BeritaDaerahSosial

Ribka Haluk Pj Gubernur papua tengah serahkan bantuan korban bencana Hujan es kab Puncak

Share

NEWS.BUSURNABIRE.ID – NABIRE.Penyerahan Bantuan secara simbolis Tanggap Darurat atas bencana Hujan es bertempat kantor Dinas Sosial Provinsi di dua distrik puncak, distrik Agandugume dan distrik lambewi kab Puncak provinsi papua Tengah (26/7/2023)rabu sore

Plt. Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Papua Tengah bapak  Nenu Tabuni, S. Sos melaporkan terkait Bantuan Tanggap Darurat atas bencana Hujan es di distrik Agandugume dan distrik lambewi kab Puncak provinsi papua Tengah yaitu beras sebanyak 14 ton, Mie istan 35,000,112 (tiga puluh lima ribu seratus dua belas) bungkus , Garam 35.000.012 (tiga puluh lima ribu dua belas) bungkus, Vetsin sebanyak 2.508 (dua ribu lima ratus delapan) bungkus, Minyak Goreng 2.508 (dua ribu lima ratus delapan) bungkus, telur 35.000,112(tiga puluh lima ribu seratus dua belas ) butir. Bantuan ini akan dimobilisasi dengan penerbangan udara kedua distrik yang terkena bencana alam tersebut.

Setelah Nenu tabuni Plt. Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Papua Tengah membacakan laporan terkait jenis dan jumlah bantuan dilanjutkan penyerahan bantuan makanan simbolis oleh Pj.Gubernur Papua Tengah, DR. Ribka Haluk S.Sos MM kepada Masyarakat dari dua distrik tersebut.

Dilanjutkan laporan dari kepala dinas Kesehatan Provinsi papua Tengah dr.Silwanus A. Sumule mengatakan dari pihak Kesehatan provinsi papua Tengah akan memberikan riaksi cepat Bersama sama dengan tim yang ada di puncak dengan obat obat yang telah disiapkan seperti vitamin, anti biotik, obat penurun panas, obat maag dan obat penyakit kulit dan sejumlah obat obat yang masyarakat butuhkan di kedua distrik yang terkena bencana alam.

Dilanjutkan penyerahan simbolis obat obat oleh Pj.Gubernur Papua Tengah, DR. Ribka Haluk S.Sos MM keperwakilan Masyarakat kedua distrik terkena bencana hujan es .

Pj.Gubernur Papua Tengah, DR. Ribka Haluk S.Sos MM dalam sambutannya mengatakan pemerinta prov papua Tengah melalui dinas sosial, dinas Kesehatan, dinas perhubungan, telah menyiapkan sesuai di perintah untuk melakukan penanganan tanggap darurat terhadap bencana social dan bencana alam yang telah kita hadapi di kab puncak prov papua .

Pj gubernur Prov Papua Tengah menyampaikan turut perihatin atas bencana alam yang terjadi di dua distrik kab puncak papua Tengah Tidak ada yang mengharapkan bencana itu terjadi .

Ribka haluk menjelaskan bencana social itu terjadi di sebabkan adanya ulah manusia atau factor penyebabnya manusia itu sendiri, akan tetapi bencana alam itu terjadi karena fenomena alam ( factor alam) ada fenomena tertentu seperti yang terjadi di dua distrik tersebut di kab puncak. Dalam semua bencana terjadi ada SOP yang harus dilakukan pemerintah, 14 hari tanggap darurat setelah kejadian kemudian ada tahap pemulihan rehabilitasi relokasi sampai jangka waktu yang ditentukan oleh pemerintah. Itu semua satu persiapan Panjang yang harus disiapkan , sampai pada tahapan bencana tersebut sudah aman dan sudah di tangani.

Harapnya untuk setiap ada bencana memang kita sudah komitmen dari pemerintah prov papua Tengah sudah membantu dari awal bukan  hari ini saja, begitu terjadi bencana komplik di dogiyai tim kerja provinsi papua Tengah langsung turun Bersama sama dengan Masyarakat disana dengan pihak keamanan,  bagaimana pemerintah melakukan pendekatan pendekatan social agar daerah komlik tersebut bisa pulih Kembali, tentunya memng tidak secara resmi di karenakan situasi yang mengakibatkan adanya strategi khusus yang harus dilakukan untuk pemulihan daerah komplik tersebut. Hari ini bantuan kedua distrik yang di kab puncak ini belum di disitribusikan dikarena terkendala tranportasi, satu satunya bantuan ini sampai disitrik tersebut harus melalui penerbangan (pesawat) .

Sampai hari ini belum ada pesawat yang bisa masuk ke kedua distrik tersebut tapi kita tidak putus asa sampai saya trus memerintahkan PLT kepala dinas social melakukan pendekatan agar bantuan tersebut dapat cepat tersalurkan. Sehingga hari ini kami sudah mendapatkan informasi ada maskapai yang telah siap membantu prov papua Tengah untuk mengantarkan bantuan sampai kedistrik tersebut. Kita terus doakan agar komitmen ini bisa terwujub agar kita bisa membantu dikedua distrik tersebut.”Ucap PJ Gubernur papua Tengah.

lanjutnya mengatakan Seperti beras, minyak goreng, mie , garam selimut jaket dan lain lain pemerintah tidak akan berhenti sampai disini kami meminta dari dinas sosial Papua Tengah untuk melakukan pendampingan sampai Masyarakat didua distrik tersebut pulih Kembali, dan selalu melakukan koordinasi dengan pemda setempat yaitu kab Puncak. Dari Masyarakat meminta harus dari provinsi papua Tengah turun langsung kedistrik dan kami pemerinta mengikuti permintaan dari Masyarakat dan sudah diutus dari dinas social untuk kesana.

Kami pesan disaat pesawat nanti masuk dari tim dinas social dan tim dinas Kesehatan yang akan turun lngsung kesna agar dari pihak gereja, Masyarakat tolong jaga keamanan petugas kami untuk melayani Masyarakat. Kabupaten puncak, sinak ilaga itu orang tua saya yang rintis disitu sebagai wakil ketua sinode dan ketua klasis sebagai anak puncak sy memohon menjaga keamaan petugas yg akan melayani Masyarakat.

Pj Gubernur Papua tengah menjelaskan Fenoma alam yang terjadi dikedua distrik ini hampir tiap tahun ada sehingga pemerintah harus siap, waspada jangan tunggu Masyarakat sudah menderita baru kita turun ini juga akan menjadi salah, harusnya bila sudah tau phenomena alam yang terjadi tiap tahun akan turun kita pemerintah sudah menyiapkan segala sesuatu dan koordinasi dengan kab puncak, kitab isa membangun Gudang disana untuk menampung bahan makanan, obat obatan serta keperlukan Masyarakat setempat. Agar sebelum terjadi phenomena alam semua sudah kita siapkan di Gudang tersebut dan kita juga perlu kajian untuk persiapan drop semuanya dan kenapa fenomena ala mini bisa terjadi serta kita juga harus lakukan sosialisasi untuk Masyarakat dalam persiapan pertaniannya seperti apa, Kesehatan, penyiapan pagan, sedangkan beras yang akan kita drop ini tidak akan cukup untuk Masyarakat seandainya kalaw pesawat nnti lancar kita akan drop juga ubi kita kembalikan pagan local Masyarakat.,.

Terima kasih kepala dinas Kesehatan sudah komitmen kami juga memohon ini adalah relawan kemanusiaan , ada petugas petugas yang terpanggil untuk melayani dan kita trus berkoordinasi dengan pemerintah kab puncak.

Untuk kadis perhubungan mohon trus berkoordinasi supaya harus ada pelayanan penerbangan kesana tentunya kita tidak terlepas dalam sesi keamanan

Ucapan terima kasih kepada mentri social dan juga panglima yang sudah menyerahkan bantuan.

Pemerintah mungkin akan menyesiapkan 16 plig, dan kita akan trus mendorong agar bantuan ini cepat tersalurkan dan ibu memohon jangan ada lagi palang2 atau pun melakukan aksi tembak pesawat yang menyalurkan bantuan tersebut. Karane itut bukan budaya kita orang papua. “tutup Pj.Gubernur Papua Tengah, DR. Ribka Haluk S.Sos MM .(Faisal.N)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id