BeritaDaerah

Di Resmikan 300 PJUTS Oleh Kementrian ESDM Aspirasi Marthen Douw Anggota DPR RI Komisi VII

Share
Kasubdit Ditjen EBTKE menyampaikan Apresiasi atas segala dukungan dari Bapak Marten Douw dan pemerintah Kabupten Nabire (Faisal Nompo)
Kasubdit Ditjen EBTKE menyampaikan Apresiasi atas segala dukungan dari Bapak Marten Douw dan pemerintah Kabupten Nabire (Faisal Nompo)

NEWS.BUSURNABIRE.ID – NABIRE. Bertempat di Aula RRI Nabire jln merdeka Nabire papua tengah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi (EBTKE). Meresmikan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) kepada Pemerintah kabupten Nabire Papua Tengah Selasa 32/1/2024.

Kementerian ESDM Resmikan 300 PJUTS Kabupaten Nabire (Faisal Nompo)

Peresmian tersebut dilakukan penguntingan Pita secara simbolis, oleh Kasubdit Pengawasan Pembangunan Direktorat Perencanan dan Pembangunan Infrastruktur EBTKE, Agung Feinuddin. Didampingi  Bupati Nabire yang di wakilkan Kepala Bappeda Nabire Dr. H. Mukayat, S.Pd.

Kasubdit Pengawasan Pembangunan Direktorat Perencanan dan Pembangunan Infrastruktur EBTKE, Agung Feinuddin
Kasubdit Pengawasan Pembangunan Direktorat Perencanan dan Pembangunan Infrastruktur EBTKE, Agung Feinuddin

Dalam penguntingan pita turut Serta Perwakilan Tenaga Ahli Komisi VII DPR RI ,Kadis Perhubungan kab Nabire, perwakilan penerima manfaat PJU TS yang dilakukan serentak dalam penguntingan pita di depan para undangan yang hadir.

Adapun kegiatan tersebut dengan serangkaian susunan acara, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Lagu Tanah Papua, Doa, Sambutan serta Tarian Etnis Papua ,Penyerahan Miniatur PJU-TS.

Kementerian ESDM Resmikan 300 PJUTS Kabupaten Nabire
Kementerian ESDM Resmikan 300 PJUTS Kabupaten Nabire

Kasubdit Pengawasan Pembangunan Direktorat Perencanan dan Pembangunan Infrastruktur EBTKE, Agung Feinuddin mengatakan dalam amanatnya. Ini adalah pemanfaatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (ABPN) harus di rasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat terutama papua Tengah Khususnya Kab Nabire.

“Kementrian ESDM melalui Aspirasi Komisi VII DPR RI Bapak Marthen Douw dengan dukungan pemerintah Kab Nabire. Berkomitmen untuk menjalankan berbagai program kegiatan yang bermanfaat bagi Masyarakat. Utamanya pemanfaatn energi surya untuk penerangan jalan melalui program pemasangan PJU- TS di kab Nabire. Ini sebagai salah satu Solusi efiensi tenaga Listrik untuk penerangan yang di fokuskan pada jalan pedesaan,Utamanya yang sulut di jangkau Jaringan PLN.” Bebernya.

Kasubdit Ditjen EBTKE mengatakan ini salah satu langkah pemerintah sebagai upaya pengurangan emisi gas rumah kaca. Melalui pemanfaatan energi bersih, yang minim emisi dan ramah lingkungan untuk mencapai target Net Zero Emission (NZE) tahun 2060 atau lebih cepat.

Kasubdit Ditjen EBTKE menyampaikan Apresiasi atas segala dukungan dari Bapak Marten Douw dan pemerintah Kabupten Nabire. pemasangan PJU TS pada tahun 2023 telah terlaksana dan sterpasang dengan baik tanpa ada kendala.

“Sampai dengan tahun 2023, Kementrian ESDM dengan dukungan aspirasi anggota Komisi VII DPR RI Marten Douw Telah memasang sekitar 300 unit PJU-TS di kabupaten Nabire. Semoga dengan adanya pemasangan PJUTS ini dapat memberikan manfaat dan membantu Masyarakat agar pengembangan perekonomian dapat berjalan dengan lebih cepat.Ia berharap PJU TS yang telah terpasang dapat di jaga bersama oleh masyarakat, Agar manfaatnya dapat dirasakan dalam jangka waktu yang Panjang.”Ungkapnya

Salah satu perwakilan dari penerima manfaat PJUTS ibu Paula Sawaki
Salah satu perwakilan dari penerima manfaat PJUTS ibu Paula Sawaki

Salah satu perwakilan dari penerima manfaat PJUTS ibu Paula Sawaki yang bertempat tinggal di Nabarua. Mengatakan  dulu tempat kami gelap, banyak anak anak itu muncul disaat jam kecil ( 1atau2) entah anak dari mana.

