Forkopimda Nabire Gelar Coffe Morning Jelang hasil keputusan 3 Provinsi Baru DiPapua

Share

NEWS.BUSURNABIRE.ID _NABIRE .Jelang hasil keputusan 3 Provinsi Baru DiPapua Forkopimda Kabupaten Nabire Gelar Coffe Morning bersama Tokoh Masyarakat,Tokoh Agama,Tokoh Adat,Tokoh Perempuan dan Tokoh Pemuda dari berbagai perwakilan suku memenuhi ruangan aula Guest House untuk menanti detik-detik keputusan Panja RUU Daerah Otonomi Baru (DOB), yang sedianya pada siang hari ini akan di sah kan oleh DPR RI yang akan di putuskan ibu kota untuk tiga provinsi baru di Papua.Bertempat di Gedung Guest House Jl.Merdeka Nabire,Kamis 30/6/2022.

Dalam acara tersebut Forkopimda dihadiri langsung oleh Bupati Nabire Bapak Mesak Magai S.Sos M.Si , Dandim Nabire, Kapolres Nabire,Kejari Nabire,Kepala Pengadilan Nabire, Wakil ketua DPRD Nabire dan Setda Nabire, menanti detik-detik keputusan Panja RUU Daerah Otonomi Baru (DOB), yang sedianya pada siang hari ini akan di sah kan oleh DPR RI yang akan di putuskan ibu kota untuk tiga provinsi baru di Papua.

Ketiga ibu kota itu adalah Kabupaten Merauke untuk Provinsi Papua Selatan, Kabupaten Nabire untuk Provinsi Papua Tengah, serta Kabupaten Jayawijaya untuk Provinsi Papua Pegunungan.

Bupati Nabire menyampaikan” oleh karena hari ini DPR RI sudah mengesahkan maka kesiapan kita langkah pertama yang kita lakukan adalah persiapan-persiapan kantor Gubernur sementara dan sebagainya.

Dengan demikian  akan mengundang teman-teman DPR sehingga kedepan apakah DPR yang akan kita kasih pindahkan kesini dan kantor DPR itu yang akan di jadikan kantor Gubernur sementara, nanti kami akan koordinasi ini langkah-langkah pertama yang akan lakukan. kemudian selanjutnya juga dalam waktu dekat ini akan undang 6 suku dari pesisir kemudian dan juga 3 suku dari Daerah Gunung di atas ada 9 suku asli disini bagaimana kita orang asli disini menjadi tuan di atas negeri kita, disini kesiapan apa yang akan kita lakukan sebagai orang asli disini saya lakukan langkah-langkah tersebut.”ungkap Mesak.

Untuk  pengisian ASN itu nanti akan dilakukan oleh Provinsi induk, ketika pemerintah Provinsi Papua undang, Untuk limpahkan sebagian ASN dari Kabupaten Nabire ke Provinsi,Bapak Bupati Nabire  dengan Sekretaris Daerah (Setda) kemudian Badan Kepegawaian Daerah disini akan susun dari ASN, berapa nanti yang akan limpahkan ke Provinsi, Bupati Nabire sampaikan kepada masyarakat Kabupaten Nabire saya ucapkan terima kasih banyak atas dukungan kebersamaan kita dukungan doa bahkan saya sampaikan juga kepada tokoh-tokoh sebelumnya yang sudah berjuang untuk Papua Tengah dan Nabire menjadi Ibu Kota ini karya-karya mereka sehingga hari ini ketuk palu Nabire menjadi Ibu Kota Provinsi Papua Tengah, sehingga kami atas nama seluruh masyarakat Nabire juga menyampaikan terima kasih kepada semua tokoh yang turut berjuang”.”Jelas Mesak.

Kegiatan Coffe Morning berjalan dengan baik dan lancar , tak lupa keamanan diluar Gedung Guest House tampak dari pihak personil Kepolisian,personil TNI beserta Satpol PP berjaga hingga selesainya acara tersebut. Dan setelah berita pengesahan RUU DOB di sahkan dan Ibu Kota Provinsi Papua Tengah berada di Nabire acara di akhiri dengan menyayikan lagu Tanah Papua bersama-sama.(FN)

 

 46 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.