BeritaDaerahNabireProvinsi Papua Tengah

Pekan UMKM HORI ke 77 sukses dilaksanakan KPPN Nabire

Share
PJ Gubernur Papua Tengah Dr. Ribka Haluk, S.Sos., M.M pemotongan pita resminya dibuka Pekan UMKM HORI ke 77 KPPN Nabire

NEWS.BUSURNABIRE.ID – NABIRE. Bertempat di Kantor KPPN Jalan Merdeka Nabire Papua Tengah di laksanakan Pekan Kegiatan UMKM  memperingati HORI ke 77. Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) yang ke 77 dengan Tema “Kementrian Keuangan Melayani Lebih Baik” selasa 07/11/2023.

Sejumlah tokoh penting hadir, termasuk Kakanwil DJPb Provinsi Papua, Moudy Hermawan, dan Pj. Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk. Acara ini juga dihadiri oleh Kepala KPPN Nabire, Dede Damang, Anggota Perwakilan BPP Provinsi Papua Tengah, Pietrus Waine, Kepala KPP Pratama Biak, Calvin Oto Pangaribuan, Kepala KPPBC Biak, Bambang Parwanto, pengawas dilingkup keuangan, para peserta Pekan UMKM HORI ke-77, dan para tamu undangan.

Kepala KPPN Nabire Dede Daman SE, juga sebagai ketua panitia menyampaikan  laporannya kegiatan UMKM hari ini di laksnakan. Dalam rangka memperingati Hari Oeang Republic Indonesia (HORI) yang ke 77 dengan tema Kementrian Keuangan Melayani lebih baik.

Sebagai implentasi kanwil DJPB Provinsi Papua dan KPPN Nabire selaku Regional Chief Ekonomis berbasis kewilayahan meningkatkan daya saing pelaku UMKM. Dalam pencapean misi percepatan Pembangunan papua produktif, Kegiatan UMKM hari ini di ikuti oleh 23 UMKM dari binaan mitra kerja KPPN Nabire.”Ucap Dede

Kepala KPPN Nabire juga menjelaskan “ada pun yang mengikuti UMKM hari ini Bank BRI Nabire sebanyak 5 UMKM, bank Papua Nabire 2 UMKM, Bank Mandiri 2 UMKM, Dinas Kopersasi UMKM sebanyak 5 UMKM, Pengadaian Nabire 1 UMKM, hasil penjaringan 9 UMKM. Disamping itu menghadirkan juga Prum Bulog nabire dengan bazarsembako murah,”

Kepala KPPN Nabire Dede Daman SE menyampaikan sambutan Pekan UMKM HORI ke 77

Lanjut mengatakan “Sebagai bentuk dukungan nyata terhadap pencapean misi rencana induk percepatan papua sehat juga dilaksanakan pemeriksaan Kesehatan gratis dengan kerja sama Puskesmas karang mulia sedangkan dengan mendukung percepatan papua cerdas KPPN Nabire mendonasikan buku kepada komunitas Korowa membaca (Ko’membaca).”Ucap Dede.

Dede Daman selaku kepala KPPN  melaporkan menyelenggarakan seminar UMKM yang diikuti para pelaku UMKM dan Mahasiswa Universitas Satya Wiata Mandala nabire . Lomba cerdas cermat tingkat SLTA yang menghadirkan 3 Finalis SMA 1, SMA 3, dan SMA YPPK Adhi Luhur nabire.

menyerahkan sumbanagn buku bacaan komunitas korowa

“Ada pun yang kami laporkan bahwa pada bulan oktober 2023 yang lalu  SMA YPPK Adhi Luhur Nabire atas Bimbingan KPPN Nabire masuk 10 besar finalis lomba bedah buku data APBD tingkat nasional yang finalnya dilaksnakan pada tanggal 18 -19 oktober 2023 yang lalu. Dengan keluar juara Harapan 3 dari 1038 peserta se Indonesia, Ini adalah pencapaian yang sangat bagus dan telah mengharumkan nama Papua Tengah. Dengan meningkatkan Kreatifitas Masyarakat juga dilaksanakan Lomba Foto serta FUN Mobile Legent ,”Tutup Sambutan Dede Daman SE juga selaku ketua Panitia Pekan Usaha Mikro Kecil Dan Menegah (UMKM) Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) ke 77.

