BeritaDaerahSosial

Dinas Koperasi Dan UKM Dogiyai Berikan Bantuan Peralatan Perbengkelan Bagi Wira Usaha Pemula

Share
Dinas Koperasi Dan UKM Dogiyai Berikan Bantuan Peralatan Perbengkelan Bagi Wira Usaha Pemula

NEWS.BUSURNABIRE.ID – DOGIYAI. Setelah Melaksanakan Pelatihan Perbengkelan bagi Wira usaha pemula Dinas Koperasi dan UKM Kab Dogiyai Pada 7/7/2023 yang lalu , Dinas terkait Kembali melaksanakan pemberian Bantuan Peralatan Perbengkelan Motor dan Mobil Bagi Wira usaha Pemula OAP (Orang Asli Papua) yang dilaksanakn di kantor dinas koperasi Kab Dogiyai pada hari rabu 30/8/2023 tadi pagi.

Dinas Koperasi Dan UKM Dogiyai Berikan Bantuan Peralatan Perbengkelan Bagi Wira Usaha Pemula

Kegiatan tersebut di hadiri PJ Bupati dogiyai yang di wakili oleh Damiana Tekege, SH, M. Hum selaku PJ Sekda kab Dogiyai, Kapolres Dogiyai yang di wakilkan oleh kasat Binmas IPDA Hans Raubaba.SE ,Dandramil kamuu, Danpos 527 Monamani, Danpos kopasgat monamani, Pimpinan OPD kab Dogiyai Serta Undangan.

Nopir Pauwang .S.Pt., M.AP sebagai kepala Dinas koperasi dan UKM kab Dogiyai Dalam laporan sambutannya mengatakan dalam rangkaian acara penyerahan alat perbengkelan kepada wirausaha pemula yang telah mengikuti pelatihan dan melalui perjalanan panjang dalam usaha mereka. Acara ini menjadi bukti nyata bahwa kerja keras, dedikasi, dan semangat pantang menyerah akan selalu membuahkan hasil yang mengesankan. |

Kepala Dinas koperasi dan UKM kab Dogiyai melaporkan selaku PJ Sekda kab Dogiyai bahwa peserta yang telah mengikuti pelatihan kurang lebih 1 bulan ini terdiri dari 36 peserta, berasal dari beberapa distrik yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu pelatihan perbengkelan motor dan mobil, namun pelatihan yang telah dilaksanakan ini hanya sebatas pelatihan dasar-dasar perbengkelan, contohnya seperti tambal ban, ganti ban, ganti oli, ganti kampas dan masih banyak pelatihan dasar lainnya, yang telah diikuti oleh peserta pelatihan. Dan akan kami lakukan pendampingan lanjutan sampai pada tahap kemandirian bagi kelompok. “Jelas Nopir Pauwang .S.Pt., M.AP.

Adapun bantuan yang akan diserahkan yaitu:

  1. 1 unit Alat kompresor
  2. 1 set Kunsi pas dan kunci sok
  3. 1 unit mesin las
  4. 1 unit mesin gurinda
  5. Sperpat dan oli
  6. Bahan kayu 5×109 batang atap seng 6 lembar, semen 3 sak dan paku

Kepala Dinas Koperasi Dan UKM dogiyai juga mengatakan Alat perbengkelan yang akan diserahkan hari ini adalah bukan sekadar peralatan fisik, melainkan juga simbol komitmen kami dalam mendukung pengembangan wirausaha pemula. Kami percaya bahwa wirausaha pemula adalah tulang punggung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Dengan memberikan alat perbengkelan ini, kami berharap dapat memberikan dorongan yang lebih besar bagi pelaku wirausaha untuk mengembangkan usaha dibidang perbengkelan dan berkontribusi secara signifikan terhadap perkembangan ekonomi di Kabupaten Dogiyai yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

Lanjut sambutannya Tidak bisa disangkal bahwa memulai usaha dari nol adalah perjalanan yang penuh tantangan. Namun, melalui dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat, kami yakin bahwa para wirausaha pemula akan mampu mengatasi setiap rintangan yang muncul di hadapan mereka.

Dalam kesempatan ini juga, izinkan kami untuk mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta dalam merancang, mendukung, dan mewujudkan acara penyerahan alat perbengkelan ini. Dukungan bapak dan ibu adalah pilar penting dalam menciptakan perubahan positif bagi komunitas wirausaha pemula kita.

