BeritaDaerahSosial

Ismail Djamaluddin Wakil Bupati Nabire Membuka kegiatan Coaching Clinic Program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu

Share

NEWS.BUSURNABIRE.ID – NABIRE. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Tertinggal melaksanakan kegiatan Program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu Tahun 2023 Kegiatan dilakukan selama 3(Tiga) hari dari tanggal 25-28 juni 2023 yang dilaksanakan di Audoturium LPP RRI Nabire Papua tengah Sabtu 24/6/2023 siang tadi.

Kegiatan Tersebut di hadiri Bapak Yasin, Koordinator Pelaksana Program TEKAD wilayah Nabire,.Ibu Gilar, Ketua Tim Peningkatan Kapasitas di tingkat Desa., Tim Kementerian Desa, Pembagunan Daerah Tertinggal, dan Tertinggal, Kepala Dinas PMK Pelimon Madai., Kepala Bappeda Mukayyat,. Kepala Bidang Sosial Budaya di Bappeda Marten George dan para peserta undangan.

Laporan Pelaksanaan TEKAD Oleh Perwakilan Project Manager TEKAD M. Yasin menyampaikan Program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD) merupakan program yang memiliki fokus utama untuk memberdayakan masyarakat desa agar dapat berkontribusi dalam pertumbuhan  inklusif di desa. Program ini dilakukan berdasarkan kolaborasi antara Pemerintah Indonesia dengan Lembaga International Fund for Agriculture Development (IFAD) untuk mengembangkan ekonomi secara partisipatif sebagai wujud dari implementasi UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

M.Yasin mengatakan Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2022, status desa mandiri sudah melampaui target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2024. Program TEKAD diharapkan mampu mendorong percepatan pembangunan ekonomi desa di wilayah Timur Indonesia agar status desa dapat meningkat menjadi mandiri maupun berkembang. Kegiatan Coaching Clinic ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas bagi Kepala desa, Kader Desa, dan Ketua Lembaga Ekonomi Desa agar dapat terlibat dalam perencanaan dan pemantauan desa dan memfasilitasi partisipasi masyarakat luas.” Program TEKAD harus dilaksanakan berdasarkan data mikro yang dimiliki desa agar program ini berjalan tepat sasaran hingga dapat berkontribusi signifikan untuk kesejahteraan masyarakat desa, dan peningkatan ekonomi desa.

Koordinator Pelaksana Program TEKAD wilayah Nabire dalam sambutannya Diperlukan komitmen dan peran aktif dari Pemerintah Pusat, Daerah, hingga Desa untuk mendukung keberhasilan program ini guna mendukung percepatan pencapaian tujuan-tujuan SDGs Desa, mulai dari terwujudnya Desa Tanpa Kemiskinan dan Kelaparan, Desa Ekonomi Tumbuh Merata, Desa Berjejaring, dan Desa Tanggap Budaya. Hal yang diharapkan dari kegiatan Coaching Clinic ini adalah Kepala Desa, Kader Desa, dan Kepala Lembaga Ekonomi Desa mampu memahami tugasnya dalam program TEKAD, mampu menyebarluaskan program TEKAD, dan melakukan pendampingan kepada masyarakat desa sesuai kerangka program TEKAD.”Ucap M.Nasir.

M.Nasir Koordinator Pelaksana Program TEKAD wilayah Nabire menjelaskan Kegiatan Coaching Clinic ini diikuti oleh peserta dari Kabupaten Nabire sebanyak 30 orang dan peserta dari Kabupaten Dogiyai sebanyak 60 orang. ‘Kegiatan dilakukan selama 5 (lima) hari dari tanggal 25-28 juni 2023, Acara Pembukaan dilaksanakan di Aula LPP RRI Nabire, Dan selanjutnya dilaksanakan di ruang kelas yang terbagi menjadi 3 Kelas, menggunkan Ruang Di hotel Mahavira dan Hotel Karya Papua.

Wakil Bupati Nabire Ismail Djamaluddin membacakan sambutan Dalam kegiatan Program Transformasi Ekonomi kampung Terpadu tahun 2023 sekaligus membuka Resmi ,

Dalam Sambutannya mengatakan atas Nama Pemerintah Kabupaten Nabire, Saya Menyampaikan Selamat Datang Kepada Bapak Direktur Pengembangan Produk Unggulan Desa Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi, Kementerian Desa, PDT & Transmigrasi RI Beserta Rombongan Di Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tengah. Semoga Dengan Kehadiran Bapak Direktur Dan Rombongan Saat Ini Dapat

Menjadi Langkah Awal Yang Nyata Untuk Meningkatkan Komitmen Kita Bersama Terkait Peningkatan Kapasitas Para Kepala Kampung, Kader Kampung Dan Aparat Kampung Yang Akan Berdampak Nantinya Terhadap Kemajuan Dan Kemandirian Kampung.