“Mereka jadikan tempat minum Minuman keras (Miras), Disaat adanya lampu PJUTS ini mereka sudah tidak pernah lagi muncul kerena dari jauh pun warga bisa pantau aktifitas mereka.”Ucapnya.

Ibu Paula sawaki mengucapkan terima kasih banyak Bapak Marten Douw Anggota DPR RI komisi VII. Telah memperjuangkan aspirasi kami dengan pemasangan PJUTS di wilayah Kabupaten Nabire Papua Tengah. “Terima kasih Pula untuk Kementrian ESDM Plt Direktur Jendral EBTKE Bapak Ir. Jisman P.Hutajulu.M.M. yang telah menfasilitasi pemasangan PJUTS di kabupaten Nabire “Imbuhnya.

Marthen Douw Anggota DPR RI Komisi VII dengan padatnya kesibukan dan masih berada di luar Nabire.  Memberikan sambutannya melalui Audio live Streming di depan para undangan dan penerima manfaat PJU TS yang hadir.Salah satu Kerinduan terbesar kami adalah Papua Terang, karena seperti yang kita ketahui bahwa papua adalah bagian ujung timur tempat matahari terbit yang mana terang pertama di sini,di Papua. Memulai Pengusulan Kami, PJU-TS Tahun 2019,2020,2022 dan 2023 dengan pengusulan di titik di Kabupaten Nabire.

Marthen Douw Anggota DPR RI Komisi VII
Marthen Douw Anggota DPR RI Komisi VII

Marthen mengatakan Dengan Anugrah Tuhan, Aspirasi dari masyarakat Nabire demi terwujudnya Nabire terang.Membawah aspira ini untuk di dengar oleh pemerintah pusat dalam hal ini lewat kementrian Energi dan sumber daya mineral.

“Terkhusus Pengusulan Kabupaten nabire, data awal yang kami usulkan pada tahun 2023 adalah sebesar 1.000 titik PJU-TS data tersebut kami usulkan di kabupaten nabire. Dengan Penetapan sebanyak 300 titik PJU-TS dengan rincian Distrik Nabire 100 titik,Teluk Kimi 50 titik,Nabire Barat 50 titik,Wanggar 50 titik dan Makimi 50 titik.”Jelas Marthen Douw.

Anggota DPR RI Komisi VII Marthen Douw menyampaikan dengan Perbandingan data usulan dan data yang kami terima mempunyai selisih. Dengan Penetapan sebanyak 300 titik PJU-TS saja ke depan kami meminta untuk kuotanya di tambahkan .Hari ini masyarakat di luar distrik Nabire dapat merasakan penerangan di jalan umum, masyarakat di pulau-pulau sudah terang, di pelosok pelosok Nabire yang dulunya pada jalan jalan umum gelap sekarang sudah terang. Dengan Aspirasi ini Setidaknya hari ini di kabupaten Nabire  sudah terang dan masyarakat dapat merasakan kenyamanan pada saat berkendaraan pada malam hari.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini juga kami penyampaikan kalau bisa kuota PJUTS untuk tahap berikutnya kalau bisa di tambah dan harapan kami pemasangan PJUT-TS masih tetap terlaksana pada tahun-tahun yang akan datang.” Ungkapnya

Marthen menjelaskan Listrik bukan hanya memberikan penerangan,tapi listrik juga memberikan kesempatan bagi rakyat untuk merasa Pembangunan. Ini dirasakan merata bagi penduduk di Papua Tengah untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

“Malam hari masyarakat bisa aman, para pengusaha dapat menjalankan aktifitas malam hari, bapak ibu petani dapat pulang dengan penerangan di jalan sudah ada, dan masi banyak lagi manfaat dari Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya ini.”Imbuh Anggota DPR RI komisi VII.

Marthen Douw berharap kepada masyarakat Nabire agar dapat bersama-sama menjaga dan merawat lampu jalan umum tenaga surya. Kami anggota DPR-RI Komisi Tujuh bergandeng tangan dengan Pemerintah akan terus mendorong PJUTS ini demi Papua Terang.

“Tidak Lupa Saya Ucapkan Selamat Merayakan HUT perkabaran injil di tanah Papua pada taggal  5 Feb 2024.” Imbunya.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id