BeritaDaerahNasional

Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS)“Kapal Pinisi Dan Rumah Tongkonan menghiasi Mobil Hias Kab Nabire

Share

NEWS.BUSURNABIRE.ID – NABIRE. Dalam Rangka memeriahkan HUT RI Ke 78 tahun di kab Nabire sejumlah  Panguyuban mengikuti carnaval mobil ( Mobil Hias) sabtu 19/8/2023.

BPW dan BPD KKSS Nabire provinsi Papua Tengah ikut meramaikan carnaval tersebut dengan menurunkan Mobil Hias berupa Perahu Pinisi ciri has kapal Sulawesi Selatan dan juga beberpa mobil hias berupa rumah tongkonan dan mobil ciri khas adat toraja dari Ikatan Kerukunan Toraja kab nabire.

Antusias Masyarakat nabire memenuhi sepanjang jalan menyaksikan Carnaval mobil (mobil Hias) dari star kodim 1705 nabire  rute perjalann jalan Merdeka jalan pepera depan bandara jalan sisimangaraja  belok lampu merah kearah jalan Yos Sudarso hingga finis di taman Gizi kab nabire.

Ketua DPW KKSS Provinsi Papua Tengah Amirullah Hasyim  mengatakan terima kasih untuk warga KKSS kab nabire sudah berpartisipasi dalam rangka memeriahkan Hari kemerdekaan Indonesia yang ke 78 tahun,

Saya bangga sekali melihat warga kita Sulawesi Selatan ikut dalam carnaval ini tadi kita liat dari BPW  KKSS provinsi papua Tengah dan BPD KKSS kab nabire menghias  Replica kapal Pinisi dan juga dari Ikatan Tanah Toraja Kab Nabire (IKT) turun dengan kendaraan Replika rumah tongkonan dan beberapa mobil hiasan ciri khas tanah toraja.”Ucapnya.

Budaya kita Sulawesi Selatan harus kita lestarikan walau pun kita di tanah Rantau agar anak cucu kita nanti dapat mengenal kebudayaan kita warga Sulawesi Selatan di kab nabire.”tegas amirullah.

Amirullah Hasyim menambahkan di mobil hias kapal Pinisi tadi kita juga tempatkan beberpa ibu ibu warga Sulawesi Selatan dengan kostum adat sulsel dan ciri khas papua. Sedangkan di mobil hias Ikatan Tanah Toraja (IKT) tadi selain Replika rumah tongkonan  juga Hiasan ciri has tanah toraja dan beberpa warga Tanah Toraja berpakaian adat dan menampilkan tarian khas toraja. Semoga tahun tahun berikutnya kita bisa ikut berpartisipasi lagi dan lebih kompak serta meriah. ini  Sebagai bentuk bahwa kita warga perantau Sulawesi Selatan  ada di nabire.

Kita buat replica kapal pinisi ini hanya tiga hari itu pun agak lambat di karena kan cuaca yang sering hujan tapi alhamdulillah semua bisa selesai dan kita ikut berpartisipasi dengan nomor undian 01 tadi . dan sy sebagai kerua BPW KKSS provinsi Papua tengah membawa (supir) sendiri mobil hias kita saya didepan di dampingi ketua IPSS Kab Nabire. Yusuf ledeng.

Burhanuddin Pawennari sebagai Ketua BPD KKSS Kab Nabire juga mengatakan ini keikut sertaan dan partisipasi mengikuti kegiatan Karnaval kendaraan hias ini adalah sebagai bentuk rasa syukur di HUT RI ke 78 dan kecintaan warga KKSS Kab Nabire kepada tanah air, bangsa dan negara. Dalam rangka HUT RI Ke 78 tahun,

saya mengucapkan terima kasih ketua ketua BPW KKSS Prov Papua Tengah Amirullah Hasyim yang sudah berinisiatif mengajak masyarakat untuk membuat replica kapal phinisi sebagai kapal ciri khas dan kebanggaan warga Sulawesi Selatan. Dan terima kasih kepada Ketua Pilar Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Kab Nabire Yulius Pasang yang sudah mengajak warganya untuk ikut berpartisipasi dalam carnaval kendaraan ini ini. “tutup Burhanuddin (Faisal.Nompo)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id