BeritaBudayaDaerahDuniaEventHukumInvestigasiNasionalOlahragaOtomotifPolriSosialTNI

KAPOLDA PAPUA Jadilah Polisi Yang Melayani Masyrakat Dengan Baik Dan Utamakan Pendekatan Kebudayaan Di Papua

Share

Busurnabire.id  _Jayapura – Pada hari Kamis tanggal 24 Juni 2021, bertempat di Aula Elsama Numberi SPN Polda Papua Jalan Tanjung Ria Kota Jayapura telah dilaksanakan Pembekalan oleh Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.IK kepada 601 siswa Diktuk Bintara Polri T.A 2020/2021 SPN Polda Papua.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolda Papua Brigjen Pol Dr. Eko Rudi Sudarto S.IK, M.Si didampingi Pejabat Uatama Polda Papua. Dalam sambutannya Ka SPN Polda Papua mengucapkan terimakasih kepada Kapolda Papua yang berkenan menghadiri pembekalan pada malam hari ini yang mana senin besok akan dilakukan upacara penutupan pendidikan.

Dapat kami laporkan bahwa pada tanggal 17 November 2020 dilaksanakan pembukaan pendidikan Bintara Polri T.A 2020/2021, selanjutnya pada tanggal 18 Desember 2020 dilakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dari rumah masing-masing sampai dengan bulan Maret 2021 sesuai petunjuk dari Kalemdiklat Polri.

Siswa yang berasal dari pegunungan Papua tidak kami ikutkan PJJ karena terhambat masalah jaringan dan situasi yang ada, sehingga sebanyak 526 siswa yang melakukan PJJ. Pada tanggal 20 April 2021, siswa kembali melanjutkan pendidikan tatap muka di SPN Polda Papua sesuai arahan Kalemdiklat Polri.

Sebanyak 601 siswa yang dididik di SPN Polda Papua dalam keadaan sehat dan rencananya pada hari Senin besok akan dilakukan upacara penutupan pendidikan secara virtual oleh para tamu undangan khsususnya orang tua sesuai petunjuk dari Kalemdiklat Polri.

Dalam amanatnya kepada Siswa Bintara Polri TA 2020/2021 SPN Polda Papua Kapolda Papua mengatakan, sebagai Kapolda saya sangat bangga dengan kalian, karena saya tahu persis bagaimana proses kalian dari pemuda-pemuda tanah Papua dan harus dipilih yang terbaik.

Para bintara adalah etalase terdepan daripada citra Polri di tanah Papua dan nantinya akan berdinas di Papua dan Papua Barat sehingga baik buruknya pelayanan Kepolisian ada di pundak kalian. Kalian nantinya akan berdinas dengan melayani masyarakat yang merupakan teman kalian, sahabat kalian, keluarga kalian. Dan kalian sudah dididik disini selama 7 bulan jadi nanti harus bisa jadi teladan untuk penegakan hukum dengan cara-cara yang ada di Papua dan Papua Barat.

Kalian adalah contoh pertama Polda Papua dan Papua Barat menggelorakan Bintara Noken. Jadi saya berpesan agar menjadi anggota Polri yang baik, pelayan masyarakat yang baik. Tunjukan perubahan kalian dari masyarakat menjadi anggota Polri yang baik dan menegakkan hukum dengan benar sesuai adat istiadat yang ada di Papua.

Tanamkan selalu rasa syukur, karena kalianlah yang terpilih menjadi Polisi ditanah Papua. Bersyukurlah kalian 7 bulan sudah dilantik menjadi anggota Polri dan sudah mendapat gaji. Pesan saya jadilah anggota Polri yang baik dan benar.

Jangan berhenti belajar, karena ilmu disini hanyalah setitik dari ilmu Polri seluruhnya. Kalian nanti akan berdinas dengan banyak keunikan dan kalian harus lakukan berbagai metode salah satunya adalah dengan pendekatan kultur dan pendekatan kekerabatan khususnya yang orang asli Papua, meskipun nantinya akan ada yang berseberangan.

Kami menjadikan kalian Bintara Noken agar kalian bisa mengabdi sampai pensiun di tanah Papua. Waktu berjalan terus dan kalian telah ditunggu oleh keluarga besar. 100 siswa yang dilantik nanti akan di Brimobkan. Semoga yang kalian dapat disini bisa menjadi bekal untuk pelaksanaan tugas nanti.

Kegiatan dilanjutkan tanya jawab oleh Siswa SPN Polda Papua kepada Kapolda. Pertanyaan dari siswa an. Riki Baransano yakni terkait pengalaman kenaikan pangkat dengan cepat terlebih bapak jenderal adalah orang asli Papua.

Tanggapan Kapolda Papua yakni jadilah Polisi yang baik, kerja keras, kerja jujur, sesuai alkitab jika bekerja jujur akan mendapat tanda heran 1 ke tanda heran lainya. Itu tidak hanya berlaku untuk kita tapi untuk kalian semua. Saya pesan jangan sombong karena rancangan Tuhan akan lebih indah.(Red)

Loading

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id