BeritaDaerahPolriTNI

Apel gabungan TNI POLRI dalam rangka Harkamtibmas DiKab Nabire Papua tengah.

Share

NEWS.BUSURNABIRE.ID Apel gabungan TNI POLRI dalam rangka Harkamtibmas DiKab Nabire Papua tengah. Dilaksanakan di Taman Gizi Kab nabire Jumat 30/6/2023.

Apel gabungan TNi Polri ,Satpol PP Kab Nabire. Dipimpin Langsung Oleh Kapolres Nabire AKBP I Ketut Suarnaya SIK SH. Didampingi Oleh Dandim 1705 Letkol Inf Doni Firmansyah dan di hadiri Letkol Inf Justus Bernad Mara (Danyonif RK 753/AVT), Mayor Czi Heri Kisyanto (Dandenzipur 12/OHH Nabire),Mayor Laut (KH) Dominikus Tedju (Danlanal Nabire). Kompol Deddy Agustinus Puhiri (Danyon Brimob Yon C Pelopor Nabire), Mayor Czi Hery Kisyanto (Danden Zipur 12/OHH).Danpod Kopasgat Letda Pas Toto Wahyudi. Dansubdenpom Nabire. Kapten CPM Siswanto .Kabid perda Satpol PP Agus Runggiari SIP. serta Pasukan TNI POLRI dan Satpol-PP kab Nabire.

Dalam penyampaian Dandim 1705 Nabire Letkol Inf Doni Firmansyah Mengatakan Pada apel bersama ini kita laksanakan dalam rangka meningkatkan dan juga mewujudkan peran serta Tugas kita di tengah-tengah masyarakat, dalam rangka membantu tugas pemerintah daerah dalam memelihara dan juga menjaga keamanan ketertiban yang ada di masyarakat khususnya di Nabire.

Lanjut dalam sambutannya pelaksanaan Apel gabungan TNI POLRI ini sebagai wujud kesiapan kita dalam menghadapi setiap dinamika perkembangan situasi yang ada, juga menunjukkan kekompakan soliditas dan juga sinergitas seluruh aparat keamanan TNI Polri, bersama pemerintah daerah, dalam hal ini penegak disiplin ketertiban di masyarakat yang dimotori oleh rekan kita satpol PP. Sehingga harapannya masyarakat umum ataupun masyarakat luas yang ada di Nabire khususnya Provinsi Papua Tengah itu dapat beraktivitas dengan nyaman dan yakin serta percaya bahwasanya aktivitas mereka itu senantiasa dijaga oleh kita dan juga masyarakat secara umum sehingga dinamika ataupun kendala yang ada di masyarakat ataupun di lingkungan itu dapat kita selesaikan dengan cepat dengan segera.

Letkol Inf Doni Firmansyah Dandim 1705 Nabire juga berpesan kepada seluruhnya yang hadir pada sore hari ini dan juga rekan-rekan kita yang siaga di posisinya masing-masing, agar selalu mengedepankan dalam pelaksanaan tugas itu dilaksanakan secara humanis dan juga hindari tindakan represif ataupun ucapan serta perbuatan kita yang sekiranya tidak perlu kita lakukan yang mengakibatkan menyakiti baik fisik maupun hati masyarakat umum itu kita hindari, kita jaga Kita yakin pelaksanaan tugas kita sejauh kita laksanakan dengan baik sesuai dengan prosedur dan juga dengan humanis seluruh masyarakat seluruh lapisan masyarakat serta elemen lainnya itu akan menerima apa yang kita berikan apa yang kita sampaikan dan mereka juga akan mengikuti segala apa yang kita himbaukan.

KAPOLRES Nabire AKBP I Ketut Suarnaya SIK.,SH Juga menyampaikan dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat begitu Kamtibmas tahunan  merupakan giat kalender Kamtibmas rutin bukan kegiatan kejadian bersifat spontan atau insidentil spontan atau insidentil, beda dengan kejadian yang sebelumnya konflik antar kelompok warga di topo itu spontan terjadinya. tapi kalau ini merupakan suatu agenda kalender tantik tahunan yang sudah kita identifikasi sudah tentunya apa yang kita lakukan yaitu kita hadir di tengah-tengah masyarakat memberikan rasa aman rasa nyaman rasa damai, komunikasi yang baik antara masyarakat dengan aparat keamanan ada representasi dari pemerintah daerah dalam hal ini satpol PP ada representasi dari POLRI yaitu kita Polres Nabire ada representasi dari Brimob ada representasi dari teman-teman TNI baik dari darat laut udara dan darat ada Kodim ada batalyon 753 kita silaturahmi untuk sinergitas kita di lapangan, tentunya masyarakat akan semakin damai dijaga Aparat keamanan sudah sangat baik di Nabire.

Lanjut Kapolres Nabire mengatakan Mari kita jaga bersama-sama apalagi dalam lingkup kita sebesar ini, kita menjadi refresh representasi yang baik, contoh yang baik bagi wilayah-wilayah yang lain. Sangat luar biasa teman-teman di sini selama kurang lebih 1 tahun hampir 11 bulan kekompakan kita sangat luar biasa saling menghormati saling menghargai satu sama lain saling sabar saling meredam saling beretika karena kita memikirkan tentang pandangan daripada masyarakat luas terhadap kita.

 

Kapolres Nabire AKBP I Ketut Suarnaya SIK.SH Juga menyampaikan hindari persepsi masyarakat di luar terhadap kehadiran kita sendiri ini yang pertama yang selanjutnya kembali kegiatan hari ini sudah diidentifikasi dideteksi oleh tentunya masing-masing community, tentu ada beberapa titik-titik kerawanan dan sebagainya yang perlu menjadi atensi kita bersama dan sore ini sampai nanti tengah malam dan bahkan dilanjutkan nantinya sampai subuh . kita melakukan kegiatan preventif dan preventif bersifat pencegahan dengan menghadirkan sosok kita di tengah-tengah masyarakat menghadirkan Negara simbol-simbol negara kendaraan dinas protator dinyalakan kita hadir sehingga pihak-pihak yang ingin melakukan tindakan-tindakan yang bersifat melanggar hukum dengan melihat rekan-rekan di lapangan setidaknya mereka mengurungkan niatnya karena ruang geraknya sudah kita batasi .
pembagian Route pengamanan:

1). Pok 1 route patroli : taman gizi, tugu patimura, polsek nabire kota, sriwini bawah, sanoba, waharia, kimi, RSUD nabire (Standby di RSUD).

2). Pok 2 Route patroli : taman gizi, sriwini, kali harapan, girimulyo, jalan yonif 753, Karang tumaritis (stanby di pospol karang tumaritis).

3). Pok 3 route patroli : taman gizi, pasar karang, bumi wonorejo, wadio (stanby di perempatan hotel jepara 2).

4). Pok 4 route patroli : taman gizi, kalibobo, DPRD, Bumi wonorejo, Jalan jayanti, putaran 2, waroki (standby di PLTNG Kalibobo).

5). Pok 5 stanby di Mako Polres (on call)
dan seterusnya setiap tim ada perwira pengendali diharapkan setiap tim ada alat komunikasi untuk kita sebagai komando pengendalian di lapangan melaporkan tentang situasi
Kemudian untuk keamanan keselamatan tetap waspada teman-teman Jangan menganggap hal ini hal yang sepele yang lumrah yang biasa-biasa saja segala sesuatu bisa saja terjadi maka dari itu dalam setiap pergerakan teman-teman saling mengawasi antara teman dengan teman sendiri tidak ada berpisah dalam bentuk kelompok maupun regu ataupun pleton.waspada terhadap gerak-gerik seseorang orang yang mencurigakan gerak tubuhnya orang tersebut sedang berbuat apa mendekat ke rekan-rekan dan sebagainya namun tetap mengutamakan keselamatan baik dari rekan-rekan maupun masyarakat rekan-rekan yang di lapangan nanti bisa mengukur sumber ancaman itu namun kita menghindari adanya gesekan maupun korban jiwa jangan sampai terjadi sifatnya ini kegiatan preventif dan preventif bukan kegiatan yang bersifat upaya paksa penegakan hukum ataupun bersifat represif namun apabila eskalasi di lapangan yang sudah merah lapor kepada pimpinan untuk meminta petunjuk dan perintah apakah itu sesuaikan dengan SOP tindakan represif dan sebagainya ini rekan-rekan tolong apa yang menjadi kewajiban kita hari ini. Ini merupakan panggilan tugas negara memang hari ini libur bersama tapi ini panggilan tugas mau tidak mau harus kita laksanakan Semoga apa yang kita laksanakan ini menjadi amal ibadah.

Setelah Apel Gabungan Dilanjutkan Pembagian Pos serta Patroli seputaran Nabire. (FN)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id