BeritaDaerahNasional

DDI Bucen Nabire Mendulang Prestasi Lolos Tingkat Nasional Prisma24

Share

NEWSBUSURNABIRE.ID – NABIRE.Di awal tahun 2024, Yayasan Darud Dakwah Wal Irsyad (DDI) Bukit  Cendrawasih (Bucen) mendulang prestasi yang sangat gemilang. Dua Kelompok Tingkat SMP sederajat (Tsanawiyah) dan Tiga Kelompok SMA Sederajat (Aliyah) lolos ke Tingkat Nasional Lomba Matematika yang dilaksanakan oleh Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sebelumnya mengikuti Lomba dalam kegiatan seleksi tingkat Rayon dalam ajang Lomba Matematika Nasional PRISMA’24 Pada tanggal 5 dan 6 februari 2024. Yang dilaksanakan secara Online Dalam Proyeksi Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Matematika Tahun 2024 (Prisma24).

Lomba ini menyasar tingkat SD/Sederajat, SMP/Sederajat, dan SMA/Sederajat menghadirkan konsep lomba yang berbeda.Dengan melibatkan Tahap Penyisihan Rayon secara daring melalui aplikasi resmi Prisma yang dapat diunduh di Play Store maupun App Store.

Kepala Pondok DDI Bucen Nabire Ustad H.M Darwis.,S.HI mengatakan sebelumnya Kami mendapatkan informasi via online bahwa akan ada lomba matematika Tingkat Nasional Prisma24.Yang diadakan oleh Himpunan Pendidikan matematika UNISMU makassar yang dilombakan secara online.

“kami Pondok Pesantren DDI Bukit Cendrawasih (Bucen) berkoordinasi dengan guru Matematika baik di Tsanawiyah maupun Aliyah. Alhamdulillah masukan dari guru tersebut kami diberikan alternatif dengan kelebihan anak dibidang matematika. Dua minggu Latihan dengan dibimbing guru Matematika,Pagi,siang serta malam kerena anak anak berasrama dipondok jadi guru yang datang kepondok. Sedangkan dari Yayasan menfasilitasi biaya pendaftaran serta bagi anak anak yang ikut lomba boleh membawa hp dengan dikontrol oleh Guru dan hanya untuk Latihan saja.”Ucap H.Darwis keawak media rabu 8/2/2024.

Ustad Darwis Menyampaikan Saat mengikuti lomba matematika Tingkat nasional Prisma 24  via online tanggal 5- 6 februaru 2024. Anak anak kita tidak perlu keluar dari Pondok pesantren DDI Bucen, kita sudah  mempunyai fasilitas lab computer sendiri.

“Alhamdulillah kami dapat kabar bahwa dari 6 kelompok anak kami yang ikut lomba 5 diantara mereka menjadi juara. Tingkat SMP sederajat (Tsanawiyah) mendapatkan juara dua anak pondok kami atas nama Qurrota A’yun Yusli Putri dan Nur Rahmadan sedangkan juara 3 tiga Muh. Anindya Hasyid Azis dan Muh Baharuddin Yusuf, Sedangkan untuk Tingkat SMA sederajat (Aliyah) pondok DDI bucen mendapatkan juara satu,dua dan tiga. Juara satu Ahmad Syawal Ramadani dan Muhammad Ichsan Maulana Arif, juara dua Ezzar Al Fitrah dan Aldi Firmansyah Bima Saputra dan juara tiga Nabila Putri Saharani dan Nur Isma Al Husna.Pondok DDI Bucen memborong untuk Tingkat SMA sederajat (Aliyah). Yang mengikuti Lomba tersebut peserta seluruh Indonesia kurang lebih kemarin yang terdaftar 238 kelompok(Tim)”Ungkap Ustad Darwis.

​Ustad H.M Darwis.,S.HI pimpinan Pondok DDI Bucen menyampaikan sangat mengapresiasi prestasi gemilang yang ditorehkan oleh siswa-siswinya. Yang dilaksanakan secara Online Dalam Proyeksi Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Matematika Tahun 2024 (Prisma ‘24).

“Anak-anak yang mendapatkan piagam sebagai peserta dan juga piagam sebagai juara, Setelah itu kita mendapatkan undangan untuk mengikuti Tahap Nasional, melibatkan Tahap Nasional I dan II, Semifinal, dan Final,dilaksanakan secara offline pada 20-22 Februari 2024 di Makassar.Kami lagi berusaha Apabila ada dana yang memungkinkan untuk memberangkatkan Siswa siswi kita yang berprestasi . Jadi kita sedang berkoordinasi dengan orang tua yang bersangkutan dengan guru-guru serta pengurus Yayasan DDI Bucen, kami juga saat ini sedang membangun Ruang kelas belajar dipondok DDI Bucen. Apabila dimungkinkan dan ada dana yang mencukupi kami akan berangkat Tahap Nasional di Makassar pada pada 20-22 Februari 2024 secara Offline,”beber Ustad Darwis.

Pimpinan Pondok DDI Bucen menjelaskan Anak kita di pondok betul penekanannya adalah akhlak dan ilmu ilmu agama. Tetapi tidak menutup kemungkinan kami juga melihat yang berprestasi di bidang-bidang ilmu ilmu Duniawi.

“kami juga tetap mengembangkan kemampuan bakat anak-anak kami disini,sehingga harapan kami ke depan mereka tidak menjadi orang yang cuma untuk baik akhiratnya kemudian Dunianya Terlupakan tapi kita ingin ada keseimbangan.Bahwa ilmu-ilmu dunia pun selama diamalkan secara baik dia juga masuk dalam lingkup agama ilmu yang bermanfaat.lebih khusus untuk kelas Aliyah (SMA Sederajat) nantinya piagam-piagam itu sangat bermanfaat bagi mereka saat ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi ternama ,dengan jalur prestasi maka piagam-piagam itu sangat bermanfaat untuk mereka. Di Pondok DDI Bucen kita juga mendata anak anak yang berbakat kiranya kedepan ada perlombaan yang sesuai bidang anak anak kita tetap ikutkan ini bertujuan agar mereka terbiasa dalam mengikuti kompotisi secara sehat,serta mengembangkan ilmu,dan menumbuhkan keberanian ikut lomba.”tegasnya.

Ustad Darwis menambahkan mudah-mudahan Ke depan anak kita terus berprestasi bukan cuma tingkat kabupaten provinsi tapi kita berharap sampai ke tingkat Nasional sebagaimana kompetisi Sains Madrasah (KSM) kemarin kamu sudah dua periode Alhamdulillah meloloskan peserta sampai ke tingkat Nasional.”Tutupnya

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id