BeritaDaerahKesehatan

STIKES Persada Nabire Merupakan Satu Satunya Prodi S1 Gizi Di Papua

Share

NEWS.BUSURNABIRE.ID – NABIRE Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Persada Nabire berdiri di bawah naungan Yayasan Pendidikan Persada Nabire yang didirikan pada tanggal 27 November 2012. Merupakan satu satunya Prodi S1 Gizi Di Papua dengan Surat Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi  Nomor 220/KPT/I/2019 dengan akreditasi B (Baik).

Ketua Yayasan Persada Nabire Adi Hilardi,S.Kom.,MT.,MM mengatakan Yayasan Pendidikan Persada Nabire yang membawahi langsung Sekolah stikes persada Nabire. Yayasan Persada Nabire berdiri Pada Tahun 2012 sedangkan Stikes Persada Nabire berdiri pada tahun 2019.

“Stikes Persada Nabire adalah satu satunya Prodi S1 Gizi yang ada di papua sebelumya Yayasan Pendidikan Persada Nabire telah mengajukan 3 Program Studi untuk dibuka Prodi S1 Gizi, Prodi D III Analis Kesehatan dan Prodi D III Rekam medik. Pengajuan tersebut dimulai dari Tahun 2015, dan terus saja dilakukan revisi dan dimintai perbaikan dokumen oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) terkendala pada sumber daya manusia untuk pembukaan 3 prodi tersebut.Sampai pada akhirnya Yayasan Pendidikan Persada Nabire berfokus pada pengajuan 1 Program studi saja yakni S1 Gizi. Merupakan satu satunya Prodi S1 Gizi Di Propinsi Papua dengan Surat Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi  Nomor 220/KPT/I/2019 dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes),”imbuhnya.

Adi juga menyampaikan STIKES Persada Nabire khususnya Program Studi S1 Gizi diharapkan dapat menjadi ujung tombak perbaikan gizi di tanah papua.Mengingat banyaknya kasus dan permasalahan gizi yang terjadi pada masyarakat khususnya kita di Nabire Papua Tengah.

 

“Stikes Nabire memberikan program pembelajaran S1 Gizi,dan sudah ber Akreditasi B (Baik) yang di Akreditasi langsung oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes).Tahun 2024 ini akan dibuka penambahakan prodi Administarsi Kesehatan, yang sudah siap dengan dosen pembimbing dengan jumlah dosen semua 20 dosen,”

“Hari ini juga adalah Hari bersejarah Stikes Persada Nabire  tahun 2024 ini, Stikes Persada Nabire Wisuda Angkatan pertama sebanyak 15 Mahasiswa/si tahun Akademik 2022/2023 dengan program Pendidikan Sarjana Gizi (S1),”ucap Ketua Yayasan Persada Nabire saat ditemui di acara Wisuda Mahasiswa/si STIKES Persada Nabire Di Aula RRI Nabire Senin26/2/2024 pagi tadi.

Adi membeberkan bahwa Kampus Stikes Persada Nabire sendiri bertempat di jalan Banjarmasin Karang Mulia kampung kalisusu.Dengan mahasiswa/si berjumlah 350 orang dan tahun ini akan menerima sekitar 30 mahasiswa/si untuk prodi administasi Kesehatan.

“Ia pun berharap bahwa stikes persada Nabire ini dapat membentuk orang orang yang memang mahir dalam program studi yang mereka pilih seperti prodi Gizi dan juga administrasi kesehatan nantinya.Agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kehidupan serta ilmu yang di dapat bisa di aplikasikan kemasyarakat agar tarap gizi Kabupaten Nabire lebih baik. Tahun ini kita juga akan menerima mahasiswa baru dengan prodi tambahan administarsi Kesehatan yang dengan persyaratan seperti biasa dengan kampus kampus lain, baik itu Ijazah SMA sederajat,SKCK dan lain lain.”Ucapnya

Adi menambahkan Yayasan Persada Nabire mempunyai Visi Mejadi Perguruan Tinggi Ilmu Kesehatan yang unggul dalam menghasilkan IPTEK dan lulusan professional berbasis kearifan lokal pada Tahun 2024

“Misi Kita Menyelenggarakan pendidikan ilmu kesehatan berkualitas dengan tata kelola menajemen professional.Melaksanakan pengembangan ilmu teknologi yang berkontribusi terhadap kesehatan masyarakat.Mengembangkan penyelenggaraan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan teknologi tepat guna sesuai permasalahan kesehatan masyarakat.

“Menjalin kerjasama dengan berbagai institusi dalam dan luar negeri untuk pengembangan IPTEK Kesehatan serta Mejadi Perguruan Tinggi Ilmu Kesehatan yang unggul dalam menghasilkan IPTEK dan lulusan professional berbasis kearifan lokal pada Tahun 2024,”ungkapnya

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id