BeritaDaerahNasional

Bupati Nabire Mesak Magai Meresmikan Tugu Nabire Hebat Hadiah Tahun Baru Masyarakat Nabire

Share

NEWS.BUSURNABIRE.ID _NABIRE.  Mesak Magai ,S.Sos, M.Si Tak henti hentinya memberikan inovasi terbaru dan terbaik untuk kab Nabire. Beberapa Hari yang lalu meresmikan Lampu penerangan jalan jalan Yos sudarso dan jalan Re martadinata sepanjang kurang lebih 5 Kilo meter Salah satu Visi misi dalam Nabire Terang . Melakukan perbaikan jalan atau pengaspalan di beberapa tempat.

Tepat Hari pergantian Tahun 2023 Mesak Magai meresmikan Tugu Nabire Hebat Sebagai Hadiah Tahun baru utnuk masyarakat Nabire. 31 /12/2022 Jam 5:30 sore Wit.

Peresmian Tugu Nabire Hebat Langsung di Hadiri Bapak Bupati Kab Nabire Mesak Magai ,S.Sos, M.Si. Kepala Dinas PU kab Nabire Martinus Makai, S.H., Kepala Bidang Cipta Karya, Musab, S.T., Mantan Wakil Bupati Amirullah Hasim, Kasat Sat Pol PP Kompol Burhanuddin ,Beserta Staf PU serta Kepala OPD lainnya.

Kepala Dinas PU kab Nabire Martinus Makai, S.H. Dalam Sambutannya mengatakan Pembangunan Tugu Nabire Hebat ini, dimaksudkan sebagai momentum untuk mengingat di mulainya membangun Nabire Hebat di segala aspek demi tercapainya kesejahteraan masyarakat Kabupaten Nabire. Tugu Nabire Hebat ini dibangun dengan sumber dana APBD dengan nilai kontrak sebesar Rp 862.700.000,-(Delapan Ratus Enam Puluh Dua Juta Tujuh Ratus Ribu Rupiah) Diameter dari tugu ini adalah 15,7 meter Tinggi tugu 13,77 meter.

Konsep dari tugu ini berdasarkan arahan dari bapak Bupati Nabire Menggunakan tiga pilar yang merupakan visi dari Bapak Bupati dalam membangun Nabire. Dikelilingi oleh pagar dengan 15 tifa yang melambangkan 15 Distrik di Kabupaten Nabire Dan Air mancur melambangkan kehidupan yang sejahtera, merata dan berkesinambungan. Jelas Martinus Makai.

Kepala Dinas PU kab Nabire Martinus Makai, S.H berterima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi pada pembangunan Tugu Nabire Hebat ini mulai dari awal sampai selesainya pembangunan.

Dengan diresmikannya Tugu Nabire Hebat ini oleh Bapak Bupati Nabire, kiranya Tuhan dapat mengabulkan cita cita kita Bersama untuk mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Nabire.

Bupati Nabire Mesak Magai ,S.Sos, M.Si  Dalam sambutannya mengatakan Kab Nabire ini bukan Kabupaten yang baru , Kab Nabire adalah salah satu kabupaten tertua yang ada di provinsi Papua Dari Bupati bupati sebelumnya sudah banyak yang berkarya untuk kab Nabire.

Dimasa ke pimpinan kami sebagai Bupati Nabire dan Wakil Bupati Nabire Ismail Djamaludin turut mengisi dan berkarya untuk kab Nabire yang kita cinta ini. Maka salah satu Karya yang di berikan untuk masyarakat Nabire adalah Tugu Nabire Hebat. Kab Nabire ini mempunyai Alam yang sangat menunjang untuk Masyarakat Kab nabire. Di tahun 1997 sampai 1998 Negara ini dilanda krisis ekonomi dan krisis moneter Tapi dikab Nabire ini kita tidak merasakan Dampak dari itu karena Kab Nabire ini kita mempunyai emas yang melimpah hingga masyarakat Nabire di tahun itu semua bisa mencari makan dan sejahtera. Hingga Nabire itu bisa di katakan Nabire hebat “Jelas Mesak Magai.

Bupati Nabire Mesak Magai ,S.Sos, M.Si menjelaskan Sebelum membongkar tugu tinggal landas banyak polemic dari berbagai masyarakat yang tidak terima dan di sampaikan tugu tinggal landas itu adalah sejarah. Akan tetapi dari pandangan Bupati Nabire tugu tinggal landas tidak seperti tugu cendrawasi dan tugu Pattimura yang ada motif Papuanya. Hingga tugu Tinggal Landas kita harus Bongkar  agar menjadi Icon Nabire yaitu tugu Baru Nabire Hebat tepat didepan Kantor Bupati. Di karenakan Nabire ini Kota yang hebat dan sudah menjadi ibu Kota provinsi Papua tengah yang Negara memberikan kepercayaan untuk kita. Selain Lampu Jalan dan Pembangunan tugu Nabire hebat Bupati Nabire Juga merenovasi Termasuk tugu selamat datang menjadi lebih indah.

Bupati Nabire juga menyampaikan Terima Kasih untuk Semua OPD yang selalu memberikan masukan ke kami sebagai pimpinan Daerah dan kami mengambil kebijakan dalam pembangunan kab Nabire. Selain Penerangan Lampu Jalan yang kemarin sudah terlaksana antara jalan Yos sudarso dan jalan Re martadinata Hinga kurang lebih 5 kilometer akan kami lanjutkan tahun 2023 lagi jalan Sudirman, Dari Pantai Nabire hingga martatihahu kalibobo jalan mandala dan jalan pepera. Kedepannya Didepan Kantor DPRD Kab Nabire kan di buat sebuat taman dan akan di bangun jembatan layang berada tepat di depan taman Gizi dan Pasar mama papua.

