BeritaDaerahNasionalSosial

PT.Nabire Baru & PT.Sariwana Adi Perkasa dengan Program CSR Menyerahkan Bantuan pendidikan  untuk anak Suku besar Yeresiam Gua

Share

NEWS.BUSURNABIRE.ID – NABIRE. PT.Nabire Baru & PT.Sariwana Adi Perkasa adalah perusahaan perkebunan kelapa sawit berada di kampung Sima distrik Yaur Kab Nabire. Papua Tengah.

Kedua PT ini terus mensejahterakan pemilik Hak Wilayat Yaitu Suku Yersiam Gua dengan program CSR, baik dari kesehatan, kesejahteraan  serta hari ini di laksanakan dari program pendidikan yaitu menyerahkan bantuan pendidikan untuk anak Suku pemilik hak wilayat .

PT.Nabire Baru & PT. Sariwana Adi Perkasa dengan Program CORPORATE SOSIAL RESPON  (CSR) Lewat pendidikan Menyerahkan Bantuan pendidikan  untuk anak Suku besar Yeresiam gua bertempat Perusahan PT.Nabire Baru & PT. Sariwana Adi Perkasa di kampung Sima distrik Yaur Kab Nabire. Papua Tengah. Sabtu 8 April 2023.

Kegiatan tersebut di hadiri Pimpinan PT.Nabire Baru yang di wakilkan oleh senior manajer Arfan Arifin.SH.MH , BM dari PT. Nabire baru & PT Sariwana Adi Perkasa,kepala sekolah SMP , Guru Wali kelas SD, Ketua Komite , serta siswa siswi SD,SMP dan SMA anak suku Yeresiam Gua.

Penyerahan Program CORPORATE SOSIAL RESPON  (CSR) tersebut di serahkan perwakilan dari PT.Nabire Baru & PT Sariwana Adi Perkasa Arfan Arifin.SH.MH langsung ke Siswa SMP dan SMA sedangkan Untuk Penyerahan Ke Siswa SD Sekretaris Lembaga Masyarakat Adat Suku Yerisiam Gua, Roberthino Hanebora dan di saksikan kepala sekolah serta guru.

Arfan Arifin.SH.MH Senior Menejer PT.Nabire Baru & PT Sariwana Adi Perkasa Dalam sambutannya menyampaikan bahwa ini adalah program CORPORATE SOSIAL RESPON  (CSR) untuk anak anak dari SD,SMP SMA hingga nanti seterusnya , apa yang telah di programkan perusahaan untuk Suku Yeresiam Gua semoga bisa bermanfaat .

Tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Sekretaris Lembaga Masyarakat Adat Suku Yerisiam Gua, Roberthino Hanebora yang selalu melakukan komunikasi terkait program program CSR untuk masyarakar Suku Yeresiam Gua.

Program CSR ini sudah berjalan dari tahun ketahun dan pernah dilakukan juga penyerahan di daerah sima yang terima langsung pak jeck . ini adalah bentuk perusahaan sangat peduli terhadap pemilik hak wilayat yaitu Suku Yerisiam Gua agar anak anak kita ini sekolah kejenjang lebih tinggi lagi kedepannya .

Sekretaris Lembaga Masyarakat Adat Suku Yerisiam Gua, Roberthino Hanebora  juga menyampaikan sangat pengapresiasi terhadap perusahan terhadap bantuan bantuan, yang telah di berikan Dana CSR Untuk Pendidikan. Hari ini di suku Yerisiam itu masih sangat kurang SDM dibidang Pendidikan, kita harus mensyukuri dengan adanya program dari perusahaan ini, hingga dari suku yeresiam selalu aktif komunikasi dengan pihak manajemen perusahaan terkait Pendidikan untuk anak anak generasi penerus suku Yerisiam Gue.

Kegiatan  PT. Nabire Baru dengan suku Yerisiam Gua dalam hal bantuan dana CORPORATE SOSIAL RESPON  (CSR) bidang Pendidikan , program ini sudah dimulai sejak tahun 2011. Sejak Perusahaan ini melakukan produksi produksi di wilayah adat kami lewat Plasma, itu sudah dilakukan, sampai hari ini . Komunikasi kami dari masyarakat adat dengan perusahaan itu terjalin sangat baik terutama hal-hal menyangkut pendidikan dan juga kesehatan. Ucap Roberthino.

