BeritaDunia

Jamaah Haji Kab Nabire Berada Di Arafah Bersiap Melaksanakan Wukuf

Share

NEWS.BUSURNABIRE.ID Mekkah, 27 juni 2023 Jemaah Haji Kabupaten Nabire berada di arafah untuk bersiap melaksanakan wukuf. 145 jemaah haji akan menempati tenda tenda di arafah selama 2 hari (26-27 juni 2023) dan akan melaksanakan wukuf pada hari ini 27 juni 2023 atau 9 zulhijjah 1444 h.

Kasi penyelenggara haji dan umroh kantor KEMENAG Nabire Putra Aminudin.,S.Kom.  saat menghubung media Via WhatSapp menyampaikan Saat ini seluruh jemaah dalam kondisi sehat Wukuf dilaksanakan setelah sholat dhuhur sampai dengan sebelum magrib waktu arab saudi. Yaitu tergelincir matahari di 9 zulhijjah (hari arafah) sampai terbit fajar di hari nahar 10 zulhijjah

Wukuf merupakan salah satu rukun haji yang harus dijalani oleh seluruh jemaah yang akan melaksanakan haji.

Jemaah diberangkatkan ke Arafah untuk menjalani puncak haji, yaitu wukuf, dilanjutkan bermalam di Muzdalifah dan Mina,” ujar Putra.

Makna Wukuf di Arafah, kata Putra, menjadi lambang Padang Mahsyar, yakni ketika manusia menghadap Allah SWT dengan status yang sama. Saat wukuf, manusia diibaratkan berada di Padang Mahsyar dengan terdiam, cemas, dan penuh harap menunggu keputusan Allah SWT. Akankah mereka berlanjut ke surga atau neraka.

“Arafah adalah lambang maqam ma’rifah billah. Semua perbedaan sirna. Semua berstatus sama, sebagai hamba Allah,” jelasnya.

Arafah juga bermakna pengenalan. Di Arafah lah, ungkapnya, umat Islam diminta berdiam, merenung, berintrospeksi dan bertaubat pada Allah SWT. Saat puncak haji seperti wukuf di Arafah, seorang Muslim diharapkan bisa lebih mengenal diri dan penciptanya, Allah SWT sebagai Tuhannya.”Tutup Putra. (Faisal.N)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id