Selama Ini kita liat Pasar Mama mama Papua  tidak ada sehingga  Mama Papua ini jualan di atas trotoar jalan raya, Panas, hujan tak menyulutkan Hati mama Papua berjualan demi keluarga mereka. Saya sebagai Bupati Nabire terketuk hati dalam melihat itu semua dan sebagai pengambil kebijakan demi kesejahteraan Masyarakat Nabire Mulai Dari Tahun 2022 kami sedang membangun Pasar mama mama Papua harus punya pasar tersendiri untuk mereka.

sedangkan untuk Asrama Nabire yang ada di jayapura yang sudah terbakar sekian tahun hari ini kita sedang bagun 2 lantai dan beberapa Hal terobosan terbaru yang di lakukan yang Masa jabatan sebagai Bupati Nabire yang Hanya Dua setengah tahun.”ucap Mesak.

Bupati Nabire Mesak Magai Tak Menyulutkan Hati dalam Masa kepemimpinan yang begitu singkat dengan seluruh OPD mempunyai komitmen untuk Saling membantu dalam bekerja dalam mewujudkan Nabire Hebat. Hingga kebijakan yang di lakukan bisa bermanfaat bagi Masyarakat Kab Nabire.

Mesak Magai Juga menyampaikan bahwa ada pihak tertentu juga turut bekerja seperti tempat rekreasi, Hiburan, dan lain lain,Ini adalah sesuatu yang baik. Ucapan terima kasih banyak untuk saudara Anggota DPRD Nabire Udin Mardin yang selalu mempunyai Motivasi tersendiri Gagasan dan ide ide cemerlang dalam merubah Taman gizi yang sudah lama menjadi tempat Kurang Baik Hingga Hari ini kita liat mulai jam 06:00 sore Hingga  jam 10 malam masyarakat memadati tempat tersebut, Taman gizi disulap menjadi salah satu tempat wisata yang aman. Ada pun rancangan kedepan untuk sepanjang jalan Pepera Tiap hari  jam 04:00 sore Wit hari akan di tutup hingga jam 08:00 malam Agar sepanjang jalan ini kita jadikan  Kawasan car free day, diperuntukkan untuk pejalan kaki,rekreasi jajanan semua akan diskusikan dengan Sdr Anggota DPRD Nabire Udin Mardin terkait untuk lampu hiasnya.

Bupati Nabire juga memberikan kesempatan untuk masyarakat Nabire bila mana ada saran atau masukan yang baik silahkan menyampaikan bila memang itu adalah sesuatu yang baik untuk masyarakat Nabire dan akan menanggapi kebijakan yang baik tersebut.

Di tahun 2021/2022 dana untuk infrastruktur terutama DHK ini kita hanya mempunyai anggaran hingga 81 millyar untuk semua OPD yang ada di Kab Nabire. Sedangkan untuk Di PU itu hanya menangani  3 ruas jalan. Akan tetapi melalui kebijakan dan sumber dana lain beberapa jalan kita sudah perbaiki dan melakukan pengaspalan. Semoga di tahun 2023 lebih banyak lagi Ruas jalan akan diperbaiki atau tangani, melalui OPD yang sudah banyak berhasil dalam melakukan Loby atau komunikasi terhadap Kementrian tertentu hingga ada jawaban dari pusat dan akan melakukan pekerjaan jalan dan jembatan tersebut.”jelas Bupati Nabire.

Ada pun salah satu masyarakat  yang terpencil  di siriwo yang transportasi susah dan medannya yang berat Hingga kami memberikan kebijakan dalam pembagunan rumah di pinggir jalan trans Nasional. Hingga masyarakat terpencil tersebut sudah pindah dan sudah menggunakan. Didistrik dipa dan menau yang mana daerah tersebut susah kita jangkau semoga kedepan mereka pelan pelan bisa juga menempati tempat yang terjangkau di jalan. Yang mana bila kita membangun infrastruktur itu untuk mereka tidak mudah. Hingga kita pelan dan pasti kita akan berusaha membagun, gereja, sekolah serta rumah semua akan disiapkan. Ini Harapan kita kedepan , Ucap Mesak.

Bupati Nabire Mesak Magai juga berharap Masyarakat kab Nabire untuk menjaga keamanan, kebersihan lingkungan masing masing serta menjaga dan merawat Bersama apa yang kab Nabire telah berikan seperti, perbaikan jalan, penerangan lampu jalan, Tugu Nabire hebat serta Tugu Selamat Datang.Di karenakan kota Nabire adalah titipkan kita untuk anak cucu kita yang akan hidup disini.

Terima kasih untuk pihak pihak yang telah membantu dalam mewujudkan visi misi Nabire hebat dan juga terima kasih banyak atas segala bantuan dan kajian akademi UNCEN yang hanya waktu yang singkat 2 minggu dalam memberikan kajian hingga kelayakan kab Nabire menjadi ibu kota provinsi papua tengah.

Sebelumnya dalam rancangan Undang undang ibu kota provinsi papua tengah yang telah disiapkan oleh pemerintah pusat  berada di TIMIKA. Hingga perjuangan yang dilakukan semua bisa terwujud kab Nabire menjadi ibu kota provinsi papua tengah.” tutup Bupati Nabire. (FN)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may not copy the content of this page belonging to news.busurnabire.id