NEWS.BUSURNABIRE.ID -Jakarta, 1 Januari 2025 – Seiring dengan upaya untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah Indonesia Timur, terjadi perubahan besar dalam trayek operasional kapal KM. Dorolonda dan KM. Labobar pada tahun 2025. Perubahan trayek ini dirancang untuk memberikan kemudahan dan efisiensi dalam transportasi laut.
Untuk tahun 2025, KM. Dorolonda akan mengubah trayeknya menjadi dua jalur utama, yaitu Trayek A dan Trayek B, yang dirancang untuk menghubungkan lebih banyak kota penting di Indonesia Timur.
Trayek Lama KM. Dorolonda:
Tg. Priok – Surabaya – Makassar – Bau-Bau – Namlea – Ambon – Ternate – Jailolo – Bitung – Jailolo – Ternate – Ambon – Namlea – Bau-Bau – Makassar – Surabaya – Tg. Priok
Trayek Baru KM. Dorolonda:
Trayek A: Surabaya – Balikpapan – Pantoloan – Bitung – Ternate – Sorong – Manokwari – Nabire – Serui – Jayapura – Serui – Nabire – Manokwari – Sorong – Ternate – Bitung – Pantoloan – Balikpapan – Surabaya.
Trayek B: Surabaya – Makassar – Bau-Bau – Namlea – Ambon – Sorong – Manokwari – Nabire – Waren – Jayapura – Waren – Nabire – Manokwari – Sorong – Ambon – Namlea – Bau-Bau – Makassar – Surabaya.
Selain perubahan trayek, KM. Dorolonda juga akan digantikan dengan kapal KM. Labobar untuk memenuhi rute baru ini, yang diharapkan mampu memberikan pelayanan lebih baik dan kapasitas yang lebih besar.
Sebagai bagian dari pembaruan transportasi laut, KM. Labobar juga mengalami perubahan trayek. Kapal ini akan menggantikan trayek yang sebelumnya dilayani oleh KM. Dorolonda, dengan rute baru yang menghubungkan lebih banyak wilayah di Indonesia Timur.
Trayek Lama KM. Labobar:
Trayek A: Surabaya – Balikpapan – Pantoloan – Bitung – Ternate – Sorong – Manokwari – Nabire – Serui – Jayapura – Serui – Nabire – Manokwari – Sorong – Ternate – Bitung – Pantoloan – Balikpapan – Surabaya.
Trayek B: Surabaya – Makassar – Bau-Bau – Namlea – Ambon – Sorong – Manokwari – Nabire – Serui – Jayapura – Serui – Nabire – Manokwari – Sorong – Ambon – Namlea – Bau-Bau – Makassar – Surabaya.
Trayek Baru KM. Labobar:
Trayek Baru KM. Labobar: Tg. Priok – Surabaya – Makassar – Bau-Bau – Ambon – Banda – Tual – Dobo – Kaimana – Fak-Fak – Kaimana – Dobo – Tual – Banda – Ambon – Bau-Bau – Makassar – Surabaya – Tg. Priok.
Dengan perubahan ini, KM. Labobar akan mengoperasikan rute yang lebih luas dan menghubungkan kota-kota penting di kawasan Indonesia Timur yang sebelumnya tidak terjangkau. Rute baru ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas antar pulau dan mendukung kegiatan perekonomian serta mobilitas masyarakat di wilayah tersebut.
Perubahan trayek ini akan membawa perubahan signifikan dalam layanan transportasi laut di Indonesia Timur, dengan tujuan memberikan pelayanan yang lebih baik, efisien, dan memadai bagi masyarakat dan pengusaha yang bergantung pada jalur transportasi laut.
Pihak pengelola kapal mengimbau kepada masyarakat untuk selalu memeriksa jadwal keberangkatan dan rute baru melalui saluran resmi, agar perjalanan dapat dilakukan dengan lancar dan tanpa kendala.