BeritaDaerahPolriTNI

Pengamanan Nataru, Polres Nabire Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022

Share

NEWS.BUSURNABIRE.ID _Nabire – Sebanyak 1.500 Personil Gabungan dilibatkan dalam pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru) Polres Nabire menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Cartenz 2022 di Lapangan Apel, Mapolres Nabire, Kamis (22/12/2022).

Tahun ini, Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Cartenz 2022 Bersama instansi terkait siap melaksanakan pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di wilayah Nabire.

Pimpinan Apel Gelar Pasukan tersebut wakil Bupati Nabire Ismail Djamaluddin dan di dampingi oleh Kapolres Nabire AKBP I Ketut Suarnaya, S.I.K, SH, Dandim 1705/NBR LETKOL INF. Doni Firmansyah, M.Han dan Kasat Pol PP Nabire AKP Burhanuddin P.

Kegiatan yang rutin digelar setiap menjelang akhir tahun ini diikuti antara lain oleh personil Gabungan Polres Nabire, Sub Den Pom Nabire, Kodim 1705/Nabire, Brimob Den C Pelopor Nabire, Dinas Perhubungan Nabire, Pol PP Kabupaten Nabire, Basarnas, Senkom Mitra Polri, FKPM Kabupaten Nabire, Saka Bhayangkara Polres Nabire.

Pada kesempatan pertama Wakil Bupati Ismail Djamaluddin membacakan amanat Kepala Kepolisian Repubrilk Indonesia, Selaku kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya, kepada seluruh pihak yang telah mengikuti apel gelar pasukan operasi lilin 2022.

Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana, Dengan demikian diharapkan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi, sehingga perayaan Natal 2022 serta Tahun Baru 2023 (Nataru) mampu berjalan dengan kondusif.

Peserta apel gelar pasukan dan para hadirin yang saya hormati, Seperti kita ketahui bersama bahwa laju pertumbuhan terkendali, pelonggaran Covid-19 sehingga berbagai di Indonesia sudah pemerintah memberikan aktivitas masyarakat termasuk Nataru dengan menetapkan seluruh wilayah berada pada PPKM Level 1 dan Momentum Nataru selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia di setiap penghujung tahun dengan melaksanakan berbagai kegiatan, sehingga tentunya berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat.

Operasi Lilin 2022 terdiri dari total 166.322 personel gabungan yang ditempatkan pada 1.845 pos pengamanan, 695 pos pelayanan dan 89 pos terpadu, guna mengamankan 52.636 objek pengamanan, Berbagai hal tersebut tentunya dipersiapkan dalam rangka mengamankan kegiatan Nataru, agar masyarakat merasa nyaman dan aman sebagaimana perintah dari Presiden Joko Widodo bahwa, “Saya minta persiapan seluruh sektor dan stakeholder dalam mengantisipasi gangguan dan masalah saat natal dan tahun baru ini betul-betul disiapkan, agar masyarakat merasa nyaman dan juga aman”.

Pada pengamanan Nataru, terdapat berbagai potensi gangguan yang harus diwaspadai, Pada sisi kesehatan, kita harus tetap waspada terhadap potensi terjadinya lonjakan Covid-19, terlebih saat ini telah muncul subvarian baru omicron BN.1 yang lebih cepat menular, Melihat hal tersebut, lakukan penguatan prokes terutama pada lokasi-lokasi dengan tingkat interaksi tinggi, himbau masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi booster guna meningkatkan imunitas.

Pada sisi keamanan, terdapat beberapa potensi gangguan yang juga perlu diwaspadai, seperti kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas jalan dan penyeberangan antar pulau, serta kepadatan pada bandara, terminal dan pelabuhan jadikan pengaturan rekayasa lalu lintas pada Idul Fitri 2022 sebagai acuan.

Selanjutnya terkait kejahatan konvensional, Berdasarkan anev tahun 2021, kejahatan paling tinggi terjadi pada bulan Desember didominasi oleh jenis kejahatan konvensional, Melihat hal tersebut, tingkatkan patroli pada daerah rawan dan objek vital serta lakukan sosialisasi guna meningkatkan standar keamanan lingkungan dan tempat tinggal, terutama kepada masyarakat yang akan berpergian.

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah terkait pengendalian ketahanan pangan dan BBM, Lakukan monitoring di lapangan bersama Satgas Pangan dan stakeholder terkait guna memastikan ketersediaan pasokan pangan, Imbau para pelaku usaha agar tidak melakukan penimbunan atau menahan stok yang tentunya dapat menyebabkan kelangkaan, maupun kenaikan harga, Apabila terdapat upaya spekulan, lakukanlah gakkum secara procedural.

Kemudian khusus pengamanan ibadah Natal, pastikan setiap lokasi ibadah dilakukan sterilisasi melibatkan TNI, BNPT, Jibom Brimob, K-9 dan Densus 88/ AT, Selain itu libatkan juga elemen masyarakat termasuk Ormas keagamaan dalam pengamanan ibadah Natal sebagai wujud toleransi beragama.

Pada pengamanan objek wisata, akses jalan menuju objek wisata jangan sampai terjadi kemacetan dengan menyediakan lokasi parkir dan pengaturan jalur keluar masuk yang baik, serta imbau wisatawan agar mematuhi prokes, Khusus objek wisata alam, siagakan tim tanggap bencana guna mengantisipasi terjadinya bencana alam, Sedangkan pada pengamanan perayaan malam tahun baru, lakukan pengetatan izin kegiatan keramaian dengan melakukan assesmen bekerjasama dengan penyelenggara dan stakeholder terkait, terutama kegiatan-kegiatan yang melibatkan massa dalam jumlah besar, hal ini guna mengantisipasi potensi kerumunan yang dapat menimbulkan korban.

Perlu saya garis bawahi, keberhasilan pengamanan Operasi Lilin 2022 merupakan tanggung jawab bersama yang harus dapat kita selesaikan, Oleh sebab itu, kepada seluruh personel pengamanan agar senantiasa memperkuat sinergisitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas.

Kepada seluruh personel pengamanan, saya berpesan jadikan pengamanan Nataru sebagai sebuah kebanggaan, Oleh karena itu, laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, profesional, humanis dan pahami tugas maupun fungsinya masing- masing sesuai rencana operasi dengan mengedepankan langkah prediktif serta deteksi dini.

Saya juga berpesan agar rekan-rekan senantiasa menjaga kesehatan dan terus meningkatkan keimanan, serta ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah.

  Sebelum menutup amanat saya ingin mengucapkan “Selamat Natal 2022 dan Tahun Baru 2023”, Semoga cahaya dan cinta kasih Tuhan senantiasa memenuhi setiap relung hati kita, sehingga dapat membawa kebaikan serta optimisme di tahun baru 2023.

Demikian amanat saya, selamat bertugas dan semoga Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan petunjuk, serta perlindungan kepada kita dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara.(adm)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id