

Bupati Nabire Mesak Magai S.sos M.si Mengatakan Kita ketahui bersama bahwa dalam kegiatan ini HUT Kab Nabire ke 25 tahun, Mungkin diluar sana berpikir Kab Nabire ini masih baru, kita kembali pada Sejarah Kab Nabire , pada tahun 1999, nama Kabupaten Daerah Tingkat II Nabire diubah menjadi kabupaten Nabire sesuai Undang-Undang Nomor 22 tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah, dengan konsep Otonomi Daerah yang luas.

kabupaten Nabire merupakan ibukota kabupaten Paniai, sesuai usulan Bupati Administratif kabupaten Paniai saat itu,Drs. Soerodjotanojo, SH, yang dituangkan dalam surat nomor 1035/PU/66 tanggal 17 Oktober 1966. Pemindahan ibukota kabupaten Paniai dari Enarotali ke Nabire didasarkan atas pertimbangan efektifitas dan efisiensi, dimana Nabire sangat strategis untuk menjadi pintu masuk ke daerah pedalaman melalui transportasi laut .Bahwa Kabupaten Nabire ditetapkan setelah kabupaten Paniai,Intan Jaya dan Puncak Jaya di tetapkan.

Mesak Magai mengatakan Kita ketahui bahwa umur yang ke 25 tahun Kab. Nabire kita berada dalam posisi Remaja. Mesak Magai juga menegaskan bahwa kita mewujudkan Nabire hebat, Ketika kita melihat Potensi Alam, Potensi penduduk Warga Nabire, yang berbagai kalangan Agama, Suku,Ras Dari Sabang Sampe Merauke,Suatu kekayaan yang kita miliki di Kota ini. Jelas Bahwa melalui kemampuan yang di miliki mereka akan berkarya membangun kab Nabire.

Mesak Magai pun menegaskan bahwa Kabupaten Nabire ini kita harus jaga, mulai dari menjaga Kebersihan Lingkungan,Berawal dari Pribadi,RT dan RW, bahkan juga seluruh Kab Nabire.Hari ini kita berkarya, jelas kita tau bahwa Nabire ini adalah Titipan Tuhan yang akan mewariskan untuk anak cucu kita. Mengingatkan bahwa yang punya hak wilayat Kab Nabire ini adalah Suku wate,Yeresiam serta beberapa Suku lainnya.Bupati Nabire  mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang sebesar besarnya kepada Suku Asli yang telah menyerahkan tanah ini untuk kita berkarya.

Mesak Magai Menuturkan Nabire ini berbagai Suku dan kalangan yang ada, Marilah kita menjaga kebersihan,keamanan,kita saling menghargai satu sama lain.Ketika momeng perayaan Natal sesuai Thema Natal yang selalu kita disoroti bahwa persaudaraan. Kita liat dari beberapa Tugu yang ada di Kab Nabire yang telah di Hias oleh saudara saudari kita dari Umat Muslim memperingati Hari Natal dan Menjelang tahun Baru 1 Januari 2022.Ini adalah bentuk Toleransi yang perlu kita jaga hingga anak cucu kita, solidaritas kebersamaan kita harus wujudkan.Nabire ini kita hanya hidup sesaat saja bahwa kita ini umat Tuhan kita Hidup atau Mati hanya dua pilihan, Kapan umur saya akan berakhir dan kapan Dunia akan kiamat.Maka Dari itu selama kita masih hidup  mari kita berkarya yang terbaik untuk Kab Nabire.

Mesak Magai Menegaskan Adik adik yang selama ini sering tampil baik itu event otomotif,Yospan dan sebagainya. Mengingatkan bahwa mulai tahun depan Bupati Nabire akan mengadakan pertandingan Bupati Cup ,Dalam Rangka seleksi pemain PERSINAB Nabire. Maka itu Sebagai Bupati Nabire  memohon dukungan segenap dari semua Pihak,karena diNabire ini berbagai potensi yang Dimiliki  akan Kita kembangkan.Sekarang sekelompok orang Perjanjian kerja itu  hanya Menunggu menjadi pegawai negeri. Tegas Bupati Nabire Mesak Magai S.sos, M.si menyampaikan Bukan hanya untuk golongan atau menunggu Menjadi  Pegawai Negeri (PNS) saja. Melalui ide kemampuan dari pada anak anak kita Baik melalui Bola, Otomotif. kita sendiri bisa ciptakan lapangan kerja.

Sebagai Bupati Nabire  Memohon dukungan bapak ibu semua,baik Kepala Suku,Tokoh Agama Para Muspida dan semua Elemen masyarakat kabupaten Nabire.

Diselah Sambutan, Bapak Bupati Nabire beserta keluarga menyampaikan selamat Natal dan Selamat Menyongsong Tahun Baru 1 januari 2022 Tuhan memberkati kita semua”tutupnya

Diakhir Sambutan Bapak Bupati mesak Magai S.sos.M.Si Langsung Membuka acara Resmi Perlombaan Yospan Dalam Rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kabupaten Nabire yang ke 25 Tahun Dengan Memukul Tifa Sebagai Bentuk Pembukaan resmi Lomba Yospan.

Dalam Lomba Yospan Tersebut di ikuti 15 Peserta dan 1 Diantara peserta Ada yang Gugur/ didiskualifikasi peserta tersebut tidak hadir.

Hasil Lomba Yospan Memeriahkan HUT ke 25 Tahun Kabupaten Nabire

Juara Lomba

Juara 1.Mitra Tani

Juara 2.Moora Kamasan

Juara 3.Tabura Emas

Juara Harapan

Harapan 1.Smp 1 Nabire Barat..

Harapan 2.Anggrek Hitam

Harapan 3.Arutau

 

Juara Favorit

Favorit 1.Rombule jarsu.

Favorit 2.Rekansa Riareri.

Favorit 3.Kalma.

(FN/Red)

Loading

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id