BeritaDaerahSosial

Dinas Koperasi Bekerjasama Dengan Dinas Tenaga Kerja Kab.Dogiyai Resmi buka Pelatihan Perbengkelan Bagi Wirausaha Pemula Kab Dogiyai

Share

NEWS.BUSURNABIRE .ID – DOGIYAI .Dinas Koperasi Bekerjasama Dengan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Dogiyai melaksanakan Pelatihan Perbengkelan Bagi Wirausaha Pemula yang dilaksanakan di kantor dinas koperasi dan UKM hari rabu tgl 7 juni 2023.

Pembukaan Pelatihan Perbengkelan Bagi Wirausaha Pemula di hadiri oleh Pj Bupati dogiyai yang di wakilkan PLH. sekda bpk M. BASRI, M.Si . Kapolres Dogiyai diwakilkan  oleh KASAT BINMAS, Pimpinan OPD, Para peserta Pelatihaan serta undangan.

Nopir Pauwang, S.Pt, M.AP Kepala Dinas Koperasi Dan UKM Kab. Dogiyai dalam sambutannya mengatakan Pertama-tama sebagai umat yang beragama patutlah kita memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, atas rahmat dan hidayatnya sehingga kita bisa hadir dan berkumpul ditempat ini dalam rangkaian acara Pembukaan Pelatihan Perbengkelan Bagi Wirausaha Pemula Yang Diselenggarakan Oleh Dinas Koperasi Bekerjasama Dengan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Dogiyai.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa Koperasi dan UKM memiliki kontribusi atau peranan cukup besar dalam perekonomian daerah dikabupaten dogiyai, salah satunya yaitu: Perluasan kesempatan kerja dan penyerapan tenaga kerja bagi masyarakat dikabupaten dogiyai.

Pelatihan Kewirausahaan ini, akan memberikan ruang kesempatan kepada pelaku Koperasi dan UKM dalam meningkatkan kapasitasnya, membuka peluang kemitraan, megembangkan jejaring usaha, meningkatkan produktivitas, saling promosi, dan meningkatkan motivasi serta kepercayaan diri dalam menjalankan usahanya., Ucap Nopir.

Nopir Pauwang, S.Pt, M.AP Kepala Dinas Koperasi Dan UKM Kab. Dogiyai berpesan dan mengharapkan agar seluruh peserta pelatihan dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk menambah pengetahuan dan wawasan serta keterampilannya sehingga mampu menjadi pelaku usaha yang tangguh, mandiri, produktif dan inovatif serta punya daya saing yang sangat kompetitif saat ini.

Peserta pelatihan ini terdiri dari 35 peserta, berasal dari beberapa distrik yang nantinya akan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu pelatihan perbengkelan motor dan mobil dan kegiatan ini berlangsung kurang lebih selama 1 bulan, namun dalam pelatihan ini hanya sebatas pelatihan dasar-dasar perbengkelan, contohnya seperti tambal ban, ganti ban, ganti oli, ganti kampas dan masih banyak pelatihan dasar lainnya, dan kegiatan ini tidak sampai pada pelatihan saja namun ada pendampingan lanjutan sampai pada tahap kemandirian bagi kelompok.

Sekali lagi saya berpesan kepada para peserta mari manfaatkan momen ini untuk menambah pengetahuan kita dalam pelatihan ini, dan saya mengajak kita semua untuk melakukan aktifitas  kita dengan hal-hal yang positif yang bisa menambah penghasilan untuk kesejahteraan keluarga kita.

Mari kita wujudkan DOGIYAI DO ENA. (dogiyai terlihat indah) namun kita letakkan satu dasar yaitu ENAIMO DOGIYAI MAKII, ANIGOYAWI (Bersama membangun dogiyai) sehingga dogiyai kelihatan indah.

Ditempat yang sama sambutan PJ Bupati Dogiya Drs. Petrus Agapa. M.si yang di bacakan oleh PLH. Sekda Kab Dogiyai, M. BASRI, M.Si  menyampaikan Kebijakan Pembangunan Yang Diterapkan Oleh Pemerintah Provinsi Papua Tengah, Dan Khususnya Di Kabupaten Dogiyai, Terus Diupayakan Agar Dapat Memenuhi Berbagai Ketimpangan Pembangunan Yang Dirasakan Selama Ini, Terutama Dalam Pemenuhan Hak-Hak Dasar Masyarakat Yang Belum Sepenuhnya” Terpenuhi, — Diantaranya Adalah Kesenjangan Sosial Dan Rendahnya Pendapatan Masyarakat.

Oleh Karena Itu, Berbagai Program Strategi Terus Diupayakan, Termasuk Kegiatan Yang Dilaksanakan Ini, Yang Mana Tujuannya “Adalah” Untuk Membekali Ketrampilan Dalam Memanfaatkan Potensipotensi Yang Ada, Sebagai Peluang Ekonomi Yang Diharapkan Dapat Meningkatkan Taraf Hidup Yang Nantinya Bermuara Pada Terwujudnya Masyarakat Yang Sejahtera, Mapan Dalam Ekonomi.

Merujuk Dari Permasalahan Yang Tersebut Diatas, Menurut Hemat Saya, Pelatihan Ini Memiliki Arti Yang Sangat Penting, Sebab Tujuannya Adalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Bagi Kaum Pemuda Dan Masyarakat Orang Asli Papua (Oap), Agar Mampu Membangun Dan Memberdayakan Dirinya Dalam Meningkatkan Kesejahteraan.

Satu Hal Yang Perlu Saya Sampaikan Dan Menjadi Perhatian Kita Semua, Bahwa Selain Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Dan Persoalan Kesenjangan Sosial, Salah Satu Faktor Penting Yang Tidak Boleh Diabaikan Dalam Kehidupan Masyarakat Adalah Penyiapkan Diri Dan Keahlian Mendasar, Sebab Bila Tidak Terpenuhinya Hal Ini, Tentunya Menjadi Hambatan Dalam Segala Upaya Yang Kita Lakukan Untuk Mengimbangi — Kemajuan Jaman Dan Teknilogi.

Pada Kesempatan Yang Baik Ini, Saya Selaku Pimpinan Didaerah, Menyampaikan Terima Kasih Kepada Kepala Dinas Koperasi Dan UKM Beserta Jajaranya, Yang Telah Bekerjasama Denga Dinas Tenaga Kerja Untuk Saling Berkolaborasi — Dalam Membuat Sebuah Program Kegiatan, Dan Juga Kepada Peserta Sekalian Atas Kehadirannya Mengikuti Kegiatan Ini. Semoga Kegiatan Ini Dapat Berjalan Dengan Baik, Mulai Dari Pembukaan Hingga Selesai Nantinya, Sehingga Benar — Benar Bermanfaat Bagi Kita Semua Lebih Khusus Para Peserta Sekalian.

Karena Itu  Diharapkan Dapat Mengikuti Kegiatan Ini Dengan Penuh Kesungguhan Hati, Manfaatkan Waktu Dan Kesempatan Ini Dengan Baik Guna Meningkatkan Pemahamanya, Agar Dengan Selesainya — Kegiatan — Ini Dapat Melaksanakan Dan Merencanakan Berbagai Kegiatan Dalam Membangun Keluarga Yang Sejahtra Dan Mapan Dalam Ekonomi. Saya Percaya Bahwa Peserta Sekalian Akan Mampu Mewujudkanya, Sebab Daerah Kita Ini, Mampu Menghasilkan Manusia Yang Berkualitas Dan Mampu Bersaing Dengan Yang Lainnya.

Setelah membacakan sambutan Bupati Dogiyai yang di wakilkan PLH. Sekda Kab Dogiyai, M. BASRI, M.Si sekaligus membuka Resmi Kegiatan Pelatihan Perbengkelan bagi wirausaha Pemula di kab Dogiyai yang ditandai dengan penyerahan seragam latihan dan alat perbengkelan.Rabu, Tanggal 07 Juni 2023

Pelaksanaan pembukaan Pelatihan Perbengkelan bagi wirausaha Pemula di kab Dogiyai berlangsung lancar dan tertib Peserta langsung melakukan kerja peraktik dalam perbengkelan.(FAISAL.N)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id