BeritaBudayaDaerahDuniaEventNasionalSosialTekno

Wisuda S-2 di STPMD “APMD” Yogyakarta Bupati Yakobus Dumupa Dan 24 ASN Dogiyai

Share

Busurnabire.id  Nabire — Bupati Kabupaten Dogiyai, Provinsi Papua dan 24 aparatur sipil negara (ASN) Kabupaten Dogiyai, Provinsi Papua diwisuda di Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (STPMD) “APMD” Yogyakarta di Gedung Sutopo STPMD “APMD”, Jalan Timoho, Yogyakarta, Sabtu (14/8). sumber https://www.odiyaiwuu.com/2021/08/14/yakobus-dogiyai-yogyakarta/

Prosesi wisuda yang digelar secara virtual dalam Sidang Senat Terbuka Dengan Acara Tunggal Wisuda Program Magister Ilmu Pemerintahan Kelas Dogiyai tahun 2021 dan diikuti para wisudawan di Auditorium LPP RRI Jalan Merdeka, Nabire, Papua. Para wisudawan yang semuanya ASN menyelesaikan kuliah pada Program Pascasarjana Ilmu Pemerintahan di STPMD “APMD” Yogyakarta.

Pendidikan lanjut untuk para ASN Dogiyai merupakan bagian dari kesepakatan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dogiyai dengan STPMD “APMD” Yogyakarta. Kedua pihak menandatangani kesepakatan kerja sama pada 19 Februari 2019 di Yogyakarta.

Program S-2 STPMD “APMD” Yogyakarta Kelas Khusus Kabupaten Dogiyai dimulai pada bulan Juli 2019. Kelas khusus ini, seperti dilaporkan oleh Sekretaris Program Magister Ilmu Pemerintahan STPMD “APMD” R. Widodo Tri Putro, diikuti oleh 24 mahasiswa, termasuk Bupati Dogiyai, Yakobus Dumupa.

“Kerja sama ini ditempuh sebagai upaya untuk membangun sumber daya manusia Aparatur Sipil Negara Dogiyai supaya bisa mengerti pemerintahan dan berpemerintahan yang melayani,” kata Bupati Dogiyai Yakobus Dumupa. Proses pendidikan kelas khusus ini sebagian berlangsung tatap muka, yaitu sebelum masa pandemi. Setelah pandemi Covid-19 merebak, kelas berlangsung dalam jaringan (daring).

Yudisium para Magister Ilmu Pemerintahan ini berlangsung terbatas pada 30 Juni 2021 di kampus STPMD “APMD” Yogyakarta. “Dalam proses penulisan tesis ini bimbingan berlangsung secara tatap muka dengan tetap mengikuti protokol kesehatan,” kata Sekretaris Program Magsiter STPMD “APMD” R. Widodo Tri Putro kepada Odiyaiwuu.com, Sabtu (14/8).

Ketua STPMD “APMD” Yogyakarta Sutoro Eko dalam sambutannya saat wisuda mengatakan, Sabtu (14/8) hari ini adalah hari yang sangat membahagiakan. Pada awalnya penuh dengan dinamika dan hari ini dengan pemindahan kuncir menandai orang menjadi ‘sujana’ yang berarti kebajikan. Para lulusan magister ini harus mempunyai kemampuan berpikir, thinking yang lebih. Kemudian talking atau berbicara kepada pemerintah dan masyarakat. Lalu leading atau memimpin.

“Lebih penting adalah menjaga spirit, semangat utama yaitu melayani dan melindungi rakyat yang berdaulat. Ini yang selalu menjadi semangat STPMD “APMD” Yogyakarta. Mudah-mudahan bisa menjadi semangat bagi semuanya,” kata Sutoro Eko, doktor Ilmu Pemerintahan lulusan Universitas Gajah Mada. Selamat untuk para wisudawan. Selamat melayani dan melindungi rakyat Dogiyai.

Para mahaswa yang diwisuda adalah Yakobus Dumupa, Tertitius Degei, Andri Waine, Yanuarius Pigome, Marius Yobee, Abraham Dogomo, Edmondus Pokuwai, Pelipis Magai, Yoseph Iyai, Feleks Pekei, Yohanes Anou, Berkemanus Iyowau, Herman Anou, Mikael Butu, Elias Magai, Paskalis Iyai, , Christina, Rina Tebai,Fransiska Tekege, Obeth Magai, Yakobus Kegiye, Hendrikus Kegiye, Hendrikus Goo, dan Agustina Goo.

Saat berlangsung wisuda, para wisudawan juga mengucapkan ikrar sebagai berikut. Pertama, senantiasa bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa. Kedua, senantiasa setia dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur Pancasila dan UUD 1945.

Ketiga, senantiasa siap berbakti dan berkarya demi keberhasilan pembangunan nasional dalam rangka menciptakan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Keempat, senantiasa siap sedia untuk berjuang demi kepentingan nusa, bangsa, dan negara. Kelima, senantiasa setia menjunjung tinggi nama baik dan kehormatan almamater.

Ketua Panitia Wisuda sekaligus dosen luar biasa STPMD “APMD” Kelas Dogiyai Samuel Rihi mengemukakan, pihaknya mempersiapkan acara agar berjalan dengan lancar dan sukses. “Kami berterima kasih karena acara ini dilakukan langsung Ketua STPMD “APMD” Yogyakarta, Bapak Prof Eko Sutoro dan para senat juga Bupati Dogiyai Bapak Yakobus Dumupa,” ujar Sem Rihi, yang juga Asisten III Bidang Administrasi Sekretariat Daerah Kabupaten Dogiyai.(Redaksi)

Loading

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id