Pemerintah Kabupaten Nabire Tentunya Sangat Berterima Kasih Dan Menyambut Baik Pelaksanaan Program Tekad Kementerian Desa,Pdt Dan Transmigrasi Republik Indonesia Hari Ini, Dikarenakan Program Ini Menjadi Salah Satu Jawaban Untuk Bagaimana Kedepannya Nanti Para Kepala Kampung Lebih Jelih Untuk Melihat Dan Memberdayakan Potensi – Potensi Maupun Aktor – Aktor Serta Menjadi Pionir Untuk Menyebar luaskan Program Tekad Di Wilayahnya. Desa Atau Kampung Merupakan Susunan Pemerintahan Terkecil Yang Berkaitan Langsung Dengan Masyarakat, Sehingga Pemerintah Kampung Yang Merupakan Garda Terdepan Pemerintah Harus Mampu Menunjukan Marwah Dan Wajah Pemerintah Kepada Masyarakat Melalui Program Kerja Nyata Dan Tepat Sasaran Yang Menjawab Kebutuhan Masyarakat Kampung Secara Menyeluruh Dan Bukan Kepentingan Pribadi Maupun Golongan Tertentu.

RPJMN 2020 – 2024 Yang Memuat 5 Program Prioritas Nasional Dimana Program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu / Tekad Akan Memfasilitasi Sejumlah Kampung Untuk Menjadi Penggerak Dalam Mempercepat Pembangunan Ekonomi Desa/Kampung Dl Daerah Tertinggal, Sehingga Pemerintah Kampung Akan Menjadi Penggerak Untuk Menentukan Arah Dan Perkembangan Kampung Kedepannya Serta Berdampak Pula Pada Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Masyarakat Kampung.

Berkenaan Dengan Hal Tersebut, Maka Melalui Kesempatan İni Saya Menghimbau Kepada Para Kepala-Kepala Kampung Dan Perangkat Kampung Yang Turut Mengambil Bagian Dalam Kegiatan İni, Agar Mengikuti Kegiatan İni Dengan Serius Dan Fokus Serta Berperan Aktif Dalam Memperoleh Pengetahuan Dari Para Narasumber Hari Ini Sehingga Materi Yang Diperoleh Nantinya Dapat Dipahami Dan Direalisasikan Ketika Saudara-Saudara Kembali Ke Kampung Nantinya.

Saya Juga Menyampaikan Terima Kasih Dan Apresiasi Yang Setinggi – Tingginya Kepada Semua Pihak Yang Telah Menyelenggarakan Dan Mensukseskan Kegiatan Ini Baik Dari Pemerintah Pusat Dalam Hal Ini Direktorat Jenderal Pengembangan Ekonomi Dan Investigfasi Desa, Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi, Maupun Pemerintah Daerah Provinsi Papua Tengah, Dan Semoga Kegiatan Ini Menjadi Iangkah Awal Bagi Kita Untuk Berkomitmen Terhadap Kemajuan Pemerintah Kampung Yang Akan Berdampak Terhadap Kesejahteraan Dan Kemandirian Kampung Nantinya, Serta Secara Bertahap Dapat Menghapuskan Kategori Daerah Tertinggal Yang Disematkan Pada Sebagian Besar Daerah Di Provinsi Papua Tengah Ini. Akhirnya Dengan Memohon Pertolongan Dan Perkenaan Tuhan Yang Maha Esa Kegiatan Peningkatan Kapasitas bagi Para Kepala  Kampung, Kader Kampung, Dan Kepala Lembaga Ekonomi Kampung Pada Program Tekad, Hari Ini, Sabtu 24 Juni 2023 Secara Resmi Saya Nyatakan Dibuka.

Setelah kegiatan pembukaan dilanjutkan Foto bersama serta kegiatan Coaching Clinic ini diikuti oleh peserta dari Kabupaten Nabire sebanyak 30 orang dan peserta dari Kabupaten Dogiyai sebanyak 60 orang. ‘Kegiatan dilakukan selama 5 (lima) hari dari tanggal 25-28 juni 2023. Kegiatan berlangsung lancar .(Faisal.N)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id