BeritaBudayaDaerahDuniaEventHukumNasionalPolriTNI

Ali Kabiay :Mari maknai tanggal 1 Desember sebagai hari AIDS sedunia

Share

News.busurnabire.id ; Papua – Polemik tanggal 1 Desember selalu menjadi sebuah dinamika dalam tatanan kehidupan masyarakat di papua , namun yang pasti dinamika tersebut adalah suatu hal yang biasa terjadi di dalam masyarakat, termasuk dinamika politik yang menyatakan bahwa tanggal 1 Desember adalah hari kemerdekaan negara papua barat, menurut Ali Kabiay yang merupakan ketua Pemuda Adat Wilayah Saireri , sebenarnya sejarah perjuangan politik papua merdeka sudah selesai dan sudah tidak relevan di zaman sekarang.

” Saya melihat polemik tanggal 1 Desember adalah sebuah dinamika dalam bernegara , apa lagi sebagian masyarakat papua menyatakan bahwa tanggal 1 Desember adalah hari kemerdekaan negara papua, bagi saya hal tersebut hanya sebuah dinamika karena perjuangan papua merdeka sudah tidak relevan lagi zaman sekarang,” ungkap Ali Kabiay.

“Sudah tidak relevan lagi perjuangan papua merdeka, karena negara – negara di pasifik, eropa dan Amerika lebih fokus mengurus ekonomi dan maraknya varian baru covid – 19 sehingga politik dan dinamika Papua merdeka semakin tenggelam, ” katanya.

Menurut Ali Kabiay masyarakat di dunia internasional sudah mengetahui bahwa tanggal 1 Desember merupakan hari  AIDS sedunia , sehingga isu – isu politik papua merdeka sudah tidak relevan lagi, dan  bulan desember merupakan bulan damai bagi umat kristiani dan umat lainnya di dunia.

“Mari maknai tanggal 1 Desember sebagai hari AIDS sedunia dan tanggal 1 Desember sebagai awal kita memasuki bulan damai mengawali natal , sehingga mari kita jadikan bulan desember sebagai bulan damai untuk kita sama – sama mengintropkesi diri agar menjadi lebih baik lagi, dan saya pikir masyarakat di papua sudah cerdas dan bisa menyikapi setiap dinamika dengan lebih bermoral dan beretika, sehingga kita bisa bersama- sama bersatu untuk menjaga tanah Papua menjadi lebih baik, khususnya di kabupaten Nabire yang sangat kita cintai ini ,” ungkap Ali Kabiay. (Redaksi)

Loading

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id