BeritaDaerahSosial

Aspirasi Marthen Douw Kementrian ESDM Meresmikan dan Penyalaan Pertama Program BPBL Provinsi Papua Tengah

Share
Sebanyak 1.977 Rumah Tangga Tidak Mampu di Nabire Terima Bantuan Pasang Baru Listrik
Sebanyak 1.977 Rumah Tangga Tidak Mampu di Nabire Terima Bantuan Pasang Baru Listrik

NEWS.BUSURNABIRE.ID – NABIRE. Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).Meresmikan dan Penyalaan Pertama Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL)di Provinsi Papua Tengah, 1/2/2024.

Hadir dalam kegiatan tersebut Koordinator Kelaikan Teknik dan Keselamatan Ketenagalistrikan Wahyudi Joko Santoso. General maganer PT PLN UIWP2B, Bapak Budiono, Manager PT PLN UP3 Nabire Bapak Parmonangan Andreas Sitorus.

Disaksikan  Ketenagalistrikan (Gatrik) Serta Masyarakat penerima Manfaat Bantuan Pemasangan Listrik Baru (BPBL) dan undangan lainnya. Bertempat Di Aula SMP Anak Panah Nabire,Provinsi Papua Tengah siang tadi.

Sebanyak 1.977 Rumah Tangga Tidak Mampu di Nabire Terima Bantuan Pasang Baru Listrik
Sebanyak 1.977 Rumah Tangga Tidak Mampu di Nabire Terima Bantuan Pasang Baru Listrik

Dengan dukungan Komisi VII DPR RI, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Berhasil memberikan Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) kepada 1.977 Rumah Tangga tidak mampu di Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tengah sepanjang tahun 2023.

Koordinator kelaikan Teknik dan keselamatan Ketenagakelistrikan Wahyudi Joko Santoso dalam sambutannya mengatakan. Dengan dukungan Komisi VII DPR RI, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM.

“Berhasil memberikan Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) kepada 1.977 Rumah Tangga tidak mampu di Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tengah sepanjang tahun 2023. Penerima manfaat Program BPBL adalah rumah tangga yang telah terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) serta berdomisili di daerah Terluar, Terdepan, dan Tertinggal (3T),atau Layak menerima BPBL berdasarkan validasi kepala desa,lurah atau pejabat yang setingkat.Menugaskan PT PLN Persero dalam melakukan pengadaan dan Pemasangan BPBL.”Bebernya.

Wahyudi menyampaikan, Pada Tahun 2023 yang lalu BPBL di targetkan sebanyak 125.000 Rumah Tangga dan terealisasi sekitar 131.600 Rumah Tangga atau 105% di seluruh Indonesia. Untuk Provinsi Papua Tengah mendapatkan 1.977 Rumah Tangga penerima manfaat Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL).

1.977 Rumah Tangga Warga Nabire Nikmati Program BPBL
1.977 Rumah Tangga Warga Nabire Nikmati Program BPBL

“BPBL merupakan salah satu bukti nyata negara hadir untuk masyarakat dalam hal kelistrikan,Program yang diaspirasikan dan didukung dari DPR RI Komisi VII ini,dijalankan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral bersama dengan PT PLN (Persero) untuk memberikan keringanan pemasangan listrik bagi masyarakat kurang mampu yang belum mendapatkan listrik di kediamannya, yang divalidasi oleh kepala desa/Lurah atau pejabat yang setara,”

Melalui program BPBL ini, setiap penerima program BPBL mendapatkan fasilitas seperti pemasangan instalasi listrik rumah sebanyak tiga titik lampu dan satu stop kontak, pemeriksaan dan pengujian instalasi Sertifikat Laik Operasi (SLO) serta pengisian token listrik perdana 100 secara gratis,” ucap Wahyudi.

Wahyudi Joko Santoso  menjelaskan Tahun 2024 ini program BPBL sebanyak 80.000 Rumah tangga di Indonesia dan Khusus Papua Tengah mendapatkan 1.050 Rumah Tangga.Selain meningkatkan rasio elektrifikasi ,diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dan menurunkan susut jaringan PLN.

“Program BPBL tidak dipungut biaya apapun, dan apabila terjadi pungutan liar dapat dilaporkan kepada Kementerian ESDM melalui media sosial atau contact center 136. ” Dalam sambutan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Jisman P. Hutajulu yang dibacakan oleh Wahyudi.

