BeritaBudayaDaerahDuniaEventHukumInvestigasiNasionalPolriSosialTeknoTNI

KABID HUMAS POLDA PAPUA Sebagai NARASUMBER Sosialisasi Peran BAKOHUMAS Dalam Era Digital Dipropinsi PAPUA

Share

Jayapura – Pada hari Rabu tanggal 23 Juni 2021, bertempat di Kantor Diskominfo Provinsi Papua telah dilaksanakan Sosialisasi Peran Bako Humas Dalam Era Digital di Provinsi Papua.

Hadir sebagai narasumber Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. A.M. Kamal, SH., dan kegiatan dihadiri oleh Ass II Provinsi Papua Dr. Drs. Mohammad Musa’ad, M.Si., Kepala Dinas Kominfo Jeri Agus Yudianto, S.Kom, Waka Pendam Letkol Inf Candra Kurniawan, Para Pimpinan Lembaga Pemerintah, Kepala BUMN/BUMD di Jayapura.

Ass II Provinsi Papua dalam sambutannya mengatakan, dalam mendukung keterbukaan informasi sudah menjadi kewajiban sekaligus sebagai tolak ukur transparansi layanan Pemerintahan, hal ini sesuai dengan yang telah diamanatkan dalam konstitusi Pasal 28F UUD 1945 yang menjelaskan bahwa Negara menjamin hak dalam berkomunikasi dan mendapatkan informasi.

Salah satu wujud perhatian Pemerintah terkait kemudahan untuk akses informasi dikeluarkanlah UU No. 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik dan dalam pelaksanaan amanat tersebut menjadi salah satu kewajiban bagi Humas Pemerintah, maka melalui Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) seharusnya dapat memberikan informasi kepada seluruh lapisan masyarakat dengan berbagai informasi baik tentang apa yang telah, sedang dan akan Pemerintah lakukan.

Inilah pentingnya peran Bakohumas dalam Pemerintahan, terutama dalam menyampaikan informasi seputaran perputaran roda Pemerintahan ke masyarakat terutama dalam mengelolah komunikasi dan informasi Pemerintahan hal inilah menjadikan Humas Pemerintah merupakan ujung tombak dalam menyampaikan program dan kinerja Pemerintah.

Humas sebagai corong atau sumber informasi, yang dituntut kemampuannya dalam menghadapi tantangan dan perubahan zaman yang sangat cepat terutama menghadapi perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi serta berita HOAX yang terus menjadi berita viral di masyarakat dan dalam media sosial.

Adapun maksud dan tujuan digelarnya sosialisasi ini, untuk lebih memperkuat fungsi Bakohumas sebagai corong Pemerintah, yang juga sebagai ASN baiknya harus berpartisipasi di dalam menjaga kerukunan dalam semangat kebangsaan. Termasuk menangkal ujaran kebencian yang bersifat SARA.

Peran Bakohumas terus diperkuat untuk meningkatkan terutama dalam penyebarluasan kebijakan program Pemerintah, sedangkan tujuannya agar kebijakan Pemerintah bisa semakin tersosialisasi dan dipahami masyarakat. Selain itu, tugas Bakohumas yaitu melakukan sosialisasi kebijakan-kebijakan, kinerja Pemerintah serta melakukan counter dalam manajemen isu terhadap kebijakan yang ditetapkan Pemerintah.

Tantangan Pemerintah Daerah dalam berita HOAX yang saat ini terus beredar, seharusnya sebagai tim Bakohumas bisa ikut berpartisipasi dalam melakukan perang dengan berita HOAX seperti apa yang telah dilakukan Kementerian Kominfo, setidaknya ikut serta menginformasikan berita-berita yang dinilai HOAX yang di release secara rutin oleh kementerian.

Kepala Dinas Kominfo dalam sambutannya mengatakan, dalam tugas Dinas Kominfo di beri mandat untuk pengelolaan informasi dan komunikasi publik dalam Pemerintah Provinsi disamping itu ada strategi komunikasi publik yang dilakukan oleh dinas Kominfo, yang dimana salah satunya memaksimalkan konten pada sebuah media sosial, website yang selalu kami kelola yaitu Papua.go.id, kemudian kami juga mempunyai media sosial diantaranya Facebook, Twitter dan Instagram disamping menjalankan tugas-tugas pemerintah daerah di dalam media sosial itu sendiri.

Untuk hari kita berkumpul untuk bersama-sama dengan seluruh elemen Instansi dan masyarakat dalam hal membahas pembentukan website secara bersama-sama yang dimana akan digunakan untuk memberikan informasi yang ada di Provinsi Papua ini baik TNI, Polri, Pemerintahan dan masyarakat.

Selain itu, ini menjadikan hal yang positif untuk membangun Tanah Papua dalam dunia digital dimasa sekarang, karena itu mari bersama-sama kita membentuk Bako Humas ini untuk kepentingan dalam membangun informasi yang ada di Papua ini.

Kabid Humas Polda Papua dalam sambutannya mengatakan, seperti yang kita pahami melihat situasi dan kondisi yang ada di Papua, kita harus bisa memberikan informasi yang baik kepada masyarakat dan untuk itu kita perlu memahami perkembangan di dunia maya dan nyata.

Dimana terdapat perbedaan-perbedaan yang terjadi sehingga perlunya kita membangun informasi yang positif untuk menguranginya issu-issu yang negatif yang nantinya akan berdampak buruk kepada masyarakat kita.

Saya disini ingin melawan dengan beredarnya issu-issu Hoax yang terjadi di Papua, untuk itulah saya ingin kita semua bisa membangun kebersamaan dalam membangkitkan atau mendukung untuk pembentukan Bakohumas ini, agar kedepan kita semua bisa memberikan informasi-informasi yang positif dan menekan issu negatif yang ada.

Pembuatan website ini adalah hal yang saya pikirkan dan direncanakan dalam mewujdukan seluruh Instansi yang ada di Papua bisa bersatu dalam menyebarkan informasi-informasi yang ada pad instansi mereka masing-masing, selain itu juga disinilah titik penyebaran yang akan luas untuk Papua, melalui website yang akan kita bentuk bersama.

Loading

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id