Roberthino  juga mengatakan Beberapa program yang sudah dilakukan PT.Nabire baru itu seperti penambahan guru honor ditingkat SD dan juga pembiayaannya dan juga program seperti buku, seragam dan lain sebagainya. Di bidang kesehatan juga sudah dilakukan seperti  pengobatan massal gratis disetiap 2 bulan sekali dilakukan di kampung Sima dan memberikan penambahan dana kepada Puskesmas dan juga Pustu Pustu yang ada di kampung Sima,

Roberthino Hanebora Sekretaris Lembaga Masyarakat Adat Suku Yerisiam Gua, mengatakan kami di bidang pendidikan disuku Yeresiam itu SDM sangat Kurang sehingga kami berharap program ini terus bisa berjalan membantu anak-anak generasi kami untuk mulai dari tingkat SD SMP bahkan  kuliah.

Pihak perusahan sampe hari ini selalu membantu kami dalam bidang Pendidikan dengan menyediakan bis Damri untuk anak anak kesekolah , setiap pagi jemput dan antar pulang. Dan di bidang Kesehatan sudah ada bantuan Ambulance , terkait ada masyarakat yang sakit pihak perusahaan yang langsung jemput .”kata Roberthino.

Roberthino menambahkan Kedepanya kami berharap dari pihak perusahaan di bidang Pendidikan Bersama sama dengan Suku Yerisiam Gua, merenopasi salah satu Gedung di kota nabire dan di jadikan asrama. Di karenakan di Wami sini sekolah hanya sampai tingkat SMP, bila nanti anak anak kami suku Yerisiam melanjutkan SMA di kota bisa menempati Asrama tersebut. Selanjutnya di bidang Kesehatan kami berharap ada satu Dokter atau mantri khusus yang menetap dikampung Sima untuk melayani masyarakat, diliat dikampung Sima ini kami kekurangan tenaga medis. Sedangkan perusahakan sudah membantu biaya pengobatan dan lain lain.

Ditempat yang sama kepala sekolah SMP yaur Jhon Wataha menyampaikan terima kasih banyak atas segala bantuan dari Pihak perusahan kelapa sawit PT. Nabire baru & PT Sariwana Adi Perkasa untuk anak anak kami sehingga kedepannya bisa melanjutkan Pendidikan yang lebih tinggi lagi.

Saat ini siswa kami seluruhnya ada sekita 82 siswa di bantu dengan tenaga guru 12 orang semuanya PNS dan 3 honorer. sedangkan yang akan mengikuti ujian kelas 3 ini ada sekitar 28 siswa yang di bagi mnjadi dua kelas A dan B.

Agar tahun yang akan datang tetap seperti ini selalu ada bantuan ke sekolah kami dan juga dari Perusahaan memberikan honor untuk tenaga honore  SMP yaur.”harap john Wataha.

Anastasia Natalia Sina seorang guru SD Negeri Sima juga menyampaikan banyak terima kasih kepada pimpinan PT Nabire Baru atas Sumbangan yang diberikan. semoga ini sangat bermanfaat untuk anak anak kami baik itu di SD,SMP mau pun Di SMA.

Sekolah kami selalu dapat bantuan dari perusahaan baik itu dari seragam,bea siswa, perlengkapan sekolah dan pembiayaan guru honor, dari perusahaan ada dua guru. Untuk jumlah siswa SD Negeri Sima 120 siswa dan di bantu dengan tenaga guru 9 orang.

Anastasia berharap kedepan dari pihak perusahaan selalu memperhatikan anak anak kami yang ada di kampung Sima sehingga mereka bisa melanjutkan Pendidikan yang lebih tinggi lagi agar bisa sama dengan daerah lainnya. Dan juga Semoga bea siswa dari perusahan terus berlanjut agar menambah semangat belajar anak anak untuk mengapai cita citanya lewat Pendidikan.”tutup nya.

Setelah penyerahan bantuan Pendidikan untuk anak anak suku Yerisiam Gua dilanjutkan foto Bersama. (FN)

Galeri Foto

 

 

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id