Marthen Douw Anggota DPR RI Komisi VII dengan padatnya kesibukan dan masih berada di luar Nabire. Memberikan sambutannya melalui Audio live Streming di dengar para undangan dan penerima manfaat BPBL yang hadir.

“Salah satu kerinduan terbesar kami adalah papua terang, karena seperti yang kita ketahui bahwa papua adalah bagian ujung timur tempat matahari terbit yang mana terang pertama di sini, di Papua.Kita telah memulai Pengusulan Bantuan Pemasangan Listik Baru (BPBL), dari tanggal 9 Juli 2022 dengan pengusulan di dua titik Kabupaten, Yaitu Kabupaten Nabire dan Kabupaten Deyai, dan di tahun 2023 kami melanjutkan lagi usulan kami dengan kuota penyebarang sangat merata, dari pulau Masipawah, Kampung Napan Wenami sampai di Kampung Akudiomi.”Ucap Marthen.

Marthen Douw mengatakan hasil kerja yang sangat baik di tahun ini kami berkerja sama dengan pihak PLN Kabupaten Nabire. Sehinggah 3 Kampung di tahun ini dapat merasakan penerangan, yaitu Kampung Napan Wenami, Kampung, Masipawah dan Kampung Akudiomi.

“Untuk kedepannya harapan kami untuk Pihak PLN dapat berkoordinasi baik dengan kami, agar  untuk keterangan Alamat tidak ditemukan berbeda, bisa diminimalisir agar masyarakat yang di usulan bisa merasakan manfaat bantuan ini. Serta penambahan kuota untuk Bantuan Pemasangan Listrik Baru Tahap selanjutnya.Berikutnya adalah Keterangan, butuh perluasan yang artinya listrik belum sampai ke daerah-daerah tersebut. kami sangat memohon kepada pihak-pihak terkait dalam hal ini Kementrian ESDM serta Bapak-bapak dari Pihak PLN Kabupaten Nabire. Dapat serius melihat hal ini agar di Kabupaten Nabire bagian pegunungan serta kepulauan dapat merasakan penerangan listrik yang seutuhnya”Tegas Anggota DPR RI Komisi VII.

Marthen menyampaikan Listrik bukan hanya memberikan penerangan bukan hanya masalah penerangan. Tapi listrik juga memberikan kesempatan bagi rakyat kita, bagi penduduk di Papua untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

“Malam hari anak-anak kita bisa belajar,mungkin yang mempunyai usaha di rumah bisa Membantu  memberikan Penerangan agar dapat Bekerja,menghidupkan usaha-usaha yang ada di rumah-rumah. Tapi buat saya yang paling penting anak-anak kita bisa belajar agar kedepan sumber daya manusia kita bisa lebih baik dan bisa bersaing dengan negara-negara yang lain.Oleh sebab itu, Kami anggota DPR-RI Komisi VII bergandeng tangan dengan Pemerintah akan terus mendorong Bantuan Pemesangan Listrik Baru ini demi Papua Terang.”Tegas Marthen Douw.

Wa Ati La Ode (35 tahun) seorang single parent, penerima manfaat Program BPBL menyampaikan, Terima Kasih Bapak Marthen Douw membantu kami rakyat kecil bisa punya listrik dengan Meteran Gratis.

“Persyaratan kemarin yang diminta hanya KTP dan Kartu keluarga saja sesuai tempat tinggal di Desa Kalibobo, Distrik Nabire.Ia pun berharap agar Bapak Marthen douw bisa lagi membantu yang masih membutuhkan BPBL dan meringankan keluarganya dalam menggunakan listrik.”Ucapnya

Habel (69 tahun) di kalibobo dekat Pantai yang berprofesi sebagai nelayan mengungkapkan bahwa ia tarik Kabel dari keluarga (sambung Listrik). Adanya BPBL ini akhirnya dapat merasakan Listrik sendiri  bantuan dari Pemerintah.

“Terima Kasih bapak Marthen Douw,Kementrian ESDM,PLN dan semuanya yang sudah bantu saya Pasang Meteran Gratis.”Ungkapnya

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id