BeritaDaerahpolitik

 Mari Mengenal 5 warna surat suara pemilu pesan Ketua KPU Provinsi Papua tengah

Share
 Mari Mengenal 5 warna surat suara pemilu pesan Ketua KPU Provinsi Papua tengah
Mari Mengenal 5 warna surat suara pemilu pesan Ketua KPU Provinsi Papua tengah

NEWS.BUSURNABIRE.ID – Surat Suara merupakan salah satu perlengkapan pemungutan suara di Pemilihan Umum yang akan di gelar sebentar lagi. Menurut Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), surat suara adalah sarana yang digunakan oleh Pemilih untuk memberikan suara pada Pemilu.

Ketua KPU Provinsi papua Tengah Ibu Jenifer Darlin Tabuni menjelaskan Pada saat pemungutan suara, Pemilih akan mendapatkan sebanyak 5 jenis surat suara dengan warna yang berbeda-beda. Kelima jenis warna surat suara Pemilu 2024 ini memiliki fungsi yang berbeda sebagaimana diatur dalam PKPU Nomor 14 Tahun 2023. Saat ditemui awak RRI dalam giat sosialisai, kamis 11/1/2024 kemarin.

Mari Mengenal 5 warna surat suara pemilu pesan Ketua KPU Provinsi Papua tengah

“Aturan surat suara Pemilu 2024 tertuang dalam Paragraf 3 tentang Surat Suara, dalam PKPU Nomor 14 Tahun 2023. Ada 5 jenis surat suara berlatar putih dengan 5 warna penanda yang berbeda sesuai fungsinya, masing-masing. Warna abu-abu: Surat suara untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Surat suara anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) berwarna merah. Surat suara anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) berwarna kuning. Kemudian surat suara anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi berwarna biru dan surat suara anggota DPRD kabupaten atau kota berwarna hijau..” Jelas Ibu jenifer.

Jenifer tabuni juga menegaskan terkait sosialisasi 5 warna surat suara semua lini di pake dan sudah menginstruksikan ke KPU kabupaten. Ia Pun berharap untuk teman teman KPU di 8 kabupaten kota yang ada di papua Tengah segera menyampaikan sosialisasi kepetugas bawahannya baik itu Panitia Pemilihan Distrik (PPD) ke Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“sosialisasi 5 warna surat suara pemilu mendatang ini bisa disampaikan langsung ke Masyarakat agar tau dan cerdas dalam menggunakan Hak pilihnya. Penjelasan itu pun agar Masyarakat lebih mengenal warna ,perbedaan itu bisa dilihat dari warna kertas yang terdapat pada bagian paling bawah kertas suara.” Ucap Ketua KPU Provinsi papua Tengah.

Ibu jenifer juga menambahkan mari kita sukseskan pemilu yang sebentar lagi kita akan laksanakan tahun ini. Mari kita cerdas memilih jangan terpropokasi dengan berita berita yang tidak dapat di pertanggung jawabkan ( HOAX) sukses pemilu adalah sukses untuk kita semua.” Tutup Ketua KPU Provinsi Papua tengah

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id