BeritaDaerahpolitik

KPU Papua Tengah Giat Penyampaian hasil verifikasi Administrasi Dokumen persyaratan Bakal Calon Anggota DPD RI dan DPRD

Share

NEWS.BUSURNABIRE.ID – NABIRE .Penyampaian hasil verifikasi Administrasi Dokumen persyaratan Bakal Calon Anggota DPD RI dan DPRD provinsi Papua tengah dilaksanakan di Kantor KPU Provinsi Papua tengah Kab Nabire jln Agobay .Sabtu 24/6/2023.

Kegiatan tersebut di buka oleh PLH ketua KPU Papua Tengah Marius telenggen didampingi  Ketua Divisi Teknis KPU Papua tengah, Indra Ebang Ola, dan Ketua dIvisi Hukum KPU Papua Tengah Sapo Nawipa,. Ketua Komisioner Bawaslu provinsi Papua, Pak Jamaluddin lado Rua.,SH.MH. serta  DPD RI Dan DPRD perwakilan 18 partai politik.

ketua KPU Papua Tengah Marius telengan Dalam Sambutannya mengatakan tim verifikator KPU Provinsi Papua Tengah telah menjalankan tugas dengan melakukan pengecekan terhadap dokumen persyaratan yang diajukan oleh bakal calon anggota DPD RI dan DPRD Provinsi Papua Tengah proses ini dilakukan dengan mengacu pada PKPU 10 dan PKPU 11 tahun 2023 serta juknis dan buku panduan terkait verifikasi administrasi .

Hari ini bapak ibu akan menerima hasil verifikasi administrasi yang telah dilakukan oleh KPU, penyampaian ini selain diberikan berita acara secara langsung juga dapat melihat hasil verifikasi setiap dokumen caleg Melalui aplikasi SILON Ucap Marius telengan.

lanjut dikatakan tim verifikasi telah memberikan catatan perbaikan pada setiap dokumen yang dinyatakan belum benar untuk selanjutnya Dokumen tersebut dilakukan perbaikan. masa perbaikan dan penyerahan terbaik masa perbaikan dan penyerahan perbaikan kembali dari partai politik kepada KPU dilakukan tanggal 26 juni hingga 9 Juli 2023 kami berharap bagi bakal calon yang berstatus belum memenuhi syarat agar dapat memperbaiki dokumennya dengan baik dan teliti agar dapat diajukan kembali selanjutnya akan diverifikasi kembali oleh KPU Papua Tengah tutur Marius

Semua dalam tahapan verifikasi administrasi ini KPU selalu diawasi oleh Bawaslu Provinsi Papua kami mengharapkan keaktifan dari pimpinan partai politik atau penghubung dan admin SILON partai agar selalu berkonsultasi kepada KPU karena KPU menyediakan helpdesk yang memberikan pelayanan kepada bapak ibu mengenai tahapan verifikasi administrasi dimaksud

Bakal calon DPRD Papua Tengah yang sudah mendaftar jika Kpu Papua Tengah ada sekitar 738 bakal Calon Legislatif dan 12 calon DPD RI hingga dengan waktu yang sangat terbatas tersebut dengan mengatakan hal ini harus menjadi perhatian serius dari parpol dalam masa perbaikan selama 14 hari tersebut pada tanggal 26 juni hingga tanggal 8 Juni hari 2023 pelayanan kepada parpol maupun operator SILON dilaksanakan mulai pukul 08:00 WIT hingga pukul 16:00 WIT,sedangkan di hari terakhir masa perbaikan pada tanggal 9 Juli 2023 pelayanan dilakukan mulai pukul 8 hingga pukul 23:59 WIT artinya tepat pada 01,01 WIT pelayanan resmi ditutup .

Dalam Wawancara awak media Ketua Divisi Teknis KPU Papua tengah, Indra Ebang Ola mengatakan berharap di sisa waktu verifikasi perbaikan dokumen ini parpol betul-betul fokus untuk menyesuaikan diri dengan kekurangan-kekurangan dan daftar inventarisasi masalah yang dialami masing-masing partai kita tahu bahwa kesempatan ini kesempatan terakhir buat parpol buat parpol dari tanggal 26 juni hingga 9 Juli 2023 semua persoalan yang telah disampaikan bahwa semua daftar inventarisasi masalah sudah kita sampaikan dan tertuang dalam berita acara yang disampaikan kepada Bawaslu dan parpol, indikator kemudian syarat-syarat dokumen itu kembali dilihat dan diperiksa secara cermat di-silon mereka masing-masing, sehingga di sisa waktu dilakukan perbaikan sebelum KPU melakukan penyusunan dan penetapan Daftar Caleg Sementara (DCS) dan Daftar Caleg Tetap (DCT) nanti kata Indra

Ditempat yang sama Ketua Komisioner Bawaslu provinsi Papua, Pak Jamaluddin lado Rua.,SH.MH Dalam wawancara mengatakan terkait dengan penyampaian hasil verifikasi di anggota DPRD selanjutnya hari Selasa atau hari Senin ada penetapan DPD ini satu rangkaian. ini perlu kita perhatikan betul-betul prosedur dan tata cara karena sengketa terbanyak di Papua itu di Papua Tengah di DPD ada 5 sengketa dari 9 sengketa yang ada di Papua kita harap nanti pada penetapan Daftar Caleg Sementara (DCS)  di tanggal 24 Agustus 2023 dan penetapan Daftar Caleg Tetap (DCT)  di tanggal 4 November 2023 mudah-mudahan semua tidak akan menjadi sengketa.

Harapan kita semua dokumen yang diupload itu benar-benar adanya sehingga tidak ada pelanggaran administrasi, pelanggaran pidana ataupun sengketa .jika dirasa ada informasi yang kurang lengkap KPU Nabire sudah membuka Helppdeck sehingga sebelum penetapan DCS kita tanggal 24 Agustus 2023 proses ini harus sering dikomunikasikan sehingga tidak ada masalah kemudian hari.

Dalam kegiatan tersebut Dilanjutnyakan diskusi dan tanya jawab oleh semua anggota atau undangan yang hadir dari pengurus 18 partai pemilu. (Faisal.N)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id