Sambutan PJ gubernur papua Tengah Dr. Ribka Haluk, S.Sos., M.M. sekaligus menggunting Pita menandakan telah dibukanya Pekan UKMK HORI ke 77. Disaksikan kepala BRI,Bank Papua, Bank Mandiri, Kakanwil DJPb Provinsi Papua,Pengadaian Nabire,Bulog nabire serta tamu undangan.

PJ Gubernur Papua Tengah  Dr. Ribka Haluk, S.Sos., M.M  memberikan Sambutan 
 Pekan UMKM HORI ke 77 KPPN NabirePeran UMKM sangat penting bagi perekonomian suatu bangsa, merekalah urat nadi, perekonomian Indonesia dan Papua Tengah pada khususnya. Dukungan pemerintah bagi UMKM sangat beragam dan terus digiatkan setiap tahun. Ucap PJ Gubernur Papua Tengah.

Ribka Haluk juga mengatakan Kita ingat sejak pandemic Covid-19 melanda, Pemerintah meluncurkan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) guna mendukung UMKM Kembali bangkit. Sektor informal dan UMKM mendapatkan tekanan hebat pada masa itu dan kita bersyukur bahwa bencana tersebut sudah berlalu.

“Selain dukungan pendanaan kredit murah, Pemerintah juga terus berupaya mendorong para pelaku UMKM untuk on board ke platform digital melalui Program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). dimana hingga akhir 2020 sudah terdapat 11,7 juta UMKM on boarding dan mendorong perluasan ekspor produk,”Ucap Ribka Haluk

Lanjut mengatakan “Dari 64,19 juta UMKM di Indonesia, sebanyak 64,13 juta masih merupakan UMKM yang masih berada di sektor informal sehingga perlu didorong untuk bertransformasi ke sektor formal. Dukungan terkait perizinan dilakukan melalui UU Cipta Kerja yang telah disahkan pada tahun 2020 untuk memberikan kemudahan, pelindungan, dan pemberdayaan UMKM.”

Seiring perkembangan teknologi, era globalisasi maka strategi kunci untuk mendorong UMKM terus berkembang adalah menciptakan inovasi dan bersinergi. Kita menghadapi tantangan ekonomi yang begitu dinamis, sehingga tidak ada jalan lain bagi kita kecuali untuk Bekerja, Bersatu dan Bersinergi. Inovasi produk harus dilakukan untuk tetap meraih pangsa pasar dan mampu memenuhi kebutuhan pasar. Kami selaku Pemerintah terus berkomitmen untuk membantu UMKM dengan beragam kebijakan dan program sinergi antara Pemerintah Pusat, Pemda, Perbankan, Perusahaan dan semua pihak yang berkepentingan agar UMKM kita mampu menjadi tuan di rumah sendiri.

Ribka Haluk berharap “Dengan semangat memperingati HORI ke-77, sebagai wujud kedaulatan dan simbol kebanggan kita bersama, mari terus kita tumbuhkan rasa bangga dan cinta dengan memakai produk-produk UMKM kita yang terbukti unggul dan tidak kalah dengan produk-produk negara lainnya.”Harap PJ Gubernur Papua Tengah.

PJ Gubernur Papua Tengah mengunjungi UMKM

Dilanjutkan pengguntingan Pita oleh ibu Dr. Ribka Haluk, S.Sos., M.M. menandakan Pekan UMKM HORI ke 77 resmi di buka. PJ gubernur papua Tengah mengunjungi Stand Stand UMKM yang ada di halaman KPPN Nabire didampingi para undangan.

Berbagai kegiatan menarik turut dilangsungkan dalam acara ini, seperti Bazar UMKM, Pasar Murah Sembako, Senam Sehat, Donasi Buku, dan Hiburan Lomba seperti Cerdas Cermas dan Fun Games. Seminar UMKM juga menjadi bagian penting dalam acara ini, membahas kiat merintis usaha sejak dini, prosedur perijinan usaha (NIB), serta sosialisasi Pembiayaan KUR.

Lomba Cerdas Cermat APBN, Gelinding Bola, dan Fun Games juga diadakan, melibatkan peserta dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk Kemenkeu Satu Papua, para UMKM, Pemda, perbankan, Satuan Kerja, SKPD, Universitas, SMA, dan warga umum. Pekan UMKM HORI ke 77 berlangsung lancar dipadati pengunjung hingga sore tadi.(Faisal.Nompo)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id