BeritaDaerahDuniaEventPolriTNI

Bagian Sumber Daya Manusia Polres (Bag SDM) Paniai Lakukan Terobosan Dan Kreatif.

Share

NEWS.BUSURNABIRE.ID _Paniai – Bagian sumber daya manusia (Bag SDM) Polres Paniai lakukan terobosan dan kreatif dengan cara memberikan pelajaran bahasa Mee/Ekari kepada Bintara Remaja Polres Paniai. Senin 14 maret 2022 pukul 09.00 wit di ruang vicon polres paniai.

Seperti kita ketahui bersama bahwa letak wialayah hukum polres paniai terdapat beragam bahasa yang digunakan selain bahasa indonesia dan mayoritas bahasa yang sering di pakai sehari-hari oleh masyarakat pribumi di wilkum paniai adalah bahasa Mee / Ekari. Oleh sebab kami dari bagian sumber daya manusia (Bag SDM) Polres Paniai berinisiatif dengan memanfaatkan beberapa anggota polres paniai yang berasal dari paniai untuk memberikan pelajaran bahasa Mee / Ekari kepada ade-ade bintara baru yang bertugas di Polres Paniai. “Ujar Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (Kabag SDM) AKP Yadang”.

Tujuan dari pembelajaran bahasa Mee / Ekari ini meningkatkan kemampuan dalam menjawab tantangan dan hambatan pada pelaksanaan tugas sahari-hari di lapangan. Dan juga untuk mempermudah personil Polres Paniai dalam berkomunikasi dengan masyarakat setempat.

Kegiatan belajar mengenai bahasa Mee/ Ekari ini diajarkan langsung oleh Kaur Binmas Polres Paniai Ipda Onesimus Iyowau dan seorang Bintara Remaja Polwan Angkatan 50 tahun 2021.

Pada pembelajaran yang dilaksanakan di ruang vicon polres paniai dalam tahap awal yaitu mengenai cara berhitung dengan menggunakan bahasa Mee / Ekari misalnya angka 1 disebut dalam bahasa Mee/Ekari Ena dan seterusnya. Dan juga cara menyampaikan selamat, baik selamat pagi, siang dan sore, jika di sebut dalam bahasa Mee/Ekari misalnya selamat pagi (Koyaabata), selamat sore (Koyaagapi) dan selamat sore (koya uwata). Dan juga cara menyampaikan salam lainnya dengan mengunakan bahasa Mee/Ekari.

Kabag SDM Polres Paniai juga Mengatakan bahwa kegiatan pelatihan dan belajar bahasa daerah Mee/Ekari ini tidak hanya dilakukan pada hari ini saja tetapi nantinya akan kami lakukan di hari-hari berikutnya lagi, sehingga anggota Bintara baru polres paniai benar-benar memahami bahasa daerah Mee/Ekari. Dan dengan demikian dapat membantu tugas-tugas Kepolisian di lapangan.(RED)

Sumber : humas Polres Paniai

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id