Dan kami juga berpesan kepada para peserta, manfaatkan bantuan ini dengan baik sehingga bisa menambah penghasilan bagi kesejahteraan keluarga, dan saya mengajak kita semua untuk melakukan aktifitas kita dengan hal-hal yang positif dan sama — sama menjaga keamanan dan ketertiban daerah sehingga kita bisa hidup damai ditanah ini. |

Mari kita wujudkan DOGIYAI DO ENA. (dogiyai terlihat indah) namun kita letakkan satu dasar yaitu ENAIMO DOGIYAI MAKI ANIGO YAWI (Bersama membangun dogiyai) sehingga dogiyai kelihatan indah. “tutup sambutannya

PJ Bupati Dogiyai Petrus Agapa yang diwakil Oleh PJ Sekda Dogiyai Damiana Tekege, SH, M. Hum. Mengadiri kegiatan Penyerahan Bantuan Peralatan Perbengkelan Motor dan Mobil Bagi Wira usaha Pemula OAP (Orang Asli Papua)

Dalam Sambutannya mengatakan Puji Syukur dipanjatkan kehadiran Tuhan Yang Maha Esa kita dapat hadir ditempat ini dalam kegiatan Penyerahan Bantuan Peralatan Perbengkelan Motor dan Mobil Bagi Wira usaha Pemula OAP (Orang Asli Papua) yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi dan UKM kab Dogiyai .

UUD Dasar 1945 pasal 33 mengamanatkan Perekonomian kita disusun sebagai usaha Bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan, Koperasi sebagai pilar Utama perekonomian Nasional. Mempunyai peranan tyang sangat penting dalam menumbuh kembangkan potensi ekonomi Masyarakat bagi para wirausaha pemula, juga mempunyai kedudukan yang sama dengan Perusahaan swasta yang mengejar profit atau keuntungan. Namun yang menjadi adalah bagaimana mewujudkan kesejahteraan Masyarakat berbasis ekonomo kerakyatan.

Lanjut dalam sambutannya untuk dapat memajukan dan mengembangkan Potensi Masyarakat maka ada beberapa factor yang harus diperhatikan adalah pengkatan kualitas sumber daya manusia,manajemen, kelembagaan permodalan.

Kaitan dengan permodalan maka hari ini pemerintah daerah melalui dinas koperasi dan UKM akan menyerahkan Bantuan Peralatan Perbengkelan motor dan mobil .

Pemberian Modal kerja selain sebagai motivasi juga mengembangkan usaha berkoperasi sehingga lebih variatif ,maju dan profesional dalam membangkitkan perekonomian rakyat.

Pemerintah Kabupaten Dogiyai Melalui Dinas Teknis Berupaya Agar Wira Usaha Pemula Di Kabupaten Dogiyai Semakin Hari Semakin Berkembang , Bukan Hanya Kuantitas Akan Tetapi Kualitasnya Juga. Oleh Karena Itu Saya Mengharapkan Agar Segenap Wirausaha Pemula , dapat Memanfaatkan Bantuan Modal Berupa Peralatan Perbengkelan Yang Diberikan Dan Dapat Di Pergunakan Dengan Sebaik-Baiknya Untuk Mengembangkan Usaha Perbengkelan, Serta Mempunyai Komitmen Yang Kuat Untuk Membangun Usaha” Dan Berpartisipasi Meningkatkan Kesejahteraan Anggota Demi Terwujudnya Masyarakat Dogiyai Yang Berkeadilan, Sejahtera , Makmur Dan Mandiri

Demikian sambutan yang dapat saya sampaikan, selamat memanfaatkan bantuan modal kerja yang diberikan, kepada para wirausaha pemula agar pada gilirannya layak untuk memperoleh bantuan modal kerja berikutnya. Tutup sambutan PJ Bupati Dogiyai  Drs Petrus Agapa M.S yang di bacakan PJ Sekda dogiyai Damiana Tekege, SH, M. Hum.

Setelah melaksanakan kegiatan Penyerahan Bantuan Peralatan Perbengkelan Motor dan Mobil Bagi Wira usaha Pemula OAP (Orang Asli Papua) dilanjutkan sesi foto bersama dan acar berlangsun sukses.(Faisal.N)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id