BeritaOlahraga

lima Atlit Panahan Nabire Ikut Pra PON di bogor

Share

NEWS.BUSURNABIRE.ID – NABIRE. Terkait surat pemberitahuan undangan kejuaraan Nasioan (kejurnas) babak Kualifikasi PON/Pra PON 2024 dan kejurnas Barebouw 2023 yang akan di gelar di GOR pajajaran bogor jawa barat pada tanggl 18 -27 november 2023.

Lima atlet panahan binaan Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kabupaten Nabire terpilih mewakili Provinsi  Papua Tengah. Ini adalah Babak Kualifikasi (BK) atau Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) di Bogor, Jawa Barat yang akan mengikuti PON di Aceh – SUMUT 2024.

Ada pun atlit tersebut Atlit standarbow putri yakni Greshira Khairiyah Amira Nuha Hanssu, dan Linda Maya Sari, atlit Putranya standarbow Surya Argatama, serta divisi Compound, Musab dan Muhlis.

35 orang atlit serta Official Papua Tengah yang akan berangkat pada cabang olahraga (Cabor) panahan di Pra PON XXI. Lima diantaranya atlit panahan kab nabire selebihnya atlit panahan kab Mimika yang akan berlaga di bogor jawa barat.

Sekretaris Perpani Papua Tengah Muhlis, mengatakan atlet kabupaten nabire merupakan atlet terbaik mengikuti seleksi di tingkat daerah secara ketat. Sehingga 5 atlet tersebut terpilih dan layak mewakili Provinsi Papua tengah.

“Sebelum berangkat Pra PON XXI ke Bogor, mereka telah beberapa kali mengikuti turnamen papua menambah jam terbang atlit. Ada pun Latihan serta strategi yang di berikan oleh pelatih yang  khusus di datangkan dari Jakarta  dengan biaya pribadi atlit. “Ucap Muhlis sebagai sekretaris Perpani Papua tengah sekaligus atlit panahan kab nabire.

Ada pun atlit yang pernah mengikuti kejurnas Standrbow yang di Sentul Jakarta beberapa waktu yang lalu, diikuti 38 provinsi. Salah satu perwakilan Provinsi papua Tengah  atas nama Surya argatama dan Greshira Khairiyah Amira Nuha Hanssu.

Lanjutnya mengatakan pelatih yang di datangkan dikarenakan Pelatih memegang peran strategis dan sangat penting dalam mengembangkan, Tanpa adanya Pelatih mustahil seorang atlet mampu mengembangkan potensi diri yang dimilikinya”.Ucapnya senin 13/11/2023.

Muhlis juga menyampaikan pembiayaan pelatih yang di datangkan ini bersumber dari dana pribadi  atlit itu sendiri . Ini dilakukan untuk lebih mengasah kemampuan dan lebih fokus berlatih agar tercapai apa yang akan di raih nanti.

Ia pun berharap “Kami yakin atlet kami bisa bersaing dengan atlet dari daerah lain,bisa membuktikan apa yang sudah diberikan dengan usaha pribadi demi nama baik papua Tengah, semoga kedepan Pemerintah kabupaten nabire dalam hal ini KONI atau pun KONI Papua Tengah bisa membantu kami dalam segi pendanaan untuk atlet panahaan membawa nama baik Papua Tengah kedepan..”tutup Muhlis.

Ibu Wira Ayu Indah  Sebagai Manager Panahan Provinsi Papua Tengah juga menyampaikan meski ada sedikit kendala terkait keberangkatan ini soal biaya, namun ia optimis dengan semangat serta kekompakan atlet, pelatih dan official, panahan  dapat meraih target yang diinginkan yakni lolos ke PON XXI Aceh-Sumut 2024.”

Meskipun terbilang atlit sering ikut turnamen dan meraih prestasi, akan tetapi atlet panahan belum mendapatkan perhatian.  Bagaimana tidak, untuk berlatih setiap harinya, terutama saat jelang mengikuti kejuaraan mereka menggunakan fasilitas seadanya.” Bahkan alat-alat panahan Atlit milik pribadi. “Sampai saat ini atlit  berlatih melakukan persiapan sendiri dan swadaya tanpa adanya dukungan dari pihak manapun. Membeli alat panahan termasuk mendatangkan pelatih sekalipun adalah uang patungan dari para atlet, hanya dukungan dari masing-masing atlet lah yang tetap membuat kami kuat dan terus termotivasi mengikuti setiap even-even baik tingkat kabupaten, provinsi bahkan nasional nantinya,” kata Manager Ibu Wira Ayu Indah.

Terkait kepelatihanan, Saat ini kami mendatangkan Pelatih yang dikontrak selama 2 bulan dan akan di perpanjang jika hasilnya nanti maksimal di Pra PON, kontraknya sudah berjalan 1 bulan ini , semoga dengan adanya pelatih ini, kita mampu menujukkan prestasi dan meraih tiket PON XXI ACEH- SUMUT 2024 .”kata wira.

Wira juga mengatakan Memang sangat disayangkan hingga saat ini kami belum mendapatkan perhatian sama sekali dari pihak manapun. Saat kami mengikuti lomba, kami juga para atlit harus mengumpulkan patungan membeli tiket perjalanan, uang makan, penginapan dan segala perlengkapan saat berlomba,”

Ia pun berharap adanya perhatian dari pihak-pihak yang sangat cinta olahraga termasuk pemerintah supaya dapat mensupport kami sebab kami memastikan akan berusaha maksimal memberikan yang terbaik dan membawa nama harum bagi Papua tengah tercinta ini nantinya”

Ibu Wira Ayu Indah  menambahkan Besok Tim standarbow (standar nasional) berangkat ke Timika dan Bersama Tim panahan Kab Timika menuju bogor. Untuk mengikuti Upacara pembukaan Pra PON serta mempelajari kondisi lapangan, dan cuaca sedangkan divisi compound minggu depan brangkatnya.”Tutup Manager Panahan papua Tengah (Faisal.N)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id