BeritaBudayaDaerahDuniaEventHUKUMNasionalSosial

Pengadilan Negeri Nabire Kelas II  Menandatangi MOU Perjanjian  kerjasama dengan Sekolah Luar Biasa (SLB) PETRA NABIRE

Share

Pengadilan Negeri Nabire Kelas II  Menandatangani MOU Perjanjian  kerjasama dengan Sekolah Luar Biasa (SLB) PETRA NABIRE  di Aula Sidang PN Nabire jalan merdeka  Jumat 21 januari 2022.

Kegiatan tersebut di hadiri Kepala Pengadilan Negeri kelas II ,Cita Savitri SH.MH , Wakil ketua Pengadilan Negeri Nabire Rudy Setiawan ,SH. Kepala Sekolah SLB PETRA NABIRE, Yosafat Nawipa,S.Pd serta staf Pengadilan Negeri  Nabire kelas II dan beberapa Guru SLB Petra Nabire.

Kepala Pengadilan Negeri Nabire kelas II ,Cita Savitri SH.MH  Mengatakan kerjasama SLB PETRA NABIRE dalam rangka memenuhi Surat Keputusan Dirjen Badilum Nomor 1692/DJU/SK/PS.00/12/2020 .Bagaimana memberikan akses pelayanan kepada para penyandang disabilitas di situ kami mempedomani apa yang telah diamanahkan oleh SK Dirjen Badilum tersebut. dalam kerjasama ini kami dengan pihak SLB Petra Nabire  akan mengadakan pelatihan-pelatihan bagi aparatur yang ada di Pengadilan Negeri Nabire. untuk Bagaimana menghadapi para penyandang disabilitas yang datang, untuk dipenuhi Pelayanan apa yang menjadi kebutuhan mereka. Dalam kerjasama sama ini juga kami membutuhkan pendampingan dari pihak SLB Petra Nabire Apabila ada penyandang disabilitas yang datang kepada Pengadilan Negeri  Nabire, mereka membutuhkan satu layanan dan kami tidak mengakses itu maka dari pihak SLB dapat langsung memberikan pendampingan kepada kami sehingga dapat memenuhi kebutuhan mereka. Kedepannya para penyandang disabilitas yang datang kepada Pengadilan Negeri NAbire dapat dilayani secara maksimal. Dan inilah yang pertama kali Pengadilan Negeri melaksanakan MOU dengan  SLB PETRA NABIRE.

Cita Savitri SH.MH  Menyampaikan sebagaimana yang telah disampaikan oleh Bapak kepala sekolah SLB Petra Nabire maka dari pihak kepala sekolah dalam memberikan pelajaran atau pelatihan kepada kami maka mereka akan mengakomodir setiap peralatan-peralatan untuk di latih Bagaimana menghadapi para penyandang disabilitas yang dating. Pengadilan Negeri sendiri untuk memenuhi kebutuhan itu ada beberapa hal yang sudah kami lakukan yang pertama itu di dalam website Pengadilan Negeri Nabire itu juga ada namanya koridor di mana ketika penyandang disabilitas mau mengakses informasi di website kami sudah ada aksesnya,kedua dalam Saranaprasarana juga Kami berusaha untuk memenuhi sedikit demi sedikit salah satunya adalah akses untuk kursi roda kemudian RAM kemudian toilet  yang khusus untuk disabilitas, dan kami juga sedang membuat buku atau SOP standar operasional prosedur untuk pelayanan di kepaniteraan dalam bentuk huruf braille sehingga ketika mereka datang langsung dapat mengakses itu.

Kepala Pengadilan Negeri kelas II ,Cita Savitri SH.MH  Mengharapkan  MOU  dilaksanakan selama 1 tahun tapi harapan kami tidak sampai disitu saja dalam artian setiap tahun diperbaharui Kami dapat memperpanjang itu .karena kebutuhan kebutuhan dari penyandang disabilitas ini baik itu yang secara disabilitas yang terbatas secara sensorik secara mental atau intelektual itukan kebutuhan akan berkembang mengikuti perkembangan zaman oleh sebab itu kerjasama ini sangat sangat diperlukan.

Ditempat yang sama Kepala Sekolah SLB PETRA NABIRE, Yosafat Nawipa,S.Pd  Mengatakan Bagaimana supaya kita memajukan berkomunikasi dengan bahasa isyarat karena dari pengadilan ini kita yang hanya berkomunikasi bahasa isyarat.sedangkan untuk Tunanetra ini belum adanya huruf  braille. sehingga kita akan batalkan mugkin lain waktu kedepan kita akan lanjutkan untuk Tunanetranya, jadi kita terfokus dulu bahasa isyarat .

Yosafat Nawipa,S.Pd  mengatakan Untuk perlengkapan di sekolah sebagai kreasi guru ada jadi Bagaimanapun ini tanggung jawab kita bagaimana kita mengangkat komunikasi dengan alat bahasa isyarat bagi mereka yang membutuhkan maupun kita menambah untuk memberikan materi materi sesuai dengan bahasa isyaratnya adanya .

awal kerjasama ini dari pihak Sekolah akan mengadakan rapat untuk mempersiapkan Koordinator yang menangani komunikasi dengan Pihak Pengadilan Negeri Nabire dan persiapkan guru yanga sama sma melakukan kerjasama atau saling belajar bersama.tuturnya

Yosafat Nawipa,S.Pd  mengharapkan kedepan Bagaimana supaya kita menjalin harus kerja sama sehingga Pihak Pengadilan Negeri Nabire tidak mengecewakan dan Pihak Dari SLB PETRA NABIRE  juga tidak mengecewakan harus kerja samanya sangat baik dan  berkomunikasi itu sangat penting . sehingga kita sama-sama memajukan daerah ini dan untuk membangun Nusantara Kita.

(FN/Red)

Loading

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id