BeritaDaerahSosial

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire, Dina Pidjer resmi membuka Workshop IKM yang di Gelar HIMPAUDI Kabupaten Nabire

Share
foto bersama Workshop IKM

NEWS,BUSURNABIRE.ID – Nabire (4/10) — HIMPAUDI Kabupaten Nabire bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire menggelar workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang dilaksanakan dari tanggal 4-7 Oktober 2023 di TK YAPIS Kota Lama Kabupaten Nabire Papua Tengah. Kegiatan ini dihadiri oleh 109 peserta yang berasal dari guru-guru PAUD dari 28 lembaga PAUD di kabupaten Nabire. Rabu 04/10/2023 Kemarin.

Pemateri workshop tersebut adalah Kepala Sekolah SMA Anak Panah Ibu Ester Winarti, S.Si, M.Pd. yang merupakan salah satu guru Penggerak di Kabupaten Nabire. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ketua HIMPAUDI Kabupaten Nabire, Ibu Insiroh Retno Widyawati, S.Pd., Ketua Panitia IKM Kabupaten Nabire, Ibu Luciana Loupatty, S.Pd.K., Pengawas PAUD Kabupaten Nabire Ibu Samilah, S.Pd., Ibu Reny Yuniarty, S.Sos., Ibu Eko Heri Isniati, S.Pd,SD., serta Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire, Ibu Dra. Dina Pidjer yang sekaligus membuka Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka tahun 2023.

Adapun beberapa poin penting yang menjadi tujuan dalam kegiatan tersebut diantaranya untuk memperkenalkan kurikulum baru, yaitu Kurikulum Merdeka (merdeka belajar dan merdeka mengajar), juga untuk melatih peserta workshop dalam membuat perangkat kurikulum merdeka. Selain itu, tujuan diadakan kegiatan tersebut juga sebagai penguatan bagi guru-guru agar dapat menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan bagi peserta didik di sekolahnya.

Rangkaian acara dalam kegiatan tersebut, dimulai dari pembukaan, laporan ketua panitia IKM kabupaten Nabire, sambutan ketua HIMPAUDI Kabupaten Nabire, sambutan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire yang sekaligus membuka secara resmi workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Kabupaten Nabire tahun 2023, pemaparan materi workshop, praktek membuat perangkat yang didampingi langsung oleh pemateri, menampilkan contoh perangkat dari tiap lembaga dan diakhiri dengan doa penutup.

, Ibu Luciana Loupatty, S.Pd.K. selaku ketua panitia IKM

Dalam sambutannya, Ibu Luciana Loupatty, S.Pd.K. selaku ketua panitia IKM Kabupaten Nabire menyampaikan ucapan terima kasih kepada ibu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire, ibu Pengawas PAUD Kabupaten Nabire, ibu Ketua HIMPAUDI Kabupaten Nabire serta seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut. Lewat sambutannya, beliau memberikan gambaran perihal kurikulum merdeka. Beliau berharap seluruh peserta dapat memaksimalkan selama pelatihan untuk belajar dan menyerap ilmu sebanyak-banyaknya dari pemateri agar dapat menerapkan kurikulum merdeka di sekolah masing-masing.

Ketua HIMPAUDI Kabupaten Nabire, Ibu Insiroh Retno Widyawati, S.Pd

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua HIMPAUDI Kabupaten Nabire, Ibu Insiroh Retno Widyawati, S.Pd., saat memberikan sambutan, “Seluruh peserta harus aktif karena kelas akan hidup jika pesertanya aktif .” Semangat beliau dalam memajukan pendidikan khususnya di Kabupaten Nabire, beliau salurkan kepada seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut.¬† Terakhir beliau tutup sambutannya dengan menyampaikan permohonan maaf dan ucapan terima kasih kepada kepala dinas pendidikan kabupaten.

Sambutan terakhir oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire, Ibu Dra. Dina Pidjer, bahwa beliau sangat mengapresiasi dan mensupport kegiatan tersebut. Sebagai bentuk supportnya maka seluruh dana yang digunakan dalam kegiatan tersebut akan ditanggung oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire, Ibu Dra. Dina Pidjer

“Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, seorang guru harus sabar dalam mendidik anak-anaknya,” tuturnya.

Beliau juga menambahkan bahwa kurikulum merdeka akan dilaksanakan secara bertahap, jadi sekolah yang sudah menerapkan kurikulum merdeka harus menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, hal ini bertujuan untuk mengubah mindset anak-anak khususnya anak PAUD, yang awalnya menganggap sekolah itu membosankan bahkan memberatkan, akhirnya anak-anak jadi senang dan bersemangat untuk ke sekolah, inilah tujuan utama dari kurikulum merdeka.

Mengakhiri sambutannya, beliau juga mengucapkan terima kasih kepada pengurus HIMPAUDI Kabupaten Nabire  dan seluruh panitia yang terlibat dalam kegiatan Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka tahun 2023, dan menyampaikan permohonan maaf, jika terdapat kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. (Red)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id