BeritaBudayaDaerahDuniaEventHukumInvestigasiNasional

Kajari Nabire menjadi Narasumber pada kegiatan Sosialisi Pencegahan Kasus Pertanahan, Pertanahan Kabupaten Nabire

Share

Busurnabire.id :Nabire .Kepala kejaksaan negeri (Kajari) Nabire, Muhammad Rizal, SH  MH didampingi Kasi Intelijen, Haris Suhud Tomia, SH menghadiri, dan menjadi narasumber Sosialisasi Pencegahan Kasus Pertanahan yang diselenggarakan kantor Badan  Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Nabire, di Hotel JDF Jalan Semarang, Nomor 2, Kelurahan Karang Mulia, Nabire, Papua, Senin (15/11/2021) pukul 09:00 waktu setempat.

Sebagai narasumber, Kajari menyampaikan sejumlah solusi dalam pencegahan masalah pertanahan, diantaranya agar mempedomani Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2018 tentang Penanganan dampak Sosial kemasyakatan dalam rangka penyediaan tanah untuk dipergunakan dalam pelaksanaan pembangunan nasional.

Selain itu Muhammad Rizal menjelaskan, pentingnya tindakan pencegahan dengan cara melakukan penerangan hukum atau penyuluhan hukum oleh bidang Intelijen serta pendampingan hukum oleh Bidang Perdata dan TUN Kejaksaan.

“Dimana hal itu juga sering disampaikan bapak Presiden yang kemudian ditindaklanjuti kepada BPN untuk memberi kemudahan dalam pemberian sertifikat kepada masyarakat,” kata Kajari.

“Karena pemerintah jauh sebelumnya telah membuat proyek agraria nasional (Prona) yang mana hal ini sangat berguna bagi masyarakat kalangan ekonomi lemah guna menperoleh kepastian hukum untuk pemegang hak atas tanah,”pungkasnya.

Untuk diketahui Sosialisasi itu, dihadiri sejumlah pejabat, dan puluhan tamu undangan lainnya, disntaranya Renardy G.M.H. Tambunan, S.ST (Kepala kantor ATR/BPN Nabire), Iptu Suparmin, SHi (KBO Reskrim Polres Nabire), Yunus Erari, SE (Sekertaris Bappeda Nabire), Perwakilan PPAT Nabire, Roby Doo (Luran Karang Mulia), Kepala Distrik Nabire dan para PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah) Nabire dan peserta lannya hadir dalam sosialisai pencegahan kasus pertanahan.(Redaksi)

Sumber : Seksi Intelijen Kejari Nabire.

Loading

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id