BeritaBisnisBudayaDaerahDuniaEventNasionalSosial

WORKSHOP PENINGKATAN KAPASITAS MASYARAKAT DI BIDANG PERTANIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN DI KABUPATEN NABIRE

Share

NEWS.BUSURNABIRE.ID _NABIRE. Bertempat DI Aula PUPR , kamis 17 Maret 2022 Wakil Bupati Nabire Ismail Djamaludin membuka workshop peningkatan kapasitas masyarakat diBidang Pertanian Kelautan dan Perikanan dikabupaten Nabire.

Mengawali sambutannya Wakil Bupati Nabire Ismail Djamaludin mengatakan secarah garis besar, kegiatan ini memegang prinsip dari kita,oleh kita dan untuk kita,yang artinya dapat di maknai bahwa pemerintah pusat dalam hal ini,Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmingrasi berupaya untuk mendongkrak konsumsi pangan lokal yang berdampak pada kesejateraan masyarakat Nabire.

Berbicara tentang pangan lokal maka kabupaten Nabire,Memiliki banyak esensial Sumberdaya Alam baik dari sektor Kelautan,Pertanian maupun Peternakan,untuk sektor pertanian sendiri olahan Sagu merupakan makanan Pokok masyarakat di Papua, dengan mengingat bahwa produksi sagu Terbesar Ada Di Papua,namun faktanya secara kwantitas,produksi masyarakat terhadap beras lebih tinggi daripada Sagu yang merupakan salah satu komuditas lokal di Papua khususnya di Nabire.

Wakil Bupati Nabire Ismail Djamaludin juga mengatakan Pemerintah merasa perlu untuk memaksimalkan potensi yang ada dengan bimbingan dan binaan untuk lebih mengexport prodak maupun komuditas lokal sehingga kedepan secarah ekonomi kita mampu dan tidak bergantung lagi kepada prodak-prodak dari luar bahkan kalau bisa kita yang meng export .

Turut memberikan sambutan Enny Indarti S,stp mengatakan Sagu merupakan salah satu prioritas Nasional karna itu Sagu yang selama ini tumbuh biasa kedepan bisa tumbuh luar biasa dan menjadi nilai ekonomis bagi teman teman di Papua dan di mulai dari Nabire. Karna kedepan akan terus di pantau dan di evaluasi bagaimana kelompok ini lebih konsen terhadap apa yang dilatih dan dibina sehingga memiliki nilai ekonomi yang lebih.

Turut hadir dalam kegiatan workshop peningkatan kapasitas masyarakat di Bidang Pertanian Kelautan dan Perikanan dikabupaten Nabire, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Yasor victor sawo S.sos. kepala dinas peternakan dan perkebunan direktorat jendral percepatan pembagunan daerah tertinggal, kementrian desa pembagunan daerah tertingal dan transmigrasi yaitu.. direktur penyerasian daerah khusus dr,dwi hartoyo S.sos,M.si koordinator kwasan strategis ibu enny idrianti S,STP kepala pusat ketersediaan dan kerawanan pangan dr.andriko.noto susanto,Sp,Mp sebagai cheff aliffatqul maulana dan eddy marzuki ibu saptarining wulan founder putri sagu dan dosen sekolah tinggi parawisata
Universitas Trisakti

Dan sebagai kepala Dinas ketahanan pangan kabupaten Nabire Bpk.Yasor Vicktor Sawo S,sos mewakili badan ketahanan pangan Nasional menyerahkan bibit sagu kepada pemerintah kabupaten Nabire, di lanjutkan ke kelompok Tani yang ada saat ini untuk di kembangkan sesuai dengan harapan yang kita inginkan untuk menjadikan tanaman sagu ini sebagai pangan keluarga dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di kabupaten Nabire.(Red)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id