BeritaDaerahPolri

Upacara Hari Lahir Pancasila Digelar Polres Paniai Dengan Hikmat

Share

NEWS.BUSURNABIRE.ID – Paniai – Bertempat di lapangan Apel Polres Paniai telah dilaksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dengan hikmat, Kamis (01/6/2023) Pagi.

Pelaksanaan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dilaksanakan pada pukul 09.00 wit, sebagai Inspektur Upacara Kapolres Paniai AKBP Abdus Syukur Felani, S.I.K., Dihadiri oleh Wakapolres Paniai, Pejabat Utama, Personil Polres dan BKO Brimob Polres Paniai.

Adapun tema dalam Peringatan hari lahir Pancasila yang diperingati tanggal 1 Juni tahun 2023 yakni “Gotong Royong Membangun Peradaban Dan Pertumbuhan Global”.

Kapolres Paniai dalam sambutannya membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo yang di dalamnya menjelaskan bahwa Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi Negara dan pandangan hidup Bangsa yang digali oleh para “Pendiri Bangsa” merupakan suatu anugerah dari Tuhan YME untuk Bangsa Indonesia, sehingga Presiden di dalam amanatnya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk dapat bersama-sama menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, serta menjadikan pancasila sebagai pedoman hidup serta pembimbing jalan bagi masyarakat Republik Indonesia.

Selain itu, pelaksanaan upacara yang setiap tahun di gelar untuk memperingati nilai–nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia sekaligus dasar negara yang diterangkan dalam Pembukaan UUD 1945.

Lebih lanjut, ke depan kita akan mewujudkan Indonesia Emas 2045 dan Impian Indonesia 2085 yaitu menjadi bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain, menjunjung tinggi pruralisme, berbudaya, religius dan menjunjung tinggi etika, menjadi pusat pendidikan, teknologi, dan peradaban dunia.

Dan menjadi negara yang mandiri dan negara yang paling berpengaruh di Asia Pasifik.

Marilah kita gelorakan terus semangat Pancasila dari Sabang sampai Merauke, mulai dari Mianggas hingga Pulau Rote, terus berkarya dan beraktifitas tanpa batas dengan kemajuan teknologi dan informasi.

Akhir kata, “Sebagai anggota Polri kita harus menghayati Pancasila serta mendegungkan kepada masyarakat bahwa falsafah Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah Pancasila dengan mewujudkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam pelaksanaan tugas untuk melindungi, melayani serta mengayomi masyarakat”. tutup Kapolres. (red)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id