BeritaDuniaHUKUMNasionalPolriTNI

Lapas Nabire kelas II Gelar Deklarasi Janji Kinerja 2022

Share

News.Busurnabire.id _Nabire Dalam rangka menyatukan seluruh komitmen pegawai untuk bekerja sesuai dengan rencana yang diharapkan di Tahun 2022, jajaran insan pengayoman Lapas Kelas IIB Nabire melaksanakan deklarasi janji kinerja 2022 yang dirangkai dengan sejumlah penandatanganan komitmen dan pakta integritas.Sebagai bentuk dari komitmen Kementerian Hukum dan HAM RI dan dalam rangka mewujudkan manajemen pemerintahan yang efektif, transparan dan akuntabel serta berorientasi pada hasil.Selasa, 25 Januari 2022

Berlangsung di Aula Lapas Nabire, kegiatan ini dihadiri oleh Perwakilan Kanwil KemenKumHam Papua, Kepala Bidang HAM, Fatrix C.Manufandu, S.H.,M.H , Asisten I Bupati Nabire La Halim, S.Sos, Ketua Pengadilan Negeri Nabire Cita Savitri, S.H.,M.H, Kepala Kejaksaan Negeri Nabire M.Rizal, S.H.,M.H, Dandim 1705 Nabire Letkol. Inf. Juanda Pardosi, Kapolres Nabire yang di wakili KabagOps Polres Nabire Kompol Jefri P. Tambunan, .S.I.K,. S.H, Kepala KPPN Nabire yang di wakili Kepala Seksi Verifikasi, Akuntansi dan Kepatuhan Internal Handoko, S.Mn, dan seluruh Pejabat beserta Staf Lapas Nabire.

Kegiatan diawali dengan pembacaan Deklarasi Janji Kinerja yang dipimpin oleh Kalapas Nabire, Manuel Yenusi, S.Sos dan diikuti oleh seluruh petugas Lapas Nabire.

Usai deklarasi Janji Kinerja diikrarkan, Kepala UPT dan Pejabat Struktural melakukan penandatanganan Janji Kinerja disaksikan langsung oleh Perwakilan Kanwil KemenKumHam Papua, Kepala Bidang HAM, Fatrix C.Manifandu, S.H.,M.H beserta unsur Forkopimda yang hadir.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama pembangunan bersama zona integritas menuju WBK dan WBBM tahun 2022 antara Kalapas Nabire dan para pejabat struktural Lapas Nabire disaksikan oleh Forkompinda, penandatanganan pakta integritas antara Kalapas Nabire dan Forkompinda, dan penandatanganan piagam pencanangan pembangunan zona integritas antara Kalapas Nabire, Kepala Kejaksaan Negeri Nabire dan Ketua Pengadilan Negeri Nabire disaksikan para saksi diantaranya Bupati Nabire, Kapolres dan Dandim 1705 Nabire.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Bidang Hak Asasi Manusia Fatrixcs Carolus Manufandu SH., M.H berharap sinergitas kantor Kemenkumham Papua khususnya Lapas Nabire bersama stakeholder terkait akan terus berjalan dan tak lekang oleh waktu dan menjadi pendorong bagi Kemenkumham untuk bergerak lebih progresif lagi untuk mencapai prestasi demi prestasi.

Pada kesempatan itu Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bupati Nabire, Kapolres dan Dandim 1705 Nabire, Kajari dan Ketua Pengadilan Negeri Nabire, dan Kepala Kemenag Nabire serta Kepala KPPN yang selalu setia bersinergi bekerja dengan Kemenkumham Papua khususnya Lapas Nabire yang berjalan dengan lancar dan membuahkan beberapa prestasi antara lain Kemenkumham Papua selama 10 tahun berturut-turut meraih WTP atas laporan keuangan, peluncuran aplikasi perseroan perorangan.

Dikesempatan itu Kajari Nabire Muhammad Rizal memberikan masukan dalam rangka meraih predikat WBK dan WBBM di tahun 2022.

“Saya berbagi dengan teman-teman di Lapas Nabire, bahwa pengalaman kami pada saat Desk evaluasi dengan Kemenpan RB kemarin, jadi masukan terpentingnya bukan hanya sekedar kondisi fisik bangunan. Tetapi upaya untuk membuatkan pelayanan yang optimal ke masyarakat itu betul-betul orientasinya sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (Tusi), memang kadang kala kita membuat program yang muluk-muluk yang sebenarnya tidak ada dalam Tusi kita, ya memang karena tema kemarin bertepatan dengan Covid-19 sehingga kita juga ikut ikutan dengan program seperti membagikan masker dan lain sebagainya padahal itu bukan Tusi kita, tapi milik kesehatan,”

Ia melanjutkan kegiatan seperti itu sifatnya hanya penunjang, namun dapat dilakukan setelah kegiatan pokok dapat dilaksanakan.

“Harapan saya bahwa bagaimana kedepannya kita membangun suatu integritas didalam kita lembaga kriminal justice sistem antara Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan dan Lapas kita menghadirkan inovasi-inovasi yang bisa terintegrasi . Saya ambil contoh misalnya tahanan. Jadi besuk tahanan bisa kita kontrol bersama tetapi ini memberikan pelayanan yang efektif untuk penjenguk tahanan, entah nanti secara online dan tidak harus ketemu secara fisik bisa menggunakan surat elektronik. Pada prinsipnya kami membuka diri dan siap bekerjasama untuk maju bersama sama,” kata Kajari Nabire M. Rizal

Bupati Nabire Mesak Magai dalam kesempatan itu juga menyampaikan sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten I Setda Bidang Pemerintahan La Halim, S.Sos.

Dikatakan, deklarasi janji kinerja tahun 2022 yang diikuti bersama tersebut merupakan pembuktian dan komitmen dari segenap pegawai Lapas kelas IIB Nabire dalam merealisasikan rencana-rencana yang telah dijabarkan dalam visi dan misi Lapas kelas IIB Nabire itu sendiri dan secara terpusat dari Kemenkumham RI.

Dijelaskan, deklarasi ini berfungsi sebagai alat kendali kinerja secara berjenjang untuk memastikan seluruh pekerjaan tapat pada sasaran dan mencapai target yang baik dan bermutu.

“Selaku pimpinan daerah saya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas pelaksanaan kegiatan ini sebagai langkah awal yang baik di tahun 2022 ini,” kata Bupati Nabire Mesak Magai dalam sambutan yang dibacakan Asisten I Setda Bidang Pemerintahan La Halim, S.Sos.

Menurutnya, realisasi yang harmonis dan kerjasama yang baik diantara semua pihak harus terus dijaga bersama untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara khususnya bagi masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan baik ekonomi, politik, hukum maupun kehidupan sosial untuk mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang baik di kabupaten Nabire.

Melalui momentum deklarasi janji kinerja ini Bupati Nabire Mesak Magai mengharapkan dapat tetap menjaga kesehatan untuk bekerja produktif ditengah pandemi Covid-19.

Acara deklarasi janji kinerja tahun 2022 dilingkungan Lapas Nabire tersebut berakhir dengan foto bersama dan jamuan kasih.(FN)

